Karo Loempia Medan, Tampilan Loempia Kekinian dengan Cita Rasa Bumbu Khas Karo

60

Jangan heran, bila Medan terkenal dengan sebutan surganya para pecinta kuliner. Pasalnya, disini para wisatawan akan disuguhkan dengan aneka kuliner ciamik yang dapat menggugah selera sekaligus memanjakan lidah. Mulai dari jajanan berat, ringan hingga kekinian juga ada di kota tersebut. Bahkan, jajanan tradisional yang dimodifikasi dengan inovasi baru pun juga tersedia di kota Medan.

Salah satunya Karo Loempia Medan, ini merupakan suatu brand lokal yang dirancang dengan konsep baru yakni memadukan jajanan Tionghoa dan Indonesia berupa lumpia dengan bumbu-bumbu khas budaya karo.

Melihat adanya perpaduan dua masakan budaya tersebut, tampaknya sang pemilik dari Karo Loempia Medan yakni Nike Sembiring Milala ingin memunculkan jenis lumpia baru dan modern tanpa meninggalkan cita rasa asli yang bersumber dari lumpia itu sendiri.

Awalnya jajanan lumpia dilakukan oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia. Kemudian, keduanya memutuskan untuk menetap di Indonesia, tepatnya di Semarang sembari berbisnis kuliner lumpia. Bisnis kuliner ini pun lambat laun mengalami peningkatan.

Puncak peningkatan terasa, saat lumpia dijajalkan pada waktu pesta Olahraga Ganefo digelar. Berawal dari puncak inilah, nama Lumpia semakin dikenal di seluruh penjuru. Lumpia tidak hanya menjadi jajanan untuk negeri Semarang saja, melainkan kini hadir di beberapa kota, seperti Karo Loempia Medan yang satu ini.

Baca Juga:  6 Jajanan Tradisional Khas Pulau Bali

Karo Loempia Medan dibangun bukan sekadar menyajikan jajanan atau cemilan dan meraup keuntungan belaka, namun sekaligus sebagai salah satu bentuk dalam memperkenalkan ciri khas suku Karo kepada seluruh lapisan masyarakat loh. Hal ini dapat kita lihat dari ciri khasnya yang berupa Sambal Cina Sereh.

Sambal Cina Sereh adalah sambal khas karo yang terdiri dari perpaduan cabai hijau, daun sereh dan kecombrang dengan tambahan bumbu rempah-rempah lainnya sehingga menghasilkan aroma yang cukup kuat sekaligus menonjolkan rasa pedas asin di lidah.

Dengan adanya sambal cina sereh inilah, Karo Loempia Medan menjadi jenis jajanan tradisional yang memiliki cita rasa berbeda dari jenis-jenis lumpia lainnya. Sambalnya menjadi salah satu andalan yang paling ditonjolkan oleh Karo Loempia Medan.