Gegap Gempita Festival Literasi Nusantara Danau Toba 2019

168

Penulis: Ade Syaputra
Fotografer: Vicky Siregar

Kegiatan literasi di era milenial ini sepantasnya harus dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian Programme for International Student Assessment (PISA), budaya literasi masyarakat Indonesia di tahun 2012 menempati urutan ke-64 dari 65 negara.  Namun hasil survei tahun 2015 menunjukkan kenaikan pencapaian pendidikan di Indonesia yang berhasil menempatkan Indonesia pada posisi keempat dari 72 negara yang mengikuti tes PISA.

PT Gramedia Asri Media bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara dan Pemerintah Kabupaten Samosir menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Festival Literasi Nusantara Danau Toba 2019 di Lopo Hotel International, Tomok, Danau Toba, Kab. Samosir sebagai salah satu bagian untuk membangun budaya literasi di Sumatra Utara.

Setelah sukses menghelat kegiatan yang sama pada tahun 2016, tahun ini PT. Gramedia Asri Media mengemas kegiatan lebih mendalam dengan menghadirkan pemenang Gramedia Reading Community Competition (GRCC) pada tahun 2018 yaitu Alusi Tao Toba, serta beberapa taman baca di sekitar Danau Toba. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 11 s.d. 13 Juli 2019. Festival di Danau Toba ini adalah Festival Literasi keenam, setelah sebelumnya diadakan di Surabaya, Yogyakarta, Lombok Utara, Banyumas dan Padang Panjang.

Baca Juga:  PESAWAT CN-235 BUATAN RI YANG LAKU BERAT DIBELI NEGARA-NEGARA LAIN

Festival Literasi Nusantara kali ini mengusung enam dimensi literasi yakni baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, dan budaya/kewarganegaraan yang digelar secara menarik. Beragam kompetisi edukatif menjadi kegiatan selama rangkaian acara. Penampilan tarian dan nyanyian dari komunitas taman baca juga menjadi agenda pembuka Festival Literasi Nusantara Danau Toba pada Kamis pagi (11/07).