Penggagas 1000 Foundation, Raja Meliala: Segala Sesuatu Bisa Diubah dengan Pendidikan

106

Penulis: Indriyana Octavia
Fotografer: Vicky Siregar

Baginya, bersedekah tak perlu tunggu bergelimang harta, cukup sedikit demi sedikit layaknya menabung. Lewat 1000 Foundation, Raja Meliala menggerakkan kesadaran untuk berbagi seribu rupiah per hari demi terwujudnya pendidikan yang lebih merata.

Mungkin bagi kebanyakan orang, uang seribu rupiah tidak terlalu berarti, malah sering dianggap recehan saja. Namun siapa sangka, dengan nominal Rp 1000,00- bisa membantu pembangunan pendidikan di Indonesia. Melalui Yayasan Seribu atau 1000 Foundation, Raja Meliala mengajak masyarakat untuk berkontribusi jangka panjang dalam bidang pendidikan.

Penggagas 1000 Foundation

Bermula dari keinginannya berderma dengan jumlah seadanya, Raja Meliala mengajak beberapa temannya untuk sama-sama mengumpulkan dana. Dirintis sejak 2010, awalnya 1000 Foundation hanyalah komunitas dengan visi menggalakkan edukasi untuk semua kalangan dan misi memberikan pendidikan bagi anak dari keluarga lemah ekonomi serta membantu pembangunan sekolah yang terlantar.

Baca Juga:  Thank You Prof. Sarah Gilbert, pahlawan wanita di balik vaksin Astra Zeneca!

Tepat 1 September 2013, komunitas ini berubah menjadi yayasan dengan nama Yayasan Seribu dan nama populer 1000 Foundation. Mengusung slogan ‘dari seribu untuk beribu tahun pendidikan’, konsep penggalangan dana yayasan ini cukup unik. Setiap donatur hanya mengumpulkan Rp1000,00- per harinya atau Rp30.000,00- per bulan.

Raja memilih bidang pendidikan sebagai fokus yayasannya sebab pendidikan baginya adalah dasar seorang manusia dalam bertingkah laku dan menjadi penentu masa depan.