Ketahui Manfaat Labu Siam bagi Kesehatan

245

Apakah anda gemar menjadikan labu siam sebagai pelengkap sajian makanan di rumah? Jika iya maka anda patut bersenang hati. Pasalnya, mengonsumsi labu siam ternyata memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh jasmani kita loh.

Labu siam atau dikenal sebagai jipang atau chayote merupakan sayuran atau tanaman subtropis yang kerap dimanfaatkan sebagai bahan makanan lantaran kandungannya yang baik bagi tubuh yakni berupa lemak, kalsium, fosfor, besi, dan aneka vitamin A, B, dan C. Tanaman ini juga umumnya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan namun kini telah menyebar di berbagai wilayah dunia. Labu siam mempunyai bentuk yang mirip dengan buah pir namun kulit labu siam umumnya berwarna hijau.

Nah setelah mengetahui sedikit tentang labu Siam, apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Melansir dari beberapa sumber, berikut ini kami akan membahasnya untuk anda. Simak selengkapnya di sini! 

Mengandung Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam labu siam bisa membantu tubuh terlindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga bisa mempertahankan kesehatan sel-sel tubuh dan mencegah timbulnya penyakit.

Mengontrol Gula Darah

Labu siam mempunyai kemampuan dalam mengontrol kadar gula darah. Hal ini di karenakan kandungan seratnya yang cukup tinggi. Labu siam bisa membantu tubuh untuk mengatur penyerapan gula dalam darah terutama bermanfaat untuk penderita diabetes.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Nutrisi dalam labu siam khususnya kandungan potasium bisa memperbaiki kesehatan jantung di dalam tubuh. Potasium nantinya akan membantu untuk mengontrol tekanan darah, menjaga fungsi jantung, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Untuk itu, tidak ada salahnya mengonsumsi sayuran ini. 

Menjaga Fungsi Hati

Selain jantung, labu siam juga terkenal mempunyai nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan fungsi hati. Dengan menjaga kesehatan hati tentunya bisa menjaga keberlangsungan proses detoksifikasi dalam tubuh.

Menekan Risiko Kanker

Seperti dijelaskan sebelumnya kandungan antioksidan bisa membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Sehingga bisa membantu dalam mengurangi risiko kanker pada tubuh dan kandungan seratnya bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah membuat labu siam sebagai menu makanan yang cocok dikonsumsi ketika menjalani diet. Selain itu kandungan serat pada makanan bisa membantu mengurangi nafsu makan dan mendukung seseorang yang tengah menjalani penurunan berat badan.

Baik untuk Ibu Hamil

Labu siam menjadi sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan folat yang ada di dalamnya mendukung perkembangan janin selama kehamilan berupa  perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang selama awal masa kehamilan.

Kandungan folat juga dikenal sebagai kandungan yang mencegah cacat pada janin dan memberikan nutrisi penting untuk kesehatan ibu serta sang bayi. Bahkan, asupan folat yang cukup juga bermanfaat untuk mencegah kelahiran anak prematur.

Memperlambat Tanda Penuaan

Meskipun termasuk pada sayuran sederhana dan murah labu siam mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Sementara itu kandungan antioksidan dapat membantu tubuh dalam melawan tanda-tanda penuaan.

Antioksidan bisa membantu tubuh melindungi sel-sel kulit dari kerusakan serta menjaga elastisitas kulitnya. Maka dari itu, labu siam bisa dimanfaatkan untuk memperlambat tanda-tanda penuaan.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat makanan pada labu siam dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatur gerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan usus secara umum.

Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam labu siam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam labu siam dapat membantu mencegah anemia dan mendukung produksi sel darah merah yang sehat.

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan pada labu siam dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan mendukung produksi kolagen. Manfaat labu siam ini juga melawan kerusakan akibat paparan sinar UV.

Peningkatan Energi

Labu siam mengandung vitamin B yang berperan dalam metabolisme energi. Manfaat labu siam ini dapat membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan yang dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat labu Siam bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda ya!


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353