Punya Banyak Koleksi Jeans? Begini Cara Merawatnya Agar Tetap Awet

126

Medan, Kovermagz – Jeans menjadi salah satu outfit yang pasti dimiliki setiap orang. Bersifat timeless dan tidak akan termakan waktu atau ketinggalan jaman membuat jeans masih terus digunakan hingga saat ini.

Untuk merawatnya, memang susah-susah gampang. Perlu perawatan yang khusus untuk merawat jeans agar tetap bagus dan tidak cepat luntur serta lusuh ketika sudah sering digunakan. Berikut Kovermagz bagikan beberapa tips yang dapat digunakan untuk merawat jeans:

1. Jangan dicuci dengan mesin cuci

Sering dicuci dengan mesin akan membuat jeans menjadi cepat melar dan pudar warnanya. Cara terbaik mencucinya adalah cukup rendam sebentar jeans dengan detergen untuk meluruhkan kotoran, kemudian bilas  3 kali dengan air bersih.

Pastikan juga detergen tidak mengandung pemutih agar tidak membuat luntur jeans ketika direndam

2. Hindari penggunaan sikat

Penggunaan sikat saat membesihkan jeans tidak terlalu disarankan. Menyikat jeans terlalu sering akan membuat jeans menjadi melar hingga longgar.

Jika harus menggunakan sikat, sikatlah hanya dibagian yang kotor dan bernoda.

3. Pakai cairan cuka untuk memperkuat warna

Cairan cuka dapat memperbaiki warna jeansmu yang kusam lho.. Cukup tambahkan sedikit cairan cuka pada rendaman jeans beberapa menit dan hal ini akan membuat warna jeans yang pudar sedikit terang kembali.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

4. Hindari menjemur langsung dibawah sinar matahari

Sebaiknya, jemur jeans dengan metode air dry. Maksud metode air dry adalah cukup gantung gantung jeans dan dikeringkan dengan angin.

Pasalnya, jika jeans langsung dijemur langsung dibawah sinar matahari, bahan jeans akan cenderung cepat menyusut dan tidak bagus ketika digunakan.

5. Hindari penggunaan setrika langsung

Idealnya, setrika jeans setelah 1 sampai 2 hari setelah dicuci. Jeans yang setelah kering langsung disetrika akan merubah warna jeans.

Perhatikan juga suhu setrika, jangan menyetrika jeans dengan suhu terlalu panas karena hanya akan membuat jeans tidak nyaman saat digunakan.

6. Biasakan gantung celana

Usahan untuk tidak melipat jeansmu ya.. Cukup gantungkan dihanger ketika belum digunakan. Ketika jeans terlalu sering digantung, jeans akan membentuk lipatan membekas yang akhirnya kurang bagus ketika dipakai.

Reporter: Jehan Erwita

Sumber: Cosmopolitan, Kompas, Beritaproperti