Prambanan Jazz 2022 jadi Event Pertama Indonesia dengan Pembayaran Menggunakan NFT

98

Para pecinta musik jazz pasti sudah tidak asing lagi dengan Prambanan Jazz Festival (PJF).Festival bergengsi ini adalah perhelatan musik tahunan berskala internasional yang digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta. Pertunjukan musik tahunan kali ini diselenggarakan pada 1-3 Juli 2022 secara hybrid. 

Prambanan Jazz sangat terkenal dikalangan pecinta musik dan tentunya menjadi acara yang ditunggu tunggu setiap tahunnya. Acara ini pertama kalinya digelar pada 16 Oktober 2015. Acara yang mengusung eksotisme kemegahan monumental warisan adiluhung bangsa yang telah diakui dunia internasional, di Candi Prambanan.

Perpaduan antara festival musik jazz internasional dan warisan agung masa silam abad ke-9 yang disumbang Candi Prambanan ini bisa dimaknai sebagai jembatan diplomasi kultural yang menyumbang penguatan jenama nasional dalam khasanah kebudayaan kita.

Namun ada hal yang menarik dan menjadi sorotan dari festival musik Prambanan Jazz kali ini. Pasalnya, gelaran bakal menghadirkan deretan musisi Tanah Air hingga menawarkan konsep non-fungible token (NFT).

PJF merilis NFT yang diberi nama dengan ‘Prambanan Jazz NFT’ yang memberikan kesempatan bagi para seniman dan musisi yang berkaitan dengan hak atas kekayaan intelektual.

Yang terbaru, PJF akan menerbitkan NFT sebagai tiket masuk pertunjukan sekitar 1.000 collection item. NFT ini dibagi menjadi empat tipe yang menawarkan sejumlah manfaat mulai dari akses seumur hidup ke PJF, merchandise, lewati antrean di festival, bertemu dengan penampil, hingga tempat VVIP.

Dibantu oleh Robin Syihab dalam penciptaannya, NFT Prambanan Jazz ini nantinya akan dibagi menjadi empat kategori dengan kegunaan masing-masing, yaitu;

  • Hanuman, memberi akses gratis konser virtual dan diskon cinderamata
  • Roro Jonggrang, semua benefit Hanuman ditambah akses lebih cepat masuk konser
  • Supreme, semua benefit Roro Jonggrang ditambah akses masuk gratis VVIP seumur hidup ke Prambanan Jazz, cinderamata gratis, serta kesempatan bertemu musisi
  • The Emperor, semua benefit kategori sebelumnya ditambah akses masuk gratis VVIP seumur hidup ke segala pagelaran Rajawali Indonesia

Penyelenggara acara hanya akan menyediakan 1000 NFT untuk diperebutkan, sekarang ini Prambanan Jazz memasang harga 0.01 ETH atau sekitar Rp389 ribu per-item bagi mereka yang sudah bergabung dalam whitelist. Di tanggal 1-3 Mei  lalu , Prambanan Jazz sudah membuka penjualan NFT untuk umum dengan harga 0.02 ETH alias Rp779 ribu per-item.

Untuk tahun ini Prambanan mengambil tema Sewindu Merayakan Rindu. Ini sebagai wujud kerinduan akan pelaksanaan konser musik secara langsung. Sayangnya kondisi pandemi Covid-19 masih menjadi pertimbangan untuk kesehatan bersama.

PJF 2022 akan menghadirkan deretan musisi tanah air yang datang dari tiga generasi, seperti Andien, Bemandry, Diskoria, Kahitna, Kukuh Kudamai feat Ndarboy Genk, Kunto Aji, Mus Mujiono x Deddy Dhukun x Everyday, dan sejumlah musisi berbakat lain.

 

Penulis : Nia Veronica Malau