7 Aplikasi Yang Paling Boros Kuota, Pengguna Wajib Tahu!

60
Aplikasi yang paling boros
Ini aplikasi yang paling boros

Bermain aplikasi memanglah menyenangkan. Selain dapat mengetahui berbagai informasi terupdate, juga dapat membuat kita terhibur taatkala mendengar musik, menemukan video-video yang lucu, menggemaskan dan sebagainya.

Namun, alih-alih demikian. Siapa sangka, jika dibalik itu semua, aplikasi yang anda mainkan justru dapat membuat paket internet cepat habis loh. Sehingga, ketika sedang asyik-asyiknya berselancar internet, tiba-tiba ada pesan masuk datang yang mengatakan bahwa paket kuota internet anda sudah habis.

Jika sudah begini, maka perasaan kesal dan jengkel tentulah akan datang menghampiri. Nah, untuk itulah, ada baiknya anda mengetahui aplikasi yang paling boros kuota. Yuk cari tahu pada artikel berikut ini.

7 Aplikasi Yang Paling Boros Kuota, Pengguna Wajib Tahu!
7 Aplikasi Yang Paling Boros Kuota, Pengguna Wajib Tahu!

1. Tiktok

Pada urutan pertama, Tiktok adalah aplikasi yang termasuk ke dalam daftar aplikasi paling boros kuota. Baik itu anda menggunakannya lewat handphone maupun laptop atau PC. Bahkan, menurut laporan yang kami kutip dari beberapa sumber mengatakan bahwa, setiap pengguna yang membuka aplikasi berbagi video pendek ini bisa menyedot hingga 840 MB dalam sejam. Itu berarti, kuota internet yang digunakan dianggap tidak akan terasa hingga sangat boros jika sering membuka aplikasi buatan Tiongkok tersebut. Tak ayal, banyak pihak menyebut TikTok adalah aplikasi yang paling banyak menyedot kuota internet.

2. Instagram

Siapa dari antara sobat kover yang masih menggunakan Instagram? Tentu semuanya masih menggunakan aplikasi yang satu ini kan? Bagaimana tidak? Sebelum tiktok hadir, aplikasi Instagram sudah lebih dulu di gandrungi oleh berbagai kalangan. Bahkan sekaligus menjadi aplikasi yang menempati urutan pertama yang paling boros menyedot kuota internet.

Hal ini sebagaimana yang para peneliti katakan. Menurut penelitian, aplikasi yang pertama kali diluncurkan pada Oktober 2010 tersebut menyedot kuota sebanyak 720 MB per jam loh. Tak heran, bila banyak pengguna yang sering mengeluh tentang jumlah kuota internet mereka yang cepat habis. Nah, untuk itu pastikan anda tidak terlalu sering menggunakannya ya sobat kover.  Semakin sering anda menggunakannya, baik itu untuk sekedar scrolling foto, update snapgram, hingga mengunggah konten di Instagram, maka semakin cepat pula kuota internet anda habis.

3. Youtube

YouTube menjadi aplikasi berbagi video pendek dan panjang yang menempati posisi ketiga dalam pemakaian kuota internet. Bagaimana tidak? Aplikasi buatan Jawed Karim, Chad Hurley, dan Steve Chan ini mampu menghabiskan kuota internet sebanyak 300 MB dalam sejam. Bahkan, banyak orang yang mengatakan bahwa para pengguna bisa kehilangan lebih dari 300 MB per jam jika membuka video di YouTube dengan resolusi tinggi. Untuk itu, tak usah heran bila Aplikasi berbagi video yang satu ini masuk dalam aplikasi yang paling boros kuota internet.

Baca Juga:  5 Aplikasi Jualan Pulsa Online Termurah dan Terbaik di Android

4. Facebook

Aplikasi yang paling boros kuota berikutnya ada Facebook. Mengutip dari beberapa sumber, dikatakan bahwa untuk pemakain browsing selama satu jam, aplikasi besutan meta tersebut dapat menyedot kuota hingga 80 MB. Namun jika untuk menonton video per jamnya akan memakan 160 MB kuota internet. Itu artinya, aplikasi facebook juga termasuk salah satu aplikasi yang paling boros seperti aplikasi lainnya. Apalagi, jika anda membuka media seperti foto dan video. Facebook bisa menyetel video secara otomatis (autoplay) dan membuat paket data terkuras habis.

5. Netflix

Bagi sobat kover yang suka nonton film di netfilx, musti waspada yah. Karena aplikasi ini mampu menyedot banyak kuota internet loh. Saat anda menggunakannya untuk menonton pada kualitas rendah saja, aplikasi ini dapat menyedot kuota hingga 250 MB per jam. Apalagi jika dalam kualitas tinggi atau HD, pastinya akan membuat kuota anda boros.

7 Aplikasi Yang Paling Boros Kuota, Pengguna Wajib Tahu!
7 Aplikasi Yang Paling Boros Kuota, Pengguna Wajib Tahu!

6. Twitter

Meskipun banyak orang beranggapan bahwa twitter hanyalah aplikasi medsos berbasis teks, namun nyatanya aplikasi milik elon musk ini juga cepat memakan kuota loh. Apalagi, jika anda sembari menggunggah foto dan video ke Twitter, tentulah akan membuat internet terkuras. Selain itu, banyak fitur yang ditawarkan di apliikasi Twitter ini, salah satunya fitur autoplay seperti halnya facebook dan instagram.

Ada lagi,  fitur live streming yang juga banyak menyedot kuota internet. Oleh karena itu, apabila sehari-harinya anda menghabiskan banyak waktu di Twitter, lebih baik mematikan autoplay video yang ada di pengaturannya agar internet anda tidak cepat boros.

7. Snapchat

Sobat kover, tahukah anda jika aplikasi snapchat juga termasuk aplikasi yang paling boros kuota loh. Meskipun snapchat terkenal akan aplikasi kameranya yang kaya akan berbagai efek atau filter lucu dan menarik. Siapa sangka jika inilah yang dapat membuat kuota internet anda cepat boros.

Di tambah lagi, bila anda sampai mengunggah vidio dengan durasi pendek. Pastilah akan membuat kuota internet anda menjadi sangat boros. Untuk itu, anda harus paham hal ini yah.

 

Inilah 7 aplikasi yang paling boros kuota internet. Dari antara ketujuh ini, mana yang paling sering anda gunakan? Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menikmati akhir pekan.