5 Fakta Unik G20 Indonesia 2022

130
5 Fakta Unik G20 Indonesia 2022
5 Fakta Unik G20 Indonesia 2022

Saat ini mata dunia sedang tertuju pada Konferensi G20 yang berlangsung di Indonesia, tepatnya Bali. Bagi Anda yang belum paham dengan G20 ini merupakan merupakan organisasi keuangan terbesar dunia terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). Anggota dari  G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa. Banyaknya sorotan akan pagelaran ini karena sederet hal unik. Kali ini, KoverMagz akan merangkum 5 fakta unik G20 Indonesia 2022. Ada apa saja, simak selengkapnya di bawah ini!

Tema G20 Indonesia 2022

G20 Indonesia 2022 mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Melalui tema tersebut, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk saling bahu membahu, saling mendukung untuk pulih bersama, serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Menurut Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, pemulihan yang dimaksud dalam tema ini bukanlah sembarang pemulihan. Namun, yang dimaksud adalah pemulihan yang inklusif bagi seluruh negara yang ada di dunia, termasuk negara berkembang. Pasalnya, pemulihan pasca pandemi seharusnya tidak hanya terjadi di beberapa negara tertentu saja. Beliau mengatakan bahwa dengan saling membantu untuk satu sama lain untuk mencapai pemulihan, kita semua akan mampu menjadi lebih kuat.

Logo G20 Indonesia 

Logo yang terterea pada G20 Indonesia 2022 bukan hanya sekadar logo lho, Sobat kover! Di balik logo pertemuan bergengsi ini, ada makna tersirat yang wajib Sobat Pesona ketahui. Siluet gunungan yang ada di logo G20 Indonesia 2022 memiliki makna perpindahan babak menuju pemulihan ekonomi dunia yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Motif kawung yang terdapat pada gunungan bermakna semangat menjadi lebih baik dan berguna bagi sesama.

Warna merah dari gunungannya sendiri merupakan simbol dari bagian bendera kita. Sementara, warna biru pada tulisan G20 Indonesia 2022 melambangkan jati diri Indonesia sebagai negara maritim. Yang terakhir, di tengah gunungan juga terdapat salur tanaman yang merepresentasikan semangat pemulihan hijau, inklusif, serta berkelanjutan.

Mobil kepresidenan yang unik

Banyak negara peserta G20 mengirimkan mobil kepresidenan yang unik agar kepala negara dapat menggunakannya. Mulai dari Amerika Serikat yang mobil kepresidenannya bernama The Beast. The Beast ini memiliki berat sekitar 9 ton. Seberat itu karena memiliki berbagai perlindungan misalnya kaca 5 inci, pelat antibom di bagian lantai dan perlengkapan khusus seperti pasokan oksigen, telepon satelit serta kode nuklir.

Lalu ada juga China yang membawa mobil antipeluru sendiri Hongqi N701. Prancis menggunakan sedan atau limosin, SUV antipeluru Mercedes-Benz G-Guard buat perlindungan pemimpin negaranya selama di Bali. Kemudian, ada Turki dan Uni Emirat Arab membawa mobil berkemampuan tahan serangan tembakan bidik, granat tangan dan senjata otomatis. Sedangkan pada ban terancang secara khusus dapat di gunakan walau sudah tak ada tekanan udara.

Para Pemimpin Dunia Berbatik

Momen menarik terjadi saat Welcoming Dinner and Cultural Performance G20 Indonesia. Para pemimpin negara dan lembaga dunia kompak mengenakan baju batik khas Indonesia. Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau, misalnya. Dia terlihat mengenakan baju batik berwarna fuchsia.

Bamboo Dome, Tempat Makan Siang Para Tamu KTT G20

Bamboo Dome berlokasi di tepi pantai dan dapat anda lihat dari anjungan lobi hotel Apurva, yang merupakan venue utama tempat berlangsungnya KTT G20

Dalam ruang makan seluas 32 meter tersebut tersedia 43 kursi dengan tata letak satu meja besar melingkar sehingga para pemimpin dan delegasi dapat menikmati suguhan makanan khas Indonesia secara bersama-sama.

Bambu sendiri menyimpan filosofi yang sangat dalam, yakni mudah untuk membentuk lengkungan karena sifatnya yang lentur, elastis, dan gampang beradaptasi. Selain itu, bangunan bambu juga terkenal paling kuat terhadap guncangan gempa sehingga cocok anda gunakan di Indonesia.

Menariknya, semua pekerja konstruksi untuk membangu Bamboo Dome ini berasal dari Indonesia, terkhusus untuk masyarakat Bali sendiri. Mereka gotong royong membangun Bamboo Dome mulai dari rancangan hingga selesai.

Demikianlah artikel tentang 5 Fakta Unik G20 Indonesia 2022. Semoga artikel ini bermanfaat yah.

Baca Juga:  Keren! UMKM Gitar dari Indonesia Tembus Pasar Internasional