Serba Serbi Gunung Sibayak hingga Misteri Legendanya

303

Penulis: Vicky Siregar
Fotografer: Masdalena Napitupulu

Gunung Sibayak memiliki pemandangan alam menakjubkan yang dianugerahkan Sang Pencipta khususnya untuk masyarakat Sumatera Utara terutama bagi mereka para pendaki gunung. Gunung ini memiliki ketinggian 2.094 meter di atas permukaan laut dan terletak di dataran tinggi tanah Karo, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

Udaranya masih segar sebab pepohonan pinus dan rerimbunan hijau yang asri mengelilingi gunung Sibayak. Inilah yang menjadikan para pendaki gunung Sibayak betah berlama-lama menghirup oksigen yang masih belum terkontaminasi oleh polusi-polusi ibu kota.

Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Sumatera Utara. Kawahnya seluas 40.000 meter mengandung solfatara sehingga menghasilkan uap belerang yang menyemburkan hawa panas. Batuan lava andesit yang mengelilingi kawah ini juga menambah pesona gunung Sibayak.

Jika beranjak dari kota Medan menuju gunung Sibayak, paling tidak jarak yang ditempuh sekitar 60 km. Jalan Jamin Ginting menjadi opsi pilihan utama yang dilalui jika berangkat dari kota Medan. Perjalanan menuju gunung Sibayak kurang lebih selama 3,5 jam.