Lakukan 4 Hal Penting Ini Setelah Berolahraga

103

Medan, Kovermagz – Persiapan berolahraga memang sangat penting, namun ternyata ritual setelah beres berolahraga juga tak kalah penting loh.. jangan sampai kamu terburu-buru menyelesaikannya dan langsung melakukan aktifitas lain.

Tubuh juga perlu sedikit waktu untuk rileksasi setelah berolahraga. dikutip dari laman Hallosehat, ada 4 hal yang harus kamu lakukan pasca olahraga:

  1. Pendinginan dan Peregangan Otot

Sebelum olahraga kita wajib melakukan pemanasan, begitu juga setelahnya. kamu wajib lakukan pendinginan alias peregangan otot. otot tubuh kita dapat tegang jika kamu tidak melakukan rutinitas pendinginan. lemaskan otot sekitar 15-20 menit sejak setelah berolahraga.

2. Mandi dan Ganti Baju

Setelah pendinginan kamu bisa langsung membersihkan tubuh dengan mandi. jangan terlalu lama memakai baju yang basah, dan segera ganti baju dengan baju yang kering dan bersih. seorang dokter specialist kulit juga mengatakan untuk langsung mengganti baju paling lambat setengah jam setelah beristirahat.

Baca Juga:  India at the Centre of Fight Against COVID-19

3. Minum Air

air putih adalah pengganti cairan tubuh yang telah hilang akibat olahraga. selama kamu berolahrga, jantungmu bekerja jauh lebih keras dan membutuhkan oksigen lebih banyak. jadi penuhi konsumsi air putih untuk mengisi asupan oksigen yang telah terbuang akibat aktifitas olahraga.

4. Isi Perut

Beberapa waktu setelah kamu berolahraga, penuhi asupan makanan dengan sumber karbohidrat dan protein yang cukup untuk memulihkan otot-ototmu. cadangan lemak yang sudah hilang akan terganti kembali melalui asupan yang kamu makan.

untuk karbohidrat kamu bisa mengkonsumsi nasi merah, kentang, dan kacang-kacangan. lalu untuk makanan yang kaya akan protein, bisa konsumsi daging ayam, telur, daging, yogurt, susu, serta keju.

Reporter: Jehan Erwita

Dokumentasi: Berbagai Sumber