10 Cool Gadgets Era Pandemi, No 1: Kamera Sony ZV-1

171

Selama masa #stayathome dan saat ini #newnormal berlangsung, kegiatan-kegiatan video kasual dan amatir semakin ramai di sosial media. Kegiatan-kegiatan seperti home recording untuk yang gemar musik, kegiatan webinar, virtual talkshow dan sebagainya dilakukan demi mengisi hari-hari kosong yang biasanya diisi oleh kegiatan-kegiatan kantor, usaha ataupun pendidikan.

Meski kamera pada beberapa smartphone sudah memiliki kualitas yang cukup bagus, kamera pocket tetap miliki sensor yang lebih superior dan jika dibandingkan dengan DSLR, tentu masih lebih mudah untuk dibawa-bawa.

Para vloggers pasti sangat excited dengan kehadiran kamera Sony ZV-1 karena kamera ini dirancang khusus untuk merekam video kasual dan membagikannya ke media sosial.

Kamera ini memiliki layar sentuh LCD 3 inci dengan engsel articulated, sehingga bisa diputar ke segala arah dengan diayunkan ke samping.

Pada kamera ini sudah terdapat mic terintegrasi jenis “directional 3-capsule” yang dioptimalkan untuk menangkap suara dari arah depan, sambil meminimalisir suara dari arah samping dan belakang. Mic tersebut bisa dipasangi aksesori wind screen yang sudah termasuk di dalam kelengkapan paket penjualan Sony ZV-1.

Sensor ZV-1 sendiri masih menggunakan model Exmor RS berukuran 1-inci dengan resolusi 20,1 MP. Perekaman video bisa dilakukan hingga resolusi 4K 24/30 FPS, dan slow motion hingga 960 FPS.

Tentu saja, kamera ini memiliki fitur-fitur esktra terkait video, seperti “Background Defocus” dengan tombol khusus, serta mode Product Showcase untuk mengalihkan autofokus dari wajah pengguna ke produk yang sedang ditunjukkan di depan kamera.

Kamera ZV-1 rencananya akan mulai dipasarkan pada Juni 2020, seharga USD799 atau sekitar Rp11,7 jutaan. Namun Sony memberikan harga promo USD749 (Rp11 jutaan) yang berlaku sampai 28 Juni mendatang.

Penulis: Elsa Malona

Foto& Dok: Berbagai Sumber