Manfaat dan Resiko Massage Gun untuk Kesehatan

118

Pijat menjadi salah satu cara bagi banyak orang untuk mengatasi berbagai masalah. Salah satu di antaranya adalah ketika badan terasa capek. Saat ini, berbagai alat untuk pijat dihadirkan oleh produsen untuk memudahkan dan memaksimalkan proses pijat, termasuk massage gun.

Bagi orang yang sibuk dan tak punya banyak waktu, massage gun adalah benda yang layak untuk dimiliki. Mempunyai bentuk yang tergolong compact, massage gun lebih mudah untuk dibawa-bawa. Berbagai merek, seperti Han River, Beurer, dan Nagoya Electronics pun berlomba-lomba menjual massage gun terbaiknya. Ada berbagai macam jenis, ukuran, dan model yang ditawarkan.

Dengan kepraktisannya itu, alat ini tentu punya manfaat untuk kesehatan para pengguna. Meskipun begitu, ada juga kekurangan atau risiko yang bisa timbul dari pemanfaatan alat ini. Apa saja risiko dan manfaat massage gun untuk kesehatan? Yuk simak ulasannya.

 

Manfaat Massage Gun 

1. Mengurangi ketegangan otot

Manfaat pertama penggunaan massage gun adalah dapat mengurangi ketegangan otot. Alat ini memiliki cara kerja membombardir jalur aferen atau sensorik dengan stimulus intensitas tinggi. Dampak yang dihasilkan mirip ketika seseorang membenturkan sikunya dan secara naluriah menggosoknya.

Senjata pijat pada dasarnya memiliki cara kerja yang sama dengan stimulus aferen terapeutik intensitas tinggi lainnya. Langkah membombardir sistem saraf dengan stimulus aferen (sensorik) intensitas tinggi dapat menyebabkan penghambatan refleks ketegangan otot.

 

2. Meningkatkan sirkulasi

Massage gun juga dapat memiliki manfaat dalam meningkatkan sirkulasi aliran darah ke seluruh tubuh. Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah keuntungan ini bisa diperoleh jika digunakan dengan benar. Alat ini dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah ke seluruh tubuh lantaran hubungan relaksasi otot dengan refleksif otot polos dalam sistem darah arteri.

 

3. Stimulasi sistem limfatik

Senjata pijat juga memiliki potensi manfaat dalam menstimulasi kelenjar getah bening, sehingga dapat mengalirkan cairan limfatik ke bagian tubuh yang membutuhkannya. Sistem limfatik dalam tubuh manusia terdiri dari beberapa kelenjar getah bening yang berada di beragam area. Kelenjar ini penting untuk melawan potensi infeksi dalam tubuh.

 

4. Mengurangi nyeri otot

Jika Anda suka mengalami nyeri otot, massage gun dapat menjadi pilihan untuk menguranginya. Sebuah studi pada 2014 menunjukkan bahwa terapi getaran adalah salah satu cara efektif untuk pencegahan dan pengolahan delayed onset muscle soreness (DOMS).

Terapi kompresi dan getaran massage gun menggunakan mekanisme yang sama untuk pemulihan otot. Namun, percussive therapy bekerja langsung di jaringan otot dan berpotensi memberikan hasil yang lebih kuat dan spesifik.

 

5. Meningkatkan massa dan kekuatan otot

Terapi dengan massage gun ke seluruh tubuh dan beberapa bagian secara lokal terbukti meningkatkan massa dan kekuatan otot terhadap orang dewasa. Senjata pijat dapat sangat meningkatkan daya tahan otot, meningkatkan tenaga, dan meningkatkan kesadaran kinestetik.

Dengan begitu, dampaknya adalah penurunan nyeri, peningkatan tonus otot, rentang gerak, dan sirkulasi. Percussive therapy yang menawarkan sirkulasi darah yang efisien dan peningkatan mobilitas jaringan lunak dapat membantu tubuh bekerja di tingkat yang lebih tinggi.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353