Dekranasda Medan dan Grand Mercure Medan Angkasa Berkolaborasi Majukan UMKM

50

Medan, KoverMagz – Dekranasda atau Dewan Kerajinan Nasional Daerah Medan berkolaborasi bersama Grand Mercure Medan Angkasa dengan menghadirkan Pojok UMKM di area hotel. Para tamu hotel dapat mengunjungi Pojok UMKM yang terletak di area lobi dan lantai dua hotel dan peresmiannya dilakukan pada hari ini dengan dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kota Medan, Kahiyang Ayu dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan, H. Dammikrot.

Dekranasda pemerintah kota Medan berfokus pada produk kerajinan daerah dari berbagai kota atau provinsi seperti kain Tenun Songket, Tenun Ulos, anyaman, ukiran, dan lain sebagainya. Melalui peresmian ini, Grand Mercure Medan Angkasa ikut berpartisipasi dalam program Dekranasda serta mendukung para pelaku ekonomi kreatif dan ikut mempromosikan branding produk lokal demi kemajuan dan kesuksesan pemasaran pengrajin daerah ke tingkat yang lebih tinggi.

Kahiyang Ayu , istri Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang juga merupakan penggerak PKK serta Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah, membuka peresmian UMKM ini  menyampaikan bahwa harapan dan cita-cita kita bersama terhadap UMKM adalah bisa naik kelas, berperan sebagai urat nadi perekonomian dengan adanya kolaborasi antara pemerintah, pelaku-pelaku usaha UMKM dan asosiasi yang beraliansi kepada UMKM. Dalam hal ini Kahiyang Ayu juga berharap kepada pelaku usaha modern untuk dapat memberikan ruang kepada UMKM untuk memasarkan produk-produk mereka dan bersifat optimis bahwa UMKM dapat memasuki pasar modern.

Adapun strategi yang dilakukan untuk kemajuan UMKM ini ialah :

  1. Pemasara On Line ; Dekranasda akan menggandeng E Commerce/Market Place se[erti Shopee, Tokopedia dan lain-lain untuk melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya melalui pemanfaatan teknologi digital
  2. Pemasaran Off Line ; Pemasaran di pojok-pojok dan lobby hotel merukan adalah contoh dari teknik pemasaran ini. Tidak hanya disana, Berastagi Supermarket juga dijadikak tempat sebagai pemasaran off line.
Baca Juga:  The Good Spot Vol.6 Awali Desember Ceria

Begitu juga harapan lain terkait hal ini dari Ibu Kahiyang Ayu selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah ialah ; bersama asosiasi yang beraliansi kepada UMKM dapat melakukan pembinaan terhadap peningkatan peran UMKM di Kota Medan begitu juga pelaku usaha harus menjadi tangguh berbenah diri memenuhi yang dipersyaratkan untuk bisa masuk ke pasar modern.

Rachmad Suwardi, selaku General Manager Grand Mercure Medan Angkasa mengungkapkan “Kami menyambut baik kolaborasi ini dengan memberi perhatian dan melibatkan secara aktif komunitas setempat di mana hotel kami berada, salah satunya yaitu melalui kemitraan bersama para pelaku kreatif lokal. Selain akan memamerkan produk-produk dari Dekranasda, hotel kami telah menjual produk UMKM setempat seperti Keripik Sibolga, Keripik Sawi, Kacang Sihobuk, Keripik Arsik Kangkung, dan Jus Bunga Telang yang dapat dinikmati di Violet Bar dan Lobby Lounge hotel. Kami berharap para tamu dapat menikmati ini sebagai bagian dari pengalaman lokal ikonik saat berkunjung ke hotel kami.”

Accor Group Grand Mercure Medan Angkasa selalu aktif mengembangkan kegiatan positive hospitality, mengembangkan inisiatif berkelanjutan yang salah satunya adalah dengan memajukan dan menggunakan produk-produk lokal yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan dapat berkontribusi mendukung program-program pemerintah Kota Medan, yaitu salah satunya #KolaborasiMedanBerkah

Accor melalui jaringan hotel-hotelnya di seluruh Indonesia menjalankan kampanye yang berlangsung sepanjang tahun bertajuk “Rediscover Indonesia bersama ALL – Accor Live Limitless”. Kampanye ini mengajak tamu untuk selain menginap, menikmati pengalaman lokal ikonik yang luar biasa melalui empat pilar: kuliner, seni dan budaya, kebugaran dan kesehatan, dan destinasi. Kampanye ini juga melibatkan kemitraan dengan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) serta mendorong gerakan #BanggaBuatanIndonesia #BeliKreatifLokal.

Penulis dan Foto : Annette Thresia Ginting