BALADA LAPTOP MERAH PUTIH “GAWEAN” PEMERINTAH INDONESIA

114

SPESIFIKASI LAPTOP MERAH PUTIH 

Mendengar “Program Merah Putih,” sontak rakyat Indonesia pun geger mendengarkan berita yang mencengangkan ini. Inisiasi yang digarap oleh pemerintah ini pun langsung menuai reaksi-reaksi dari warganet. Angka 2,4 Triliun yang digelontorkan pemerintah dalam menggarap program mulia nan suci ini jelas menjadi hal pertama yang disorot oleh orang-orang. 

Kali ini, bukan karena tren ‘mencari keuntungan’ yang biasanya menjadi sorotan publik, tetapi karena spesifikasi Laptop Merah Putih yang baru saja bocor di internet. Orang-orang menuding bahwa dengan angka 2,4 Triliun atau sekitar 10 juta rupiah per unit, spesifikasi yang ada di dalam laptop jinjing tersebut terasa sangat tidak layak jika dibanderol dengan harga dua digit seperti itu. Mungkin mereka perlu survey atau penelitian sekali lagi yah, bismillah Komisaris.

Laptop Merah Putih sendiri memiliki spesifikasi memori bawaan 4 GB DDR4, ukuran layar monitor LED-nya 11 inci, Frekuensi > 1,1 GHz, Cache 1 M, dengan processor dengan Core 2 seperti Celeron N4000, RAM 4GB DDR4, HDD 32GB (Tiga Puluh Dua Gigabyte!!!), dan lalu terakhir menggunakan OS Chrome. Melihat spesifikasi dari Laptop Merah Putih ini, tiba-tiba warganet dan publik pun langsung merasa gerah. Kok jadi marah-marah begini? Coba sedikit kita tengahin yah.

Pertama, banyak warganet yang menuding dengan spesifikasi laptop yang dibocorkan diatas, ternyata sesuai dengan spesifikasi sebuah Chromebook. Jika selama ini masyarakat umum  hanya mengenal laptop dengan sistem operasi Windows dan MacBook, sekarang ada sistem operasi yang ketiga, yakni Chromebook. Sesuai namanya, laptop Windows dibekali dengan sistem operasi Windows buatan Microsoft. Sedangkan sistem operasi pada MacBook adalah MacOS yang dibuat oleh Apple. Sementara itu, Chromebook menggunakan sistem operasi Chrome OS buatan Google. Alhasil, performa mesinnya pun didesain agar bisa bekerja secara maksimal dengan aplikasi Google. Jadi, apabila selama ini Anda sudah sering menggunakan produk Google seperti Google Chrome, Gmail, Google Drive, dan Calendar, maka Chromebook merupakan pilihan tepat bagi Anda. 

Pada umumnya, kebanyakan laptop menggunakan aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Power Point untuk mendukung aktivitas kerja penggunanya. Bahkan pengguna MacBook pun biasanya akan memasang software tersebut pada perangkat mereka. Chromebook memang tidak menyediakan akses aplikasi software Microsoft Office. Namun, sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan Google Docs, Slides, dan Sheets yang sebenarnya sih tidak kalah powerful dengan MacOS dan Windows. Tambahan lagi, dengan edisi Chromebook terbaru, pengguna juga bisa mengakses berbagai aplikasi Android, termasuk aplikasi-aplikasi populer seperti Adobe dan game berbasis cloud.

Baca Juga:  Ada apa dengan Bendera PBSI yang seharusnya Bendera Merah Putih yang berada di sana ?