Deretan Aktris & Aktor Asia Sukses di Hollywood. Dari Indonesia Siapa Favoritmu ?

53

Medan, KoverMagz – Hollywood adalah salah satu impian bagi semua pekerja seni dunia, terutama dunia musik dan perfilman. Selain tuntutan keprofesionalan yang tinggi maupun fisik tidak semua orang dapat bertahan lama meniti karir disana dikarenakan persaingan yang cukup ketat. Siapa yang bertahan dialah yang dikenal. Selain Jackie Chan, aktor asal Hongkong yang punya ciri khas dengan aliran komedi aksi yang dimilikinya berhasil mengocok perut penonton dalam maupun luar negeri di kancah Hollywood, sekarang sudah semakin banyak aktor dan aktris yang juga sukses di negara Paman Sam, siapa saja mereka? Yuk, kita lihat mulai dari yang sangat senior hingga yang menjadi idola di jaman sekarang.

MICHELLE YEOH

Michelle Yeoh adalah seorang aktris kelahiran Malaysia, 6 Agustus 1962. Ia lahir dengan nama Yang Zi Qiong dan merupakan putri dari pasangan Janet Yeoh and Yeoh Kian Teik yang berprofesi sebagai pengacara sekaligus politisi.

Michelle Yeoh mengawali karier seni peran lewat sebuah iklan bersama Jackie Chan setelah mendapatkan gelar Miss Malaysia tahun 1983. Ia pernah membintangi beberapa film yang kemudian sukses besar di antaranya Master Z Ip Man LegacyCrouching Tiger, Hidden Dragon, dan tentunya Crazy Rich Asians.

Namun, ia mencetak peran utama yang kemudian membuat namanya diperhitungkan di kancah Hollywood melalui peran Kolonel Wai Lin di Tomorrow Never Dies; geisha doyenne Mameha dalam Memoirs of a Geisha, dan pejuang yang setia dan tenang Yu Shu Lien dalam wuxia epik-nya  Ang Lee, Crouching TigerHidden Dragon. Meski Crouching Tiger menjadi film berbahasa asing terlaris dalam sejarah Amerika, tapi tentu saja itu tidak memberikan ketenaran yang instan bagi Yeoh atau bintang-bintang Asia lainnya.

GONG LI

 

 

 

Aktris kelahiran Tiongkok ini meraih sukses di Hollywood lewat peran-peran bergengsi yang ia mainkan dengan sempurna di sejumlah film. Sebut saja Miami Vice dan Hannibal Rising yang sempat menjadi box office dunia. Gong li pun menjadi aktris kebanggaan China yang bisa merepresentasikan perfiliman negara tirai bambu itu di kancah internasional. Chinese Box merupakan film paling keren yang pernah dibintangi Gong Li dan menjadi pusat perhatian perfiliman internasional. Sementara Memoirs of Geisha merupakan film Gong Li yang paling berkesan dan berhasil memenangkan beberapa kategori di  Academy awards di tahun 2005.

ZHANG ZI YI

Aktris berkebangsaan Tiongkok ini memenangkan BAFTA dan Golden Globe. Dia berkarya dengan sutradara terkenal seperti Zhang Yimou, Ang Lee, Wong Kar-wai, Seijun Suzuki, dan Rob Marshall. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1996.

Debut aktingnya di film televisi Touching Starlight pada usia 16 tahun. Pada tahun 1998, saat dia belajar di Central Academy of Drama, mendapatkan peran pertamanya oleh sutradara Zhang Yimou dalam filmnya The Road Home, yang memenangkan hadiah Silver Bear di Festival Film Internasional Berlin 2000. Zhang memainkan seorang gadis desa jatuh cinta dengan guru muda kota, ia memenangkan Penghargaan Aktris Terbaik di Penghargaan Seratus Bunga 2000 untuk penampilannya.

LUCY LIU

Lucy Liu merupakan salah satu aktris  ternama yang ada di Hollywood. Waralaba terkenal seperti Charlie’s Angels (2000) dan Kill Bill Vol. 1 (2003) pun udah pernah dibintangi oleh aktris yang lahir di New York ini. Berkat kedua waralaba tersebut juga lah aktris kelahiran 1968 ini memenangkan penghargaan pada ajang MTV Movie Award seabagai duo terbaik dan villain terbaik.

PRIYANKA COPRA

Priya adalah seorang aktris dan model asal India. Pemenang kontes Miss World 2000 ini sekarang adalah aktris dengan bayaran tertinggi dan terpopuler di India. Dia telah menerima banyak penghargaan, termasuk dua Penghargaan Film Nasional dan lima Penghargaan Filmfare. Pada tahun 2016, Pemerintah India menghormatinya dengan memberi gelar Padma Shri, dan Time menobatkannya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia, dan dalam dua tahun berikutnya, Forbes memasukkannya ke dalam 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia.

 

 

Priya menandatangani kontrak dengan ABC Studios dan kemudian berperan dalam serial thriller Amerika Quantico sebagai karakter Alex Parrish.Serial ini ditayangkan perdana pada 27 September 2015 di ABC, menjadikannya orang asia selatan pertama yang menjadi headline serial drama Amerika.

Serial ini mendapat ulasan positif dari kritikus televisi dan dipuji atas penampilannya. Rob Lowman dari Los Angeles Daily News memuji “kehadirannya di layar yang dinamis” dan James Poniewozik dari The New York Times menyebut Priya sebagai “aset manusia terkuat”. Priya juga menerima People’s Choice Award untuk Aktris Favorit Dalam Serial TV Baru untuk perannya di Quantico, menjadi aktris Asia Selatan pertama yang memenangkan People’s Choice Award.Tahun berikutnya, Chopra memenangkan People’s Choice Award kedua untuk Aktris TV Drama Favorit. Quantico sudah tayang dihampir lima puluh negara.

Meskipun sudah suskese di Hollywood dan menikahi salah satu personal Jonas Brother, Nick Jonas, Priya tidak melupakan negara kelahirannya, dia tetap berkarya dalam film-film Bollywood dinegaranya sendiri.

DEV PATEL

Tokoh Jamal Malik di film Slumdog Millionaire berhasil menggebrak dunia perfilman Hollywood dimana dibintangi oleh aktor pendatang baru keturunan India asal Inggris. Anda masih ingat film kuis  Who Wants to Be a Millionaire? Kuis ini menginspirasi aktor utama dalam film tersebut untuk mengejar cintanya agar bisa bertemu dengan gadis yang dicintainya. Aktor tersebut dibintangi oleh Dev Patel.

Dari sana aktingnya terus memukai para kritikus. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $378.410.542, melebihi anggaran produksi film $15 juta. Sederet film sukses telah dibintanginya, antara lain The Best Exotic Marigold Hotel, Chappie, The Man Who Knew Infinity, Lion, dan yang paling fenomal adalah film Hotel Mumbai. Dev memamerkan keahlian bela dirinya saat berperan sebagai Pangeran Zuko di The Las Airbender. Dia sudah memegang sabuk hitam sejak tahun 2006. 

HENRY GOLDING

Henry merupakan seorang aktor, model dan presenter berkebangsaan Malaysia. Henry Golding lahir di Betong dan besar di Sarawak. Ibunya, Margaret Likan Golding, adalah orang Malaysia keturunan Iban. Sedangkan ayahnya, Clive Golding, berasal dari Britania Raya. Ia menghabiskan hampir 5 tahun masa kecilnya di Terengganu, Pantai Timur Malaysia, sebelum keluarganya pindah ke Surrey, Inggris, ketika ia berusia 8 tahun dan bersekolah di The Warwick School, Redhill. Ia pindah ke Kuala Lumpur ketika ia berusia 21 tahun untuk mengejar kariernya di dunia akting setelah ia bekerja sebagai penata rambut di Sloane Street di London selama beberapa tahun.

Dikenal sejak membintangi film Crazy Rich Asians selain seorang aktor, Henry juga aktif sebagai seorang model dan presenter. Hebatnya, Henry juga main di film A Simple Favor bareng bintang Hollywood ternama Anna Kendrick dan Blake Lively.

 

JOE TASLIM

Pria bernama lengkap Johannes Taslim ini merupakan aktor laga kebanggaan Indonesia. Joe yang berdarah Tionghoa awalnya adalah atlet yang mengharumkan nama Indonesia bersama tim nasional judo sejak tahun 1997 hingga 2009.

Joe mendapat pujian berkat aktingnya di The Raid yang sukses di berbagai negara. Selanjutnya dia debut internasional dengan berperan sebagai Jah, salah satu penjahat di film laris Fast & Furious 6. Joe juga pernah tampil sebagai Manas, karakter antagonis dalam Star Trek Beyond. Selain itu, Joe juga tampil di film Korea berjudul The Swordsman.

IKO UWAIS

Iko Uwais awalnya dikenal sebagai atlet pencak silat Indonesia. Di mulai dengan film yang sama dengan Joe Taslim, Iko juga pertama kali memerankan aksinya dalam film The Raid (2011). Hingga akhirnya ia tercatat sukses membintangi sederet film Hollywood, di antaranyaStar Wars: Episode VII – The Force Awakens (2015), Beyond Skyline (2017), Mile 22 (2018), Stuber (2019), Triple Threat (2019), dan film terbarunyaSnake Eyes: G.I. Joe Origins (2021).

ARIO BAYU

Memulai karirnya sebagai model, Ario Bayu pertama kali dikenal melalui aksinya dalam film populer Soekarno: Indonesia Merdeka (2013). Hingga akhirnya ia terjun dan sukses membintangi film Hollywood berjudul Java Heat (2013). Dalam film tersebut Ario Bayu berperan bersama actor pemenang Oscar, Mickey Rourke.

Pria asal Jawa Tengah yang lama tinggal di New Zealand pertama kali mengawali kariernya saat bertemu dengan Sekar Ayu Asmara, yang kemudian mengajaknya bergabung dalam film kecil berjudul Belahan Jiwa.. Pada tahun 2013 ia memerankan sosok Bung Karno dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka! karya sutradara Hanung Bramantyo.

Riz Ahmed

Venom, besutan Marvel Comic juga mengingatkan kita akan tokoh Carlton Drake alias Riot, musuh utama Venom. Riz Ahmed adalah sesosok yang memang pantas mendapatkan peran tersebut. Bukan sosok biasa, Riz adalah keturunan dari Shah Muhammad Sulaiman, salah satu tokoh Islam terkemuka di India. Riz saat ini berusia 38 tahun. Ia memulai karirnya di dunia akting sejak tahun 2006 silam, tepatnya lewat film ‘The Road to Guantanamo’. Selain itu Riz juga dikenal sebagai rapper dengan nama Riz MC.

Riz merupakan aktor asal Inggris yang sudah mengantungi piala Emmy Award dan nominasi ‘Best Actor’ Golden Globe di Piala Oscar 2021 dalam film ‘SOUND OF METAL’ bersaing dengan Chadwick Boseman (Ma Rainey’s Black Bottom), Anthony Hopkins (The Father), Gary Oldman (Mank) dan Steven Yeun (Minari).

Gimana, kira-kira dari sekian banyak film mereka yang sudah kamu tonton berhasil tidak mereka merasuki pikiranmu, siapa saja yang menjadi favoritmu?

Penulis : Annette Thresia Ginting

Berbagai Sumber