Bersepeda Makin di Gemari Saat Pandemi, Ini Cara Agar Tetap Aman Ketika Berolahraga di Luar Ruangan

84

Kovermagz.com – Medan. Di keadaan pandemi covid-19 yang belum juga berakhir, berolahraga menjadi salah satu aktifitas yang tidak boleh dilewatkan. Olahraga yang akhir-akhir ini seperti menjadi trend baru di kalangan masyarakat Indonesia khususnya kota Medan adalah bersepeda.

Berbagai aktifitas fisik seperti rajin berolahraga memang menjadi salah satu anjuran yang harus dilakukan agar tepat fit dan bugar di masa pandemi. Di antara berbagai kegiatan olahraga, bersepeda adalah salah satu olahraga dengan tingkat resiko terpapar virus lebih rendah di banding olahraga lain.

Tapi bagaimana cara agar tetap aman ketika melakukan olahraga bersepeda diluar ruangan?  Cara yang terbaik adalah kendarai sepeda dengan kondisi tempat/jalanan yang tidak terlalu ramai. Anda juga harus bersepeda tanpa membonceng siapapun ketika mengendarainya. Untuk kapasitas waktu bersepeda, 30-60 menit dalam waktu sedang hingga cepat dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi virus. Namun jika kita sedang kurang fit sebaiknya hindari aktivitas bersepeda di luar ruangan.

Baca Juga:  Thank You Prof. Sarah Gilbert, pahlawan wanita di balik vaksin Astra Zeneca!

Penggunaan masker juga harus di gunakan ketika bersepeda. Gunakan masker atau pelindung wajah seperti faceshield dan jaga jarak aman setidaknya 1,5 meter dengan orang sekitar di nilai dapat mengurangi resiko penularan. Untuk masker, cari yang berbahan dasar kain agar tetap nyaman saat di gunakan. Hindari penggunaan masker yang terlalu kencang dan dapat membuat sesak pernafasan ketika berolahraga.

Sebaiknya  juga gunakan outfit berlengan panjang, sarung tangan, penutup kepala, handsanitizer, serta handuk kecil untuk persiapan anda bersepeda.

Penulis: Jehan Erwita

Dok: Berbagai sumber