7 Pesawat Jet Tempur Paling Mahal di Dunia, Capai Rp1,9 Triliun!

244

Dari sekian banyaknya pesawat jet tempur yang diproduksi di seluruh dunia, tahukah anda jika beberapa di antaranya ada yang berkisar paling mahal loh, yakni mencapai hingga 1,9 triliun. Hal ini sebanding dengan kualitasnya yang luar biasa, baik dari segi teknologi, desain maupun yang lainnya. 

Pesawat Jet tempur adalah salah satu akomodasi negara dalam menjaga wilayah udara sekaligus mengamankan posisi mereka sebagai kekuatan militer terkemuka di dunia. Tak heran, jika beberapa negara turut berlomba-lomba dalam memproduksi jet tempur yang canggih dengan harga yang fantastis. 

Nah, lantas apa sajakah jet tempur paling mahal di dunia tersebut? Dalam artikel ini, kami akan membahasnya untuk anda. Simak ulasannya! 

1. Lockheed Martin F-35

Dari semua jenis pesawat jet tempur yang ada, Lockheed Martin F-35 mungkin adalah yang paling mahal. Sebab, bagian dari keluarga pesawat F-35 ini terkenal akan teknologinya yang canggih dan kemampuan serbagunanya yang luar biasa. Bahkan, sang pilot jet tempur ini juga dilengkapi dengan helm augmented reality khusus, sehingga tak heran bila memiliki harga yang mahal yakni sekitar USD177 juta per unit, atau sekitar Rp2,77 triliun. 

Lockheed Martin F-35 sendiri juga terdiri dari tiga tipe atau varian, yakni A, B, dan C.  Banyak negara yang telah menggunakannya guna untuk kebutuhan militer maupun yang lainnya. 

2. Lockheed Martin F-22 Raptor

Adalah pesawat jet tempur Amerika Serikat yang digadang-gadang sangat kuat dengan kemampuan supercruise dan stealth luar biasa. Pesawat ini dikenal sebagai salah satu jet tempur terbaik di kelasnya. Untuk harganya, Lockheed Martin F-22 Raptor dibanderol senilai USD143 juta, atau sekitar Rp2,24 triliun.

3. Eurofighter Typhoon

Adalah pesawat tempur multinasional yang digunakan oleh beberapa negara Eropa. Pesawat ini menggabungkan teknologi dan kemampuan tempur yang luar biasa. Beberapa negara yang menjadikan Typhoon sebagai ujung tombak angkatan udaranya adalah Inggris, Italia, Jerman, Qatar, dan Arab Saudi. Adapun harganya sendiri bisa mencapai USD124 juta, atau sekitar Rp1,94 triliun. 

4. Dassault Rafale 

Produksi Perancis yang sangat diminati oleh sejumlah negara, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo memastikan akan membeli jet tempur Rafale untuk memperkuat alutista nasional. Selain Indonesia ada beberapa negara yang telah melakukan pemesanan terhadap jet tempur jenis yang satu ini seperti Uni Emirat Arab dan India. 

Dassault Rafale adalah pesawat tempur Prancis yang memiliki kemampuan multi-role yang hebat. Pesawat ini menjadi salah satu pesawat tempur terbaik di dunia. Dassault Rafale sendiri dibanderol senilai USD115 juta, atau sekitar Rp1,80 triliun.

5. Chengdu J-20

China terkenal memiliki pesawat tempur berat dan kuat. Salah satunya ialah generasi ke-5, J-20 Mighty Dragon yang dirancang untuk menyaingi F-22 dan Su-57.  Menariknya, Chengdu J-20 tidak untuk dijual. China tidak pernah bermaksud untuk mengekspor senjata andalannya.

Pembuatan pesawat ini sekaligus menjadi pertanda kemajuan signifikan dalam industri pertahanan China. Harga dari Chengdu J-20 berkisar di angka USD110 juta, atau sekitar Rp1,72 triliun. 

6. Saab JAS 39E/F Gripen

Pesawat jet tempur lainnya yang memiliki harga nilai fantastis ialah Saab JAS 39E/F Gripen. Ini adalah buatan Swedia yang memiliki performa tinggi mulai dari mesin, sistem persenjataan yang rumit dan radar yang canggih. Untuk harganya, pesawat tempur ini dibanderol sekitar USD85 juta, atau sekitar Rp1,33 triliun.

7. Shenyang FC-31

Ada lagi satu pesawat jet tempur buatan China yang menunjukkan komitmen China untuk mengembangkan teknologi militer yang canggih, yaitu Shenyang FC-31.  Harga untuk pesawat ini mencapai USD70 juta, atau sekitar Rp1,09 triliun. Shenyang FC-31 dimaksudkan untuk berbagai misi, termasuk superioritas udara, serangan darat, dan pengintaian. FC-31 menggabungkan teknologi siluman, avionik canggih, dan fitur lain yang umumnya terkait dengan jet generasi kelima.

 

Baca Juga:  Jaga Silaturahmi, Henna Artist Medan Sumut Gelar Gathering

Itulah tujuh pesawat jet tempur yang paling mahal di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353