Cara Ini Bisa Dilakukan Agar Kamu Dapat Terhindar Dari Circle Pertemanan Yang Toxic

380

Medan, Kovermagz.com – Kamu merasa punya teman yang toxic? Yang membuat merasa tidak nyaman ketika berkomunikasi dengannya dengan mencoba merusak mood atau menyerap energi anda dengan keluhan-keluhannya? Ya, itu bisa dinamakan dengan toxic.

Untuk urusan pertemanan, memang tipe orang seperti ini sebaiknya dihindari karena circle pertemanan ini akan menyebabkan stress.

Dilansir dari womentalk dan insider, teman toxic adalah sosok yang membuatmu selalu merasa stress ketika kamu beranda didekatnya. Mereka juga akan bersaing ketat dengan kamu, mencoba mengubah kamu, argumentatif, dan berharap terlalu banyak dari kamu.

Untuk itu, kamu bisa hindari circle pertemanan toxic tersebut dengan beberapa tips berikut:

1. Batasi Interaksi

Kurangi intensitas berhubungan dengan tipe orang seperti ini. Kamu bisa atur cara agar tidak sering bertemu dengannya atau sekedar say hallo dengannya. Boleh jalin interaksi tapi jangan sampai membuatmu untuk sering berhubungan dengannya.

2. Menjauh saat bahas topik negatif.

Saat teman kamu sudah mulai membahas topik-topik yang negatif, kamu bisa mulai untuk menghindar dan mulai untuk tidak mendengarkan. Kamu bisa pura-pura sibuk dengan urusan kantormu, atau dengan sekedar mengangkat telefon keluarga dirumah.

3. Tetap Netral

Jika sesekali teman toxic berusaha meminta pendapatmu tentang hal-hal negatif yang ia katakan, cobalah untuk netral dengan tidak menbenarkan pendapatnya. Tapi jangan buat ia menjadi kecil hati, setelah katakan pendapatmu, jangan lupa berikan senyuman.

Baca Juga:  19 Tahun kemudian, Piala Thomas Kembali ke Tanah Air. Rekor Indonesia Belum Terpecahkan

4. Kontrol Reaksi dan Nada Bicara

Usahakan untuk tidak berlebihan saat memberikan reaksi atau emosi saat berhadapan dengan teman yang toxic. Mereka justru akan senang jika kamu terpancing dan merasakan emosi akibat kondisi tersebut.

5. Minta Bantuan Orang Lain

Mungkin kamu sering merasa tidak enakan saat teman toxicmu mengajakku pergi atau sekedar nongkrong bersama. Jika hal itu terjadi, kamu bisa kok minta bantuan keluarga atau orang terdekat yang kamu percayai agar kamu tidak harus pergi dengannya.

6. Hilangkan Rasa Kasihan

Biasakan untuk menghilangkan rasa kasihan terhapat teman yang toxic. Mereka justru memiliki kemampuan untuk memanfaatkan keadaan ini.

7. Belajar Tegas

Ini adalah point penting yang kamu lakukan. Belajarlah tegas untuk menolak ajakan-ajakan, obrolan, atau opini-opini yang muncul dari teman toxic ini.

Itu adalah hal yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mengubah circle pertemananmu agar terbebas dari teman toxic. Katakan selamat berpisah dengan teman toxic, dan mulailah berinteraksi dengan orang-orang yang dapat membuatmu lebih berharga.

Penulis & Editor: Jehan Erwita

Gambar: Berbagai Sumber