Antusias Akan Pariwisata Malaysia 2023, Tourism Malaysia Adakan Roadshow Ke Indonesia

95

MEDAN – Tourism Malaysia dan Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia memulai kunjungan kerja di Indonesia dalam rangka mempromosikan pariwisata Malaysia dari 15 hingga 17 November 2022. Berlokasi di JW Marriott Hotel Medan, acara ini juga menandai antusias dan ritme kerjasama yang akan lebih erat lagi antara Tourism Malaysia dan pelaku-pelaku bisnis terkait, seperti tour agency, perhotelan, rumah sakit, maskapai penerbangan  dan sebagainya.

Sales mission ini difokuskan pada dua kota besar di Indonesia yaitu Jakarta dan Medan. Kedua kota ini dipilih karena memiliki akses penerbangan langsung yang baik antara kedua negara. Pada program sales mission di Jakarta telah diluncurkan promosi wisata Malaysia melalui salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, blibli.com, sedangkan program utama di Medan adalah peluncuran kerjasama promosi Malaysia dengan maskapai penerbangan Malaysia Airlines.

 

Sales mission ini dipimpin oleh Bapak Mohd Yusri Mohd Yusoff, selaku Deputy Secretary General (Kebudayaan) Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia, didampingi Bapak Iskandar Mirza Mohd Yusof, Wakil Direktur Jenderal (Perencanaan) Tourism Malaysia. 

Dalam pidato pembuka Konjen Malaysia YM Aiyub Bin Omar menyambut hangat seluruh undangan dan partisipan acara tersebut, antara lain dari Indonesia adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Zumri Sulthony, S.Sos, M.Si, ASITA, ASTINDO, ASPPI dan AMPHURI. juga seluruh media kota Medan terpilih. Partisipan dari Malaysia antara lain 16 agen perjalanan, 2 operator taman hiburan di Malaysia, 12 perwakilan hotel, Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) dan Malaysia Airlines 

Beliau juga mengucapkan selamat kepada bahwa Danau Toba sebagai 1 dari 5 Destinasi Super Prioritas dan terpilihnya Danau Toba sebagai UNESCO Global Geopark di tahun 2020. “Saya yakin acara ini juga telah ditunggu-tunggu oleh travel-travel agency Indonesia yang menunggu informasi-informasi penting tentang paket-paket promo yang berkualitas dan hemat”, kata Bapak Aiyub.

Sejak pembukaan pintu masuk ke Malaysia pada 1 April 2022, sampai dengan bulan Juli tahun ini, Malaysia telah menerima seramai 435,156 kunjungan wisatawan Indonesia. Tahun ini, Malaysia mensasarkan sebanyak 9,2 juta wisatawan internasional datang ke Malaysia dengan estimasi pendapatan negara sebesar RM26,8 miliar.

Menyambut ucapan Konjen Malaysia, Kepala Disbudpar Sumatera Utara Zumri Sulthony, S.Sos, M.Si, menambahkan bahwa Kota Medan sendiri juga sedang berbenah untuk potensi medical tourism dengan RS Columbia Asia sebagai peonirnya. Beliau berharap pariwisata kedua negara bisa sama-sama maju setelah melalui pandemi Covid.

Sales mission ini juga berfokus untuk menjadikan Malaysia sebagai destinasi utama untuk berlibur, perhelatan Meeting incentives Conference Exhibition (MICE) dan belanja untuk wisatawan Indonesia. Malaysia juga menawarkan berbagai produk-produk wisata baru kepada wisatawan Indonesia, seperti Genting Skyworld dan Skytropolis di Genting Highlands serta Menara Merdeka 118 di Kuala Lumpur, yang merupakan bangunan tertinggi kedua di dunia. (Dro/Rel).

Pada Press Conference, Bapak Mohd Yusri Mohd Yusoff, selaku Deputy Secretary General (Kebudayaan) Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia menginfokan bahwa per November 2022 ada 358 penerbangan langsung masuk dari Indonesia setiap minggunya, yakni ke Kuala Lumpur, Penang, Johor Baru, Melaka, Subang menggunakan Malaysia Airlines, Batik Air, Malindo air, Lion Air, Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dan Citilink. Selain bekerja sama dengan platform Blibli.comi dan Traveloka, Malaysia Tourism juga mengincar kerjasama dengan maskapai-maskapai penerbangan seperti Malaysia Airlines.

Untuk memperlancar pertemuan sellers dan buyers dalam memajukan program-program promo wisata Malaysia, TW Harsono Pane selaku Manager Marketing di Malaysia Tourism Medan mangatakan tahun depan akan ada program-program pendukung seperti Travel Fair yang akan diselenggarakan di shopping mall besar di kota Medan. Tidak sabar lagi kan?

Baca Juga:  Yuk, Menginap di 3 Hotel Kapsul Unik Medan Ini