Luhut Panjaitan Targetkan 1.000 Hektare Lahan Food Estate Digarap 2021

87

Medan, KoverMagz – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menargetkan 1.000 hektare lahan di lumbung pangan atau food estate di Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara dapat digarap tahun ini. Food estate ini akan menjadi contoh korporasi pertanian khusus hortikultura.

Luhut menyatakan beberapa komoditas yang ditanam di food estate tersebut adalah bawang merah, bawang putih, dan kentang. Sejauh ini, komoditas yang sudah panen di food estate Desa Ria-Ria adalah kentang.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto mengatakan, hingga saat ini terdapat 215 hektare lahan di Desa Ria-Ria yang digarap untuk penanaman bawang merah, bawang putih dan kentang.

Dia menjelaskan, keseluruhan food estate tahap pertama ini dikelola oleh petani Humbang Hasundutan.  Adapun, total area food estate yang akan dikembangkan di kawasan ini seluas 1.000 ha. Mengingat  pada 2020 sudah ada  215 hektare dikerjakan, maka ada lahan seluas 785 hektare ini yang harus dibuka.

Prihasto pun menyebut pihaknya tengah menyiapkan calon petani dan calon lahan (CPCL). Meski lahan bawang merah, bawang putih dan kentang di food estate Sumut ini tumbuh subur, dia juga tak menampik bila ada beberapa bedeng yang tumbuhnya kurang baik. Hal ini dikarenakan cuaca yang ekstrem.

Pada kondisi yang lembab, berkabut atau curah hujan tinggi, cendawan akan membentuk massa spora yang sangat banyak dan bisa menginfeksi daun. Akibatnya, lapisan luar daun menjadi layu dan mengering, bahkan bisa juga mengakibatkan umbi membusuk.

Ia berharap teori proses tanam berikutnya akan memberikan hasil yang lebih baik. Pemerintah juga akan menambah komoditas untuk ditanam di food estate tersebut, yakni jagung.