Hendak Pergi Liburan Saat Pandemi? Perhatikan Hal Ini

122

Medan, Kovermagz – Sepertinya tahun 2020 memang menjadi tahun yang berat bagi kita semua. Pandemi membuat banyak hal yang seharusnya terealisasikan ditahun ini menjadi terhambat dan tidak berjalan sesuai rencana. Sedih memang, namun semuanya harus dijalani dengan ikhlas dan semangat.

Jika kamu hendak melepas penat untuk berlibur sebentar ditengah situasi sekarang, jangan gegabah dalam memutuskan tujuan berlibur. Karena jika tidak terburu-buru dan tidak menyiapkan kesiapan diri dengan baik, berlibur malah akan beresiko bagi kamu dan keluarga. Beberapa faktor berikut dapat kamu pertimbangkan jika hendak berlibur:

1. Cari tempat wisata yang aman

Dikutip dari Republika, Tingkat keamanan liburan Anda akan sangat ditentukan oleh destinasi wisata yang hendak dituju. Pertama, ketahui aturan pembatasan yang berlaku di wilayah atau destinasi tujuan. Sebab, tiap wilayah memiliki ketentuan berbeda sesuai dengan tingkat penularan masing-masing.

Kedua, cari informasi jumlah kasus positif dan kasus dalam perawatan di wilayah yang dituju. Pilihlah wilayah yang sudah mengalami penurunan kasus selama dua pekan terakhir.

2. Periksa kesehatan diri

Sebelum hendak berlibur sebaiknya periksakan kondisi kesehatanmu dan keluargamu. Hal ini memastikan bahwa keadaan fisik baik dan siap untuk berlibur. Selain priksakan kesehatan diri, jangan lupa selalu cukupkan asupan kesehatan gizi selama hendak berlibur.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

3. Pilih metode transportasi yang aman

Jika memang harus menggunakan alat transportasi seperti pesawat atau bus, pastikan transportasi memuat maksimal 50-60 persen saja. Mode transportasi juga bisa menjadi claster penularan covid kalau kita tidak ekstra hati-hati dalam bepergian.

Selain itu, jangan pernah lepaskan masker selama bepergian, dan bekali diri dengan disinfektan travel jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

4. Pilih metode pembayaran non tunai saat berlibur

Virus juga menempel pada uang tunai yang telah berpindah-pindah dari satu tangan ke tangan lain. Sebisa mungkin hindari penggunaan uang tunai untuk membayar segala keperluan atau membayar transportasi publik saat berlibur.

5. Karantina mandiri selama 14 hari

Setelah selesai berlibur, pastikan untuk mengkarantina diri selama 14 hari kedepan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa diri benar-benar sehat sehabis berlibur.

Berlibur sebenarnya bisa dengan aman dilakukan jika kita selalu berhati-hati dalam menjaga diri. Ikuti protokol kesehatan yang berlaku, dan tetap jaga kesehatan.

Reporter: Jehan Erwita
Sumber: Republika, Antara