Pedagang Buku di Lapangan Merdeka Medan Merugi Besar Selama Corona

290

Medan, Kovermagz.com – Pepatah mengatakan,  Buku merupakan gudang ilmu, banyak pengetahuan luas yang bisa kita dapatkan tatkala kita giat dan tekun membacanya dan sebaliknya jika kita malas membacanya maka jangan harap ilmu bisa datang begitu saja tanpa mencari sumber pengetahuan tersebut.

Di Medan sendiri, selain toko buku seperti Gramedia ada juga pedagang-pedagang buku yang menjajal buku-buku bekas di lantai 2 sekitaran lapangan Merdeka. Pedagang buku ini dahulunya merupakan eks-pedagang buku yang berada di Titi Gantung tepat di samping stasiun Kereta Api Medan. Yang menjadi perhatian, para pedagang buku disekitaran lapangan merdeka ini mengeluh semenjak pandemi Corona di Indonesia diumumkan sejak bulan Maret lalu

Seperti kisah sedih yang dialami Saiman, seorang pedagang buku yang sudah 30 tahun ini, mengutarakan kekecewaan terhadap pandemi Corona yang berkempajngan ini kepada wartawan Kovermagz.com,  tentang kerugian besar usahanya dan teman lainnya.

“Selama corona ini sejujurnya usaha saya sangat merugi besar sekali teman-teman pedagang buku sekitar lainnya juga, karena lihat saja, anak-anak sekolah dan mahasiswa sudah diliburkan dan belajar secara online selama 2 bulan ini. Apalagi kemarin anak-anak sekolah sedang melaksanakan Ujian Nasional,  itu biasanya menjelang ujian anak sekolah banyak yang datang kesini untuk mencari buku-buku persiapan UN mereka”, ucap Saiman.

Saiman juga berharap, kedepannya pemerintah harus membuka kembali sekolah-sekolah, meskipun dengan sistem pelajar atau mahasiswa yang masuk keruangan 50 persen dari jumlah mahasiswa agar tetap bisa menjaga jarak.

“Sepertinya pemerintah Sumatera Utara kedepan harus mempertimbangkan bagi pelajar untuk tetap masuk berkegiatan belajar. Mungkin bisa dengan sistem mengajar setengah jumlah pelajar atau menggunakan shif secara bergilir dan pastinya tetap memakai masker. Karena dengan begitu menurut saya antusias pelajar untuk membeli buku kemungkinan kembali ada”, tutur Saiman yang juga merupakan eks-pedagang buku di titi gantung.

Para pedagang buku di kios lantai 2 lapangan Merdeka ini juga safety dengan memakai masker dan menyediakan tempat pencucian tangan bagi para pembeli buku yang ingin mencari buku. Ini bertujuan guna untuk tetap mematuhi protokol pemerintah yang berlaku dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Medan yang angkanya sudah mencapai ratusan orang.

Penulis & Fotografer: Vicky Siregar