Bioskop Online Berkolaborasi Dengan Festival Film Indonesia 2023 Umumkan Daftar Nominasi

229

Bioskop Online, platform streaming film-film Indonesia mengumumkan kembali kolaborasinya dengan Festival Film Indonesia (FFI) dalam mendukung industri perfilman Indonesia. Ini adalah tahun kedua Bioskop Online berpartisipasi aktif dalam mendukung penyelenggaraan FFI, yang menjadi ajang penghargaan bergengsi dalam industri film Indonesia.

Kali ini, Bioskop Online berperan mendukung FFI dengan menjadi platform penjurian untuk penentuan daftar nominasi. Daftar nominasi tersebut dipilih dan dinilai oleh para juri nominasi yang berasal dari anggota Akademi Citra. Akademi Citra sendiri adalah para insan perfilman yang pernah memenangkan Piala Citra.

“Kembali terlibat dalam perhelatan FFI 2023 tentunya menjadi hal yang membuat kami antusias. Harapannya keterlibatan Bioskop Online tahun ini bisa membantu kemajuan perfilman Indonesia.

Di mana penyelenggaraan ajang apresiasi ini sejalan dengan Bioskop Online yang juga berusaha untuk mengapresiasi sineas lokal, dengan menayangkan film-film lokal, yang pastinya akan semakin mewarnai karya film di Indonesia. 

Semoga kerja sama ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Selamat berfestival seluruh insan perfilman Indonesia,” ungkap Ajeng Parameswari selaku President of Bioskop Online (Visinema Group).

Pengumuman Daftar Nominasi

Pengumuman resmi daftar nominasi FFI 2023 telah disampaikan pada 14 Oktober pukul 16.30 waktu setempat. Inilah saat yang ditunggu-tunggu ketika kita akan mengetahui film-film mana yang telah mendapatkan pengakuan dan kesempatan bersaing untuk memenangkan penghargaan prestisius dalam perfilman Indonesia. 

Dalam FFI 2023, terdapat total 21 kategori pemenang nominasi yang akan memperebutkan Piala Citra 2023. Setiap kategori ini memiliki 4-7 nominee yang telah dipilih oleh juri dengan kriteria ketat.

Beberapa film dengan jumlah nominasi diraih adalah film Budi Pekerti meraih 17 nominasi, Like & Share meraih 11 nominasi, serta total 15 nominasi yang diraih oleh Visinema, antara lain melalui film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang sebanyak 4 nominasi, film Onde Mande sebanyak 2 nominasi, dan film 24 Jam Bersama Gaspar sebanyak 9 nominasi. Beberapa film lain juga meraih nominasi pada Festival Film Indonesia 2023.

“Tahun ini antusiasnya luar biasa, hal ini bisa kita lihat dari film-film yang telah didaftarkan lebih bervariasi, dari berbagai macam daerah dengan cerita dan karakter yang unik. Beberapa bahkan sejalan dengan tema FFI yang kita pilih tahun ini. Tema tersebut yaitu PIALA CITRA. CITRA yang bermakna bayangan atau imaji terinspirasi dari sajak karya Usmar Ismail. 

Harapannya nanti yang terpilih sebagai pemenang nominasi adalah karya-karya yang benar-benar layak mendapatkan penghargaan,” ungkap Reza Rahadian selaku Ketua Umum FFI 2023. 

Film-film yang telah melalui tahap submission tersebut, akan dinilai dari beragam aspek perfilman, mulai dari akting, penyutradaraan, penulisan naskah, hingga aspek teknis produksi film.

Bincang-bincang Bersama Komite FFI 2023

Sebagai bagian dari kerja sama ini, sebelum pengumuman daftar nominasi, pada pagi harinya 14 Oktober pukul 13.00 WIB, Bioskop Online mengadakan diskusi melalui siaran langsung di platform Instagram. 

Acara ini menghadirkan Ivan Makhsara, yang merupakan Head Of Content Bioskop Online, dan Garin Nugroho sebagai Ketua Bidang Penjurian, yang akan mewakili Komite FFI 2023. 

Dalam siaran ini, keduanya akan membahas suatu topik, yaitu Potensi Citra dan Cerita Indonesia di Perfilman Dunia. Diskusi ini akan mencakup banyak aspek penting, termasuk peran sineas Indonesia dalam menyebarkan budaya dan cerita Indonesia ke mata dunia melalui medium film. 

Ini juga menjadi kesempatan untuk berbicara tentang inovasi dan perkembangan terbaru dalam perfilman Indonesia, serta bagaimana FFI dan banyak pihak lain berperan dalam mendorong kemajuan ini. 

Dukungan Bioskop Online untuk Perfilman Indonesia

Bioskop Online merasa sangat antusias dengan kerjasama ini, karena secara keseluruhan penyelenggaraan FFI sejalan dengan semangat Bioskop Online sebagai Rumah Sinema Indonesia. Dengan semangat ini, Bioskop Online telah lama berkomitmen untuk mendukung sineas lokal Indonesia dalam mendistribusikan karya-karya mereka. 

Bioskop Online sangat mempercayai bahwa setiap sineas memiliki hak yang sama untuk menayangkan karya-karya berkualitas kepada penonton yang luas. Selain itu, Bioskop Online juga mendukung para filmmakers hyperlocal yang telah menghasilkan karya-karya berkualitas yang berfokus pada cerita atau latar daerah tertentu di Indonesia.

Beberapa dari karya-karya tersebut juga berhasil masuk dalam nominasi FFI 2023, menunjukkan betapa pentingnya keragaman dalam industri film Indonesia. Sebagian besar dari karya-karya ini juga bisa ditemukan di Bioskop Online, yang terus menayangkan program-program seperti Jelajah Sinema Indonesia.

Kerja sama antara Bioskop Online dan FFI dalam mendukung perfilman Indonesia adalah langkah positif untuk terus memajukan industri perfilman di Indonesia dan memberikan penghargaan kepada para sineas berbakat yang telah berdedikasi dalam berkarya.

Kami mengundang semua pihak, termasuk pencinta film Indonesia. Bersama-sama, mari kita dukung dan merayakan prestasi sineas Indonesia yang telah memberikan kontribusi besar dalam dunia perfilman.

SEKILAS TENTANG BIOSKOP ONLINE

Bioskop Online merupakan Rumah Sinema Indonesia yang menyediakan layanan TVOD (Transaction Video On Demand) yang menawarkan kurasi film dari berbagai produser film lokal dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp5.000,- dan masa sewa selama 48 jam. Konten-konten di Bioskop Online terdiri dari antara lain film panjang, konten original dengan durasi mid-feature, dan special show.

Baca Juga:  Yovie Widianto Membuat Studio Musik “GS03” : “Banyak Lagu Hits Tercipta Di Sini dan Terbuka Untuk Para Musisi”