How To Be The Best Version Of You ?

493

Medan, KoverMagz – Menurut anda mana yang lebih gampang atau mana yang lebih penting mencintai orang lain atau mencintai diri sendiri ? Mencintai orang lain bagi sebagian orang mungkin lebih mudah daripada mencintai diri sendiri. Terkadang, Anda sulit menerima kekurangan diri karena merasa insecure dengan apa yang orang lain punya. Padahal, menerapkan cara mencintai diri sendiri sama pentingnya dengan menjalin silaturahmi dengan orang lain.

Dengan mencintai diri sendiri justru bisa membuat Anda menerima segala kekurangan dan kelebihan tanpa merasa tinggi hati. Harapannya, Anda pun bisa melepaskan beban sosial, sehingga mampu belajar untuk memahami diri dan bersyukur atas hidup ini. Dengan begitu kamu bisa lebih nyaman dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

Seberapa Pentingkah Mencintai Diri Sendiri ?

Mencintai diri sendiri atau self-love bukan berarti Anda egois dan mengembangkan kepribadian narsisistik yang menyimpang. Justru, Anda menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, tetapi juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutupi. Sederhananya, mencintai diri sendiri haruslah sepenuh hati dan tanpa syarat.

“Ada pergeseran perspektif yang melekat pada self love, terutama ketika orang mulai memprioritaskan kebutuhan pribadi di atas kebutuhan orang lain,” imbuh Sabrina Romanoff, PsyD, psikolog klinis di Lenox Hill Hospital di New York City.

Mencintai diri sendiri berarti memenuhi segala kebutuhan Anda dan tidak mengorbankan kesejahteraan Anda untuk menyenangkan orang lain. Ini juga bisa berarti memprioritaskan diri sendiri, percaya pada diri sendiri, jujur atau tidak membohongi diri sendiri, bersikap baik pada diri sendiri, serta memaafkan diri sendiri saat Anda melakukan hal buruk pada diri Anda. Menurut Julie Hanks, LCSW, terapis dari PsychCentral, mulailah bersahabat dengan diri sendiri yaitu dengan memerhatikan kebutuhan fisik, rohani, dan mental.

Misalnya dengan mendapatkan cukup tidur 7-8 jam setiap malam, menjaga kesehatan dengan makan-makanan yang sehat, olahraga. Selain itu juga prioritaskan aktivitas yang membuat perasaan senang dan bahagia. Melakukan suatu hal atau kegiatan yang berhubungan dengan minat bakatmu selama itu tidak merugikan orang lain sah-sah aja apapun bisa anda lakukan. Banyak orang yang tidak mencintai diri mereka sendiri karena menganggap bahwa mereka tidak bisa melakukan apapun dengan benar, padahal bukan seperti itu. Masing-masing manusia memiliki porsinya dan kelebihannya sendiri.

Terkadang kita terlalu sering membandingkan kehidupan kita dengan orang disekitar kita baik dari segi keuangan, karir, percintaan dan hubungan keluarga maupun kehidupan sosial. Jangan terlalu dipercaya ! Karena apa ? Membandingkan diri Anda dengan orang lain dapat merusak penghargaan diri dan self love.

“Ingatlah bahwa media sosial tidak nyata, banyak orang mengenakan topeng demi citra diri. Apa yang ditampilkan di media sosial hanya sebagian kecil dari masalah, dan kesulitan yang mewarnai kehidupan individu,” kata Romanoff.

Menghargai tubuh anda merupakan cara untuk mencintai diri sendiri. Seringkali banyak orang yang merasa minder karena tubuh pendek, perut gendut, mata sipit, kulit hitam dan hal lainnya. Semua sudah dipilihkan dan disesuaikan dengan masing-masing pribadinya tanpa harus malu atau minder cobalah untuk hargai diri anda dan jangan dengarkan orang lain. Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan maka anda cukup berfokus pada kelebihan anda saja, karena dengan begitu kekeurangan anda dapat tertutupi.

Untuk mengakui kelebihan dan kekurangan kita, kita perlu jujur dengan diri sendiri. Kejujuran yang paling sulit dilakukan adalah jujur pada diri sendiri. Dan jujur pada diri sendiri merupakan bentuk atau cara untuk mencintai diri sendiri. Seringkali kebohongan membuat diri kita gelisah, namun kita mencoba menampik dan mencoba kuat. Padahal kita hanya membuat diri kita semakin gelisah. Jadi berhentilah untuk menyiksa perasaan dan jujur pada diri sendiri.

Perluaslah pergaulan anda bersama orang – orang yang memiliki pemikiran moderat dalam arti lingkungan yang tidak toxic. Meskipun tidak semua orang baik namun anda berhak mengenal orang yang lebih baik. Perasaan akan lebih tenang jika memiliki teman yang akrab dan dekat dengan kita. Karena berada di dalam lingkungan orang toxic dapat membatasi kemampuan untuk menumbuhkan self love.

Jika melakukan suatu hal di luar kemampuan kita, atau terkadang kita memaksakan diri sebenarnya itu hal yang wajar karena manusia pada kodratnya ingin mencoba berbagai hal. Tetapi jika hasinya tidak seperti yang kita harapkan maka jangan malu untuk merenung dan memaafkan diri anda sendri. Memaafkan diri sendiri merupakan cara selanjutnya untuk bisa mencintai diri sendiri. Seringkali kita melakukan kesalahan dan mungkin semua manusia melakukan kesalahan. Dilihat dari teori psikologinya memaafkan diri sendiri memanglah yang paling sulit karena kita berperang melawan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri dengan cara jangan menghukum diri seperti bersama orang yang salah, melakukan kegiatan yang melelahkan anda, atau mungkin hal lainnya.

Setelah itu jangan perna lupa untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan. Tuhan itu sangat baik loh. Dengan diberikanNya kesehatan, anatomi tubuh yang lengkap, kehidupan yang layak, berbagai kesempatan yang sudah sepatutnya kita menikmati itu semua dengan penuh rasa syukur. Jangan terlalu sering mengeluh. Karena jika terlalu berlarut dengan sesuatu apa yang kurang, hidup ini tidak akan perna dirasa cukup akan terus ada maunya. Oleh sebab itu alangkah baiknya kita mulai dari bersyukur maka apa yang sudah diberikan Tuhan lebih baik kita kembangkan kembali serta kita rawat dan kita cintai untuk membawa perubahan yang positif ke depannya.

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber: Berbagai sumber