Iko Uwais: Membawa Silat ke Hollywood

15

Kiprah Iko Uwais yang nama aslinya Uwais Qorny, sebagai aktor laga Indonesia sedang naik daun. Bagaimana tidak, Iko kini telah menjadi salah satu aktor Indonesia yang cukup diperhitungkan di kancah industri perfilman internasional. Suami Audy Item ini kerap membintangi film-film Hollywood. Keahlian bela diri, ketampanan wajah dan kegigihannya menjadi modal yang membawanya membintangi 10 film, 7 diantaranya adalah film Hollywood. 

 

 

Iko Uwais lahir di Jakarta (1983) dari pasangan Maisyaroh dan Mustapha Kamaluddin. Kakeknya, H. Achmad Bunawar, adalah seorang master silat, seni bela diri tradisional Indonesia, dan mendirikan sekolah silat yang diturunkan ke paman Iko, sebuah perguruan Tiga Berantai yang beraliran Betawi.

Iko sendiri sudah belajar silat sejak berusia 10 tahun. Pada tahun 2003, Iko Uwais mendapat juara ketiga dalam turnamen pencak silat tingkat DKI Jakarta. Ia menjadi Juara Nasional pada tahun 2005 dalam kategori Demonstrasi Silat. Keterampilan silatnya telah memberinya kesempatan untuk bepergian ke luar negeri dalam beberapa peragaan pencak silat di Inggris, Rusia, Laos, Kamboja, dan Prancis.

 

Bakat Iko sebagai aktor seni bela diri ditemukan oleh sutradara film Welsh, Gareth Evans, yang mengunjungi sekolah Silat Iko untuk sebuah film dokumenter pada tahun 2007. Saat itu Evans yang berprofesi sebagai sopir di sebuah perusahaan telekomunikasi, diminta berhenti dan diajak bergabung dengan produksi film Evans sebagai aktor utama dalam filmnya: Merantau. Berhasil di film itu menyemangati Evans untuk membuat film kedua: The Raid. Kesuksesan Iko di film ini berhasil membuat banyak sineas memutuskan ingin meminangnya.

Pada tahun 2018, di tengah-tengah karirnya sebagai aktor laga, Iko Uwais suami Audy Item yang dinikahinya pada tahun 2012 itu membuka sekolah bela diri sendiri bernama Thunder11 di Bekasi, Jawa Barat. Selain menawarkan berbagai bimbingan martial arts seperti pencak silat, golok terbang Bekasi, taekwondo, aikido, karate, dan tricking, Thunder11 juga memiliki pelatihan sepak bola dan futsal.