Mengenal Deretan Etika Makan di Berbagai Negara Dunia

575

Setiap negara di dunia tentu memiliki aturan yang berbeda-beda. Termasuk dalam aturan makanan atau etika makan. Seperti di Indonesia. Etika makan di Indonesia juga sangat erat dengan budaya Timur, salah satunya dengan mendahulukan orang yang lebih tua atau paling dihormati. 

Biasanya, orang-orang yang lebih muda akan menunggu orang yang tua untuk mulai mengambil lauk terlebih dahulu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan tangan kanan baik saat makan, mengambil, dan meletakkan kembali makanan atau minuman. Begitu pula halnya dengan negara-negara lain. Negara di belahan bumi manapun tentu memiliki etika makan. 

Salah atau tidak melakukan sesuatu sesuai aturan di suatu tempat tentu akan membuat malu dan dicap sebagai orang yang tidak sopan. Untuk itu, agar hal ini tak terjadi, ada baiknya anda mengetahui etika makan yang ada di berbagai negara. Hal ini bertujuan agar saat anda berkunjung ke negara tersebut, anda  mendapatkan perlakuan yang baik dari mereka. 

Nah lantas etika makan apa saja yang harus anda ketahui? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini kami akan membahasnya untuk anda. Simak ulasannya di sini! 

Menyeruput mie atau sup sebagai apresiasi – Jepang

Siapa sangka, ternyata di Jepang punya aturan makan yang cukup unik loh. Menyeruput mi atau sup saat makan menunjukkan tanda apresiasi terhadap pembuat makanan atau koki. Bahkan, semakin keras suara saat menyeruput justru semakin baik.

di Jepang juga punya etika makan dengan tidak boleh menyilangkan sumpit, menjilat sumpit, dan menancapkan sumpit secara vertikal ke dalam semangkuk nasi. Hal ini sendiri dianggap sebagai tindakan yang sangat tidak sopan di Jepang, dan juga di Asia lainnya seperti China.

Bersendawa dianggap sebagai pujian – China

Jika di Indonesia bersendawa saat makan dianggap tidak sopan, maka hal ini tidak berlaku di negara China ya sob kover. Pasalnya, bersendawa dianggap sebagai tanda kepuasan dan pujian kepada tuan rumah atau koki yang memasak. Kemudian, menyisakan sedikit makanan di piring juga dianggap sebagai penilaian bahwa tuan rumah telah menyediakan makanan lebih dari cukup. 

Jangan mendahului orang tua – Korea

Saat sedang makan bersama di Korea, jangan mendahului makan orang tertua, tunggu mereka memulainya, baru selanjutnya kita baru boleh makan. Di Korea, saat orang tua menawarkan makanan kepada kita yang lebih muda, terimalah dengan kedua tanganmu sebagai wujud kesopan-santunanmu terhadap mereka. 

Jangan meminta tambahan keju di Pizza – Italia

Jika anda gemar memakan pizza, maka saat datang ke tempat pizza di Italia, ada satu etika makan yang harus anda ketahui. Yakni jangan meminta tambahan keju. Pasalnya meminta tambahan keju dapat membuat para koki di Italia menjadi tersinggung. Koki di Italia adalah koki yang rata-rata handal dan sangat sensitif. 

Makanan yang mereka sudah diperhatikan dengan benar kombinasi bumbunya. Dengan meminta atau menambahkan keju, itu menandakan jika anda tidak suka dengan makanannya sehingga meminta tambahan toping untuk mengubah rasa.

Dilarang Mengisi Gelas Sendiri – Mesir

Ketika berlibur ke Mesir dan mendapatkan undangan makan bersama dengan warga lokal, anda perlu memperhatikan sejumlah etika makan yang berlaku di negara tersebut. Salah satu etika makan yang perlu diperhatikan adalah ketika minum air atau semacamnya yang menggunakan gelas.

Ingat, di Mesir, anda tidak boleh sembarangan dalam menuang air ke gelas sendiri. Anda harus menunggu orang lain untuk mengisikan air ke gelas. Patokan gelas butuh diisi ulang adalah ketika air di gelas tersebut sudah tinggal setengah. Melihat itu, akan ada orang yang akan merefill gelas anda. Jikalau lupa, anda bisa mengingatkan dengan cara menuangkan air ke gelas orang lain.

Makan Taco dengan Tangan – Meksiko

Taco merupakan salah satu makanan khas asal Meksiko. Makanan ini terbuat dari gulungan tortila dengan berisikan berbagai macam masakan berupa jagung, wortel, daging ayam, kentang, tomat dan sebagainya. Anda juga dapat menambahkan saus tomat atau sambal di atasnya jika menyukai pedas. Kendati begitu, jika berada di Meksiko, makan taco ternyata tidak boleh sembarangan loh. 

Meksiko memiliki aturan terhadap makan taco yang baik dan benar. Ketika ingin menikmati taco, anda harus memegang bagian bawah taco dengan menggunakan tiga jari yakni jempol, telunjuk, dan tengah. Ketiga jari ini diposisikan seperti ingin mencubit seseorang. Barulah setelah itu kalian bisa makan taco dari atas.

Gunakan Peralatan Makan – Chile

Selanjutnya ada dari negara Chile. Orang-orang Chile memiliki satu etika makan yang unik. Mereka sangat ketat perihal penggunaan peralatan makan. Misalnya sendok, garpu, pisau untuk memotong daging, pisau untuk memotong roti, dan lain sebagainya. 

Bagi mereka, peralatan makan ini diciptakan bukan untuk sebagai pajangan saja. Menggunakan peralatan makan adalah suatu kewajiban, makan menggunakan tangan dianggap sebagai hal yang kotor dan dilarang.

Jangan pernah menolak ajakan minum – Rusia

Orang Rusia identik dengan minuman keras, yakni Vodka. Saat hendak bersenda gurau atau berkumpul dengan sesama rekan orang Rusia, jangan sesekali menolak ajakan minum dari mereka. Hal tersebut akan dicap tak sopan dan kurang rispek, setidaknya anda mesti menyeruput segelas Vodka dulu, baru boleh meninggalkan perkumpulan. Anda juga akan dilarang mencampurkan Vodka dengan minuman lain dan membuka tutup botolnya bila memang tidak berniat menenggaknya sama sekali.

Posisi Tangan Saat Makan – Perancis

Saat makan sesuatu di Perancis, letakkan kedua tangan diatas kedua meja, paling tidak kedua telapak tangan harus terlihat oleh orang lain. Meskipun makanan sudah habis, jangan turunkan atau letakkan tangan di paha. Hal ini disebabkan agar semua orang tahu bahwa anda tak membawa hal aneh seperti senjata. .

Saling berbagi makanan – Ethiopia

Bagi orang Ethiopia, makan dengan piring terpisah dianggap hal yang aneh dan dinilai boros. Untuk itu, jika ikut dalam jamuan makan disana, sebaiknya ambillah makanan yang berdekatan dengan anda. Pasalnya, di Ethiopia, makanan hanya tersaji dalam satu piring besar di tengah meja makan. Sehingga anda dapat menyantap segala makanan dalam satu piring besar tersebut secara bersamaan.

Jika mengambil makanan diluar jangkauanmu maka orang-orang disana akan menilaimu kurang sopan karena mengambil makanan di area milik orang.

Gunakan Tangan Untuk Makan Asparagus – Inggris

Di Inggris, tidak semua makanan boleh dimakan dengan menggunakan peralatan makan seperti pisau, garpu, atau sendok. Terkhusus untuk asparagus, orang-orang harus makan asparagus menggunakan tangan. Cara makannya, pegang bagian ujung batang dari asparagus lalu masuk atau celupkan ke saus yang sudah disediakan. Bagian ujung batang yang keras boleh diletakkan lagi di atas piring.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353