5 Fakta Menarik Tentang Film Killers of The Flower Moon

418

Tayang pada 18 Oktober 2023, film Killers of The Flower Moon menjadi buah bibir di kalangan pecinta film. Pasalnya, terdapat fakta menarik yang dapat kita temukan pada film garapan Martin Scorsese tersebut. Mulai dari dibintangi aktor-aktor papan atas, alur cerita hingga yang lainnya. Apalagi, film ini bahkan sempat mendapat standing ovation atau tepuk tangan meriah pada saat Festival Film Cannes 2023 loh. 

Kala itu, para penonton tampak terpesona, hingga berdiri dan bertepuk tangan selama sembilan menit untuk mengapresiasi film yang berdurasi lebih dari tiga jam. 

Nah, agar tidak semakin penasaran, berikut ini kami akan kupas tuntas fakta menarik film Killers of The Flower Moon. Simak selengkapnya disini! 

1. Akan Menjadi Film Terbaik 2023

Film ini diprediksi akan menjadi salah satu film terbaik 2023. Hal ini dikarenakan eksistensi sang sutradara, Martin Scorsese yang berhasil meraih penghargaan di ajang Oscars, BAFTA Awards, dan BAFTA Awards. Ditambah lagi, jajaran aktor berbakat yang hadir, film yang diangkat dari kisah nyata ini akan terasa lengkap.

2. Kolaborasi Panjang Sutradara Martin Scorsese

Killers of the Flower Moon menjadi kolaborasi panjang di antara Martin Scorsese dan Robert De Niro. Jika film pendek The Audition (2015) dihitung, maka Killers of the Flower Moon menjadi film kesebelas di mana Scorsese bekerja sama dengan De Niro.

Sementara untuk Leonardo DiCaprio, film ini menjadi kali ketujuh dirinya disutradarai oleh Scorsese. Killers of the Flower Moon juga menjadi karya kolaborasi keempat De Niro dan DiCaprio. Menariknya, Lily Gladstone awalnya sempat tak percaya diri akan diterima main di film Killers of the Flower Moon.

Setelah mengirimkan rekaman audisi dan proses produksi terhenti karena pandemi Covid-19, Gladstone berniat alih profesi dengan mengambil kursus data analisis. Namun ia mendapatkan email untuk bertemu secara virtual dengan Martin Scorsese. Setelah pertemuan itu, Scorsese langsung memilih Gladstone untuk berperan sebagai Mollie Burkhart.

3. Sinopsis Killers of The Flower Moon

Film ini menceritakan perjalanan Ernest Burkhart (Leonardo DiCaprio) dan William Hale (Robert De Niro). Mereka berperan sebagai dua dalang yang ingin mendapatkan kekayaan dari tambang minyak suku Osage.

William dan Ernest melihat langsung bagaimana suku Indian yang dulu terbelakang menjadi kaya raya dan makmur. Mereka juga melihat langsung bagaimana suku Osage menghasilkan puluhan juta dolar dari tambang minyak dalam waktu singkat.

Keduanya, yang mendapat tugas dari Pemerintah Federal untuk membantu mengelola keuangan suku Osage awalnya hidup rukun dengan mereka. Bahkan diceritakan William menikah dengan Mollie Kile seorang janda kaya dari suku Osage.

Namun, setelah pernikahan itu terdapat serangkaian pembunuhan misterius yang menimpa suku Osage. Dimulai dari ditemukannya mayat seorang wanita kaya Osage di hutan pada 1921. Pembunuhan itu menjadi awal tragedi berdarah bagi suku Osange. Empat tahun kemudian, tepatnya pada 1925, sebanyak 60 orang kaya suku Osange telah terbunuh.

4. Hasilkan Latar Cerita yang Kelam

Kisah kelam suku Osage yang dibukukan oleh David Grann dan terbit pada 2017 merupakan kisah nyata. Buku berjudul Killers of the Flower Moon: The Osage Murders and the Birth of the FBI itu mengabadikan cerita FBI yang saat itu baru dibentuk, mengungkap sekenario dan dalang pembantaian tersebut.

Cerita dimulai saat pendudukan kulit putih di benua Amerika, suku Indian Osage kerap diusir dari tanah mereka. Selama beberapa generasi, pemerintah Amerika kerap memindahkan suku Osage ke berbagai tempat terpencil dan tandus.

Sampai pada 1870-an, suku Indian itu ditempatkan di hamparan gurun Oklahoma, yang dikenal tandus dan liar. Namun siapa sangka, rupanya tanah yang mereka duduki mengandung minyak bumi yang kaya.

Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu lahan yang menyimpan cadangan minyak terbesar se-Amerika. Singkat cerita, suku Indian Osage menjadi makmur dari bisnis tambang minyak. Namun, di sisi lain hal itu menjadi awal mula petaka bagi mereka.

5. Mengeluarkan Biaya Fantastis

Rumah produksi Imperative Entertaiment berhasil mendapatkan hak untuk mengadaptasi novel Killers of the Flower Moon seharga $5 juta dollar Amerika pada Maret 2016. Pada April 2017, diumumkan bahwa film ini akan disutradarai oleh Martin Scorsese dan Leonardo DiCaprio sebagai aktor utama.

Proses pembuatan film ini dilakukan di Oklahoma dan menjadi film dengan termahal yang pernah dibuat di tempat tersebut. Biaya produksi film yang berdurasi 206 menit atau sekitar tiga jam 20 menit ini mencapai $200 juta dollar Amerika.

Selain itu, Rodrigo Prieto yang tergabung di proyek film Barbie (2023), ditunjuk sebagai sinematografer film ini. Killers of the Flower Moon menjadi projek keempatnya bersama sang sutradara setelah The Wolf of Wall Street (2013), Silence (2016), dan The Irishman (2019). Layanan streaming AppleTV+ juga menjadi salah satu distributor film ini. Kabarnya, film ini akan tayang di AppleTV+ setelah didistribusikan secara luas di bioskop oleh Paramount Pictures pada 20 Oktober 2023.

Killers of the Flower Moon menjadi film ketiga Martin Scorsese yang bekerja sama dengan layanan streaming setelah Rolling Thunder Revue (2019) dan The Irishman (2019) yang bekerja sama dengan Netflix.

Baca Juga:  Kaleb J Resmi Merilis Single Terbaru Berjudul "Melepaskanmu"