Mengenal Perbedaan Gaya Hidup Frugal dan Minimalis

359

Belum lama ini ramai diperbincangkan di media sosial mengenai gaya hidup frugal. Sejumlah influencer ramai membahas gaya hidup frugal ini di berbagai platform media sosial.

Gaya hidup frugal dan minimalis memang terkesan memiliki penerapan yang sama, yaitu sederhana dan hemat. Keduanya juga dianggap bisa membantu memenuhi tujuan keuangan di masa depan. Padahal, praktik dari keduanya sangatlah berbeda. Bingung apa sebenarnya apa bedanya gaya hidup frugal dengan minimalis? mari kita simak.

Frugal Living dan Minimalis

Perbedaan frugal living dan minimalis bisa dilihat dari definisi dan karakteristiknya. Mengutip buku Silih Asah Saling Mengingatkan karya Novy Khayra (2023), frugal living adalah gaya hidup berbelanja yang lebih berorientasi pada kebutuhan, bukan keinginan semata.

Sedangkan minimalis adalah gaya hidup yang menekankan pada kepemilikan barang yang tidak berlebihan. Artinya, seseorang cukup memiliki beberapa barang saja yang sesuai dengan kebutuhannya.

Gaya hidup frugal living dan minimalis bisa memudahkan seseorang untuk mencapai tujuan finansial.

Perbedaan dari gaya hidup frugal dengan minimalis

Jika disederhanakan, gaya hidup minimalis adalah gaya yang menerapkan hanya membeli apa yang dibutuhkan dan menjaga apa yang dihargai. Sedangkan, frugal merupakan gaya hidup yang mencari solusi biaya terendah tanpa terlihat boros.

Gaya minimalis ini umumnya berkaitan pada meminimalisir jumlah harta benda yang enggak lagi diperlukan untuk menjalani kehidupan yang lebih sederhana. Namun, bagi sebagian orang, hal ini dianggap menghilangkan hal-hal yang tidak membuat mereka bahagia.

Meski begitu, gaya hidup ini pastinya berpengaruh dengan isi dompet, karena kamu hanya membeli barang atau sesuatu yang diperlukan saja.

Nah, berbeda dengan frugal, karena gaya hidup yang satu ini lebih menekankan efisiensi dan penghematan yang mengacu pada pendekatan ekonomis untuk konsumsi, khususnya pada uang, dan sumber daya lainnya, seperti waktu dan energi.

Gaya hidup frugal membuat tujuan kamu enggak cuma berhemat atau mengeluarkan uang lebih sedikit saja, tetapi juga bagaimana menggunakannya dengan bijak dan cerdas. Frugal mengajarkanmu untuk membuat pengeluaran yang cerdas dan konsumsi yang bertanggung jawab.

Baca Juga:  Army Merapat! Jimin BTS Akan Rilis Album Solo Kedua!

Cara  menerapkan gaya hidup frugal

Catat Pengeluaran

Sebelum memulai frugal living, Anda harus tahu ke mana uang Anda pergi. Anda mencatatnya dalam jurnal, menggunakan aplikasi pengelola keuangan atau dengan membuat tabel pengeluaran finansial.

Kontrol Biaya Makan 

Biaya untuk makanan sehari-hari adalah hal krusial, namun seringkali mengacaukan pos pengeluaran. Terapkan disiplin diri, budget uang makan tidak boleh melebihi aturan.

Manfaatkan Diskon 

Anda tetap bisa membeli barang yang diinginkan, tapi dengan strategi memanfaatkan promo atau diskon. Ingat, barang yang Anda beli harus yang dapat menunjang kinerja sehari-hari dan yang benar-benar dibutuhkan.

Jual Barang yang Sudah tidak Digunakan 

Selain untuk menghemat ruangan, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa menambah tabungan masa depan.

Cerdik Memilih Transportasi 

Menggunakan taksi menuju tempat kerja memang nyaman. Namun jika mau lebih berhemat, kenapa memilih naik taksi jika ada alternatif lain seperti kereta atau bus. Itu akan lebih aman untuk kantong.

Sortir Biaya Langganan Platform 

Ingat, jangan semua layanan hiburan Anda gunakan. Pilihlah salah satu saja yang paling sering digunakan. Jangan buang-buang uang untuk sesuatu yang bahkan jarang Anda gunakan.

Menabung dan Berinvestasi 

Manfaat frugal living adalah kemerdekaan finansial di masa depan. Jadi jangan lupa mengalokasikan pendapatan untuk berinvestasi dan menabung

Meskipun prinsip frugal dan minimalis berbeda, bisa disimpulkan kalau hidup minimalis dan frugal adalah gaya hidup yang dapat melengkapi satu sama lain. Keduanya juga sama-sama bisa membantu kamu untuk mengatur kondisi keuangan yang baik untuk masa depan.

Frugal living dan minimalis adalah gaya hidup yang mengedepankan pada kehematan dan efisiensi. Banyak tokoh dunia yang menerapkan gaya hidup ini termasuk Mark Zuckerberg, Ed Sheeran, Lady Gaga, Keanu Reeves, Leonardo DiCaprio, dan Sadio Mane. Sobat KoverMagz tertarik mengikuti gaya hidup ini?