Mengenal Sosok Pemilik Le Minerale, Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia!

822

Meskipun nama Le Minerale terdengar seperti bahasa asing yakni Perancis, namun siapa sangka jika produk air mineral kemasan ini adalah produk lokal dari Indonesia. Produk ini cukup laris manis di tanah air dan sempat menjadi pesaing dengan produk lainnya, seperti Aqua, Cleo, dan sebagainya. 

Ditambah lagi, sosok pemilik dari Le Minerale itu sendiri nyatanya adalah orang Indonesia  loh. Bukan dari luar negeri. Sosok pemilik minuman air kemasan itu pun kemudian juga diketahui  salah satu orang terkaya di Indonesia. Wah, sangat menarik bukan?

Nah, lantas, siapakah sosok pemilik Le Minerale tersebut? Dalam artikel ini, kami akan mengajak anda untuk mengenali pemilik minuman kemasan air tersebut. Yuk, simak selengkapnya disini!

Sosok Pemilik Le Minerale

Le Minerale merupakan produk air mineral yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya. Perusahaan ini merupakan bagian dari Mayora Group yang bergerak di industri minuman. Adapun konglomerasi bisnis ini merupakan milik salah satu konglomerat ternama di Indonesia yang bernama Jogi Hendra Atmadja.

Selain menyandang status orang terkaya di Indonesia, Jogi Hendra Atmadja rupanya pernah masuk ke dalam majalah Forbes. Berdasarkan data Forbes, Jogi Hendra Atmadja menempati posisi ke-12 dari 50 daftar orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan bersih bos Mayora ini dilaporkan mencapai USD4 miliar atau setara dengan Rp61,6 triliun. Dengan harta tersebut, tak heran bila ia masuk ke dalam daftar 50 Orang Indonesia paling kaya yang dirilis oleh majalah tersebut.

Latar Belakang Mayora Group

Mayora Group sendiri menjadi salah satu grup bisnis terbesar di Tanah Air yang memproduksi berbagai produk makanan dan minuman kemasan seperti sereal, biskuit, kopi, permen, dan masih banyak lagi. Mayora Group telah menjual produknya dengan berbagai merek di lebih dari 100 negara. Induk Mayora Group yakni PT Mayora Indah Tbk didirikan pada 1977 dengan pabrik pertamanya yang berlokasi di Tangerang. Perusahaan ini menargetkan pasarnya pada wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Setelah dirasa mampu memenuhi pasar Indonesia, Mayora Indah pun berhasil menjadi perusahaan publik pada 1990 dan mulai melebarkan sayap dengan menyasar target konsumen ASEAN dan lebih luas di 5 benua di dunia.

Latar Belakang Le Minerale

Memiliki saham Mayora sekitar 5,64 Miliar tidak membuat Jogi Hendra Atmadja berpuas diri. Dia mempergunakan saham tersebut guna mendirikan PT Tirta Fresindo untuk membuat Le Minerale. Dia melihat ada peluang bisnis pada air mineral tersebut. 

PT Tirta Fresindo yang fokus pada produksi air mineral Le Minerale ini awalnya berdiri di Bekasi pada 2005. Selanjutnya, pada Juni 2008 perusahaan ini pindah lokasi ke Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lalu pada 2012, perusahaan memulai pembangunan pabrik keduanya yang terletak di Pasuruan, Jawa Timur, dan mulai beroperasi pada Desember 2012 lalu.

Sejak saat itu, Tirta Fresindo Jaya, produsen Le Minerale milik Jogi Hendra Atmadja ini terus berkembang pesat hingga kini telah memiliki sekitar tujuh cabang. Bahkan Le Minerale juga sempat membuat Aqua menjadi resah. Le Minerale mampu membuntuti Aqua di posisi kedua sebagai air minum dalam kemasan yang digemari masyarakat.

Ukuran Produk Le Minerale

Selain Le Minerale, PT Tirta Fresindo Jaya ini juga memproduksi beberapa produk minuman yang beredar di pasaran. Beberapa diantaranya Teh Pucuk Harum, Kopikap, Q Guava, Kopiko 78, dan masih banyak lagi.

Le Minerale sendiri memiliki beberapa ukuran produk yang beredar di pasaran, seperti produk air minum dengan kemasan 330 ml, 1.500 ml, serta yang terbaru berbentuk kemasan galon 15 liter. Produk galon Le Minerale ini sempat menjadi perbincangan di tengah masyarakat karena merupakan produk galon sekali pakai. 

Banyak pro dan kontra dengan adanya botol galon satu kali pakai ini. Beberapa menganggap bahwa penggunaan galon sekali pakai dianggap lebih higienis, namun beberapa orang lainnya menganggap penggunaan galon tersebut terlalu berlebihan sehingga menimbulkan tumpukan sampah plastik baru.

Kendati begitu, pamor Le Minerale tak pernah turun. Ia tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi sekaligus pesaing yang ketat dengan Aqua. Tahun 2022, Le Minerale mampu membukukan laba perusahaan sebesar Rp2,05 triliun sejak 7 tahun berjalan. Dengan mencapai laba terbesar itulah, Jogi Hendra Atmadja disebut-sebut sebagai orang terkaya di Indonesia. 

 

Baca Juga:  Ada 2 Aktor Berdarah Indonesia Berlaga di Avatar: The Last Airbender

Demikianlah informasi tentang sosok pemilik Le Minerale yang ternyata adalah salah satu orang terkaya di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi ya!


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353