6 Vitamin Terbaik Untuk Para Lansia

247

Memasuki usia 50 tahun ke atas atau lansia, maka sudah sebaiknya menjaga kesehatan secara lebih ketat. Salah satu caranya ialah dengan mengonsumsi vitamin. Mengonsumsi vitamin juga tak boleh sembarangan. Setidaknya ada enam vitamin terbaik yang dapat di konsumsi oleh para lansia. 

Dengan begitu, kondisi tubuh akan tetap terjaga dan prima. Ingat, penuaan sebanding dengan penurunan fungsi organ tubuh, sehingga penting untuk mengonsumsi vitamin lansia terbaik. 

Lantas, apa saja vitamin lansia terbaik tersebut? Kali ini, tim kovermagz telah merangkumnya untuk anda. Simak penjelasan lengkapnya di sini! 

Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu vitamin lansia terbaik yang dapat dikonsumsi oleh lansia yang dapat mencegah gangguan penglihatan. Tujuan mengonsumsi vitamin A yaitu untuk menjaga mata tetap sehat. 

Dibutuhkan setidaknya 900 mikrogram untuk lansia pria dan 700 mikrogram untuk lansia wanita agar dapat meningkatkan kesehatan tubuh lansia. Namun khusus untuk penderita osteoporosis agar tidak mengkonsumsi vitamin A lebih dari 1,5 mg. 

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks juga bisa diandalkan untuk lansia. Melansir dari National Health Service, ada beberapa manfaat dari vitamin B ini. Vitamin B1 atau Thiamin berfungsi mengolah makanan menjadi energi. Vitamin B2 berfungsi sebagai pengolah makanan jadi energi dan menjaga kesehatan mata, dan kulit. 

Vitamin B5 memiliki fungsi untuk memecah protein, karbohidrat dan kebutuhan nutrisi lainnya menjadi stamina. Sedangkan vitamin B6 atau Pyridoxine dapat mengolah protein dan karbohidrat untuk menghasilkan sel darah merah. Vitamin B6 sangat penting untuk membantu mencegah penurunan fungsi otak pada lansia. 

Vitamin B7 mampu mengolah lemak dan karbohidrat menjadi energi bagi tubuh untuk menghasilkan stamina. Terakhir, vitamin B12 dapat memicu produksi sel darah merah. Vitamin B12 juga berperan penting guna meningkatkan kesehatan saraf dan sel darah serta membantu tubuh membuat materi genetik, yaitu DNA. Lansia yang kekurangan vitamin B12 biasanya berisiko mengalami anemia serta gangguan sistem saraf, seperti hilang ingatan. 

Oleh karena itu, lansia perlu memerhatikan asupan yang kaya akan vitamin B12 untuk bisa mendapat manfaat tersebut, seperti daging merah (sapi), ikan dan makanan laut lainnya, daging unggas, telur, susu dan produk susu (keju, yogurt), serta sereal.

Vitamin C

Vitamin lansia terbaik selanjutnya adalah vitamin C. Banyak makanan yang mengandung vitamin ini, terutama buah-buahan dan beberapa sayuran hijau. Bagi lansia, wajib memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 75 hingga 90 miligram per hari. Jadi penting untuk mengonsumsi jeruk, stroberi, apel, brokoli, labu dan sebagainya. Jenis vitamin ini bersifat antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, serta membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan infeksi. Vitamin ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama bagi lansia.

Vitamin D 

Vitamin terbaik lansia selanjutnya adalah vitamin D. Vitamin ini dapat meningkatkan kesehatan pada tulang. Selain itu, vtamin D juga mampu membantu mempertahankan massa tulang, sehingga bisa terhindar dari risiko masalah tulang tersebut. Oleh karena itulah, vitamin D wajib dikonsumsi setiap hari demi menjaga kesehatan tulang. Efektif untuk mencegah osteoporosis. 

Melansir dari WebMD, vitamin D dapat mengurangi kognitif, diabetes tipe 2, dan risiko kardiovaskular. Lansia harus memenuhi vitamin D sehari hanya 20 hingga 25 mikrogram.  Vitamin D banyak ditemukan pada susu, ikan salmon, ikan tuna, yogurt, ikan berlemak, telur, dan suplemen tentunya. Namun, lansia juga bisa mendapatkan sumber vitamin D dari paparan sinar matahari. 

Vitamin E

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin E. Vitamin ini berfungsi untuk menyehatkan kulit mata dan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin ini ada pada makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran hijau, makanan laut, dan minyak nabati. Lansia harus mengonsumsi setidaknya 3-4 mg vitamin E setiap harinya. 

Vitamin K

Nutrisi terakhir yang dibutuhkan untuk lansia adalah vitamin K. Vitamin ini dapat menjaga kesehatan jantung, tulang, dan mampu menyembuhan luka. Untuk mendapatkan vitamin ini, kamu dapat mengonsumsi makanan seperti kangkung, brokoli, bayam, dan sayuran hijau. Makanan-makanan tersebut dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan para lansia. 

Itulah beberapa daftar vitamin lansia terbaik untuk pria maupun wanita. Perlu diingat lansia harus tetap saja lakukan olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar.