Deretan Sungai Paling Berbahaya Di Dunia, Ada dari Asia!

305

Jika sobat kover berpergian menuju suatu negara, pastikanlah untuk menghindari tempat-tempat berbahaya. Seperti salah satunya ialah sungai paling berbahaya di dunia ini. Selain berbahaya, sungai-sungai ini juga termasuk yang terpanjang, terdalam dan mematikan di dunia. Sungai biasanya identik dengan sumber mata pencaharian baik dari segi pariwisata, energi, hingga transportasi. Tapi hal ini tidak berlaku beberapa sungai paling berbahaya di dunia tersebut. 

Sebab, sungai-sungai ini pernah terjadi suatu kejadian menakutkan hingga akhirnya merenggut nyawa manusia. . Lantas, apa sajakah sungai paling berbahaya di dunia itu? Dalam artikel kali ini, tim kovermagz akan mengulasnya untuk anda. Simak selengkapnya di sini! 

Sungai Wharfe

Berlokasi di Yorkshire, Inggris, sungai ini mempunyai reputasi membunuh siapapun yang jatuh ke dalamnya. Bagian paling mematikan dari sungai ini terletak di antara Barden Tower dan Bolton Abbey. Bagian tersebut merupakan celah sempit yang hanya berukuran lebar 1,8 meter dan mengalir arus dengan kecepatan luar biasa.

Celah sempit itu juga memiliki tepian gerowong yang mengarah ke serangkaian terowongan tersembunyi yang bisa menyedot orang untuk kemudian hilang tak pernah terlihat lagi.

Sungai Amazon

Sudah bukan rahasia lagi jika sungai Amazon masuk ke dalam daftar sungai paling berbahaya di dunia. Pasalnya, sungai ini terkenal dengan berbagai hewan buas di dalamnya. Mulai dari anaconda, hiu banteng, botfly atau laba-laba mematikan hingga buaya caiman hitam yang dapat tumbuh hingga  hingga 16 kaki. Belum lagi, terdapatnya hewan lintah yang dapat menempel pada tubuh mamalia, serta belut listrik yang dapat mengeluarkan 600 volt listrik. 

Berlokasi di Amerika Selatan, Sungai Amazon juga termasuk salah satu sungai yang sangat besar dengan memiliki arus yang deras loh. Tepat di bagian mulut sungai ini terdapat debit air yang sangat besar, yakni sebanyak 8 triliun galon air per hari keluar dari mulut sungai itu. Lalu, sungai Amazon juga terbilang sangat dalam, yakni mencapai 15 meter. Hal itulah yang membuat sungai ini tidak boleh dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Sungai Mississippi 

Merupakan sungai terpanjang kedua di Amerika Serikat dengan total panjang hingga 3.734 km yang berujung di teluk Meksiko. Potensi bahaya di sungai ini terdapat pada arus bawahnya yang mengejutkan dan tidak dapat diprediksi, sehingga mampu menyeret perenang. Bahkan, pada waktu tertentu sungai ini akan mengalirkan air dengan kecepatan tinggi hingga membuat perahu hilang kendali.

Sungai Potomac

Masih berada di Amerika Serikat, terdapat juga satu sunga lainnya yang cukup berbahaya yakni sungai potomac. Meskipun permukaan Sungai Potomac disebut menyenangkan, nyatanya perairan sungai Amerika ini jauh dari rasa aman. Air mengalir dengan cepat di antara batas-batasnya, menciptakan arus bawah yang mematikan yang dapat dengan cepat menyapu para perenang ke kedalamannya. Insiden jatuh adalah yang paling sering terjadi di sekitar sungai ini.

Sungai Lena 

Terletak di Siberia, sungai Lena sering kali mengakibatkan banjir ketika musim semi datang. Pernah pada tahun 2007, air sungai Lena meluap dan menenggalamkan sebanyak 1.000 rumah penduduk dan 12 kota. Sungai dengan panjang 4.399 km ini lebih berbahaya ketika musim panas dan musim semi datang. Pada musim semi, es di sungai Lena akan mulai mencair yang mengakibatkan volume sungai meningkat drastis dan mengakibatkan banjir. Air sungai Lena ini juga dikenal memiliki arus yang cukup kuat.

Sungai Brahmaputra 

Merupakan sungai paling berbahaya di dunia yang terletak di Bahaduradbad, Bangladesh. Sungai dengan panjang 2.896 km ini seringkali digunakan sebagai sarana transportasi dan juga irigasi. Walaupun memiliki banyak manfaat namun ada bahaya yang mengancam. Yakni ketika es di pegunungan Himalaya mencair, maka sungai Brahmaputra dapat menyebabkan bencana banjir yang sangat besar.

Ditambah lagi terdapatnya air pasang yang disebut Tidal Bare. Tidal Bare memiliki arus yang berlawanan dengan arus dari sungai Brahmaputra. Hal itulah yang membuat sungai Brahmaputra menjadi sungai yang berbahaya bagi Bangladesh.

Sungai Parana

Dianggap sebagai sungai paling berbahaya di dunia bukan tanpa alasan. Sungai ini memiliki arus yang sangat kuat dan selalu menyebabkan banjir yang seringkali memberikan kerusakan parah pada konstruksi bangunan dan kota yang berdekatan dengan sungai ini. Arus kuat di sungai Parana ini juga mendapat pengaruh dari angin kuat dan El Nino. Sungai yang melintasi Argentina dan Paraguay ini memiliki panjang sekitar 4.828 km. 

Sungai Congo 

Congo atau yang kerap disebut sungai Zaiire memiliki panjang 4.702 km Sungai ini sekaligus menjadi sungai terpanjang kedua di Afrika dan terdalam di dunia. Kedalamannya mencapai 220 meter hingga sulit ditembus cahaya matahari. 

Disebut paling berbahaya lantaran memiliki arus yang sangat kuat. Hanya di bagian dekat Lake Tanganyika sungai ini memiliki arus yang tenang dan tidak berbahaya. Oleh karena itulah, orang-orang di Afrika memberikan nama heart of Darkness. 

Pada bagian akhir dari sungai Congo terdapat sebuah tebing mengerikan yang bernama dengan Gates of Hell. Di tebing itu para rafter berpengalaman pun tidak berani mengarunginya karena arus yang tidak bisa ditebak.

Sungai Nil 

Berlokasi di Afrika, Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Sungai ini mengalir melalui sebelas negara dan mengalir ke Laut Mediterania. Adapun yang membuat sungai ini berbahaya ialah terdapat banyak pemangsa berupa buaya yang dapat bergerak sekitar 30 mil per jam di darat dan membunuh sekitar 200 orang per tahun.

Ada pula kuda nil yang diketahui menyerang perahu, ular berbisa seperti Black Mamba dan Kobra Mesir, serta nyamuk. Kawanan nyamuk di sungai Nil adalah ancaman paling berbahaya. Hal ini dikarenakan kemampuannya yang mampu membawa penyakit. 

Sungai Yenisei

Mengalir melewati Mongolia dan Cina, sungai Yenisei dianggap sebagai salah satu sungai terbesar dan juga paling berbahaya di dunia. Dengan panjang 5.549 km, sungai ini dikenal berbahaya akan arusnya yang kuat yang dapat menyebabkan banjir. Di bagian Darkhad Valley terkadang ditutupi es yang bila dialiri oleh air sungai Yenisei dapat mengakibatkan gletser yang bisa menyebabkan bencana yang lebih besar. Sungai ini juga memiliki tingkat racun dan radiasi yang sangat tinggi. 

Sungai Yangtze

Yang terakhir ada dari Asia. Berlokasi di Cina, sungai Yangtze merupakan sungai paling berbahaya di dunia sekaligus terpanjang yang berada di Asia dengan panjang mencapai 6.379 km. Sungai ini pernah menyebabkan banjir besar yang melanda Cina pada waktu dulu. Oleh karena itu di sungai ini dibangun dam untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali. Hal mengerikan lain terjadi di bagian Chongqing dimana air sungai ini bisa berubah menjadi merah.

Baca Juga:  Deretan Bunga Hitam Eksotis Yang Mampu Mempercantik Taman