5 Aplikasi Google Penyebab Baterai Smartphone Android Boros

44
Aplikasi Google Penyebab Baterai Smartphone Android Boros

Baterai smartphone yang cepat habis tentunya membuat seseorang merasa kesal. Apalagi saat-saat penting ingin menggunakan hp, tetapi baterainya malah cepat habis membuat jengkel.

Tahukah Anda bahwa kapasitas baterai sendiri sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada boros atau hematnya komponen tersebut. Ada beberapa faktor yang bisa membuat baterai smartphone Android menjadi boros.

Faktor yang memicu baterai ponsel pintar kamu cepat habis ada beragam. Mulai dari penggunaan aplikasi yang terlalu banyak hingga tingkat kecerahan layar yang berlebihan. Akibatnya, baterai HP yang cepat habis akan mengharuskan pengguna untuk segera mengganti baterai.

Sebelum ganti baterai baru, ada baiknya kamu mengetahui penyebab-penyebab mengapa baterai HP kamu cepat habis. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mencari solusi yang tepat. Untuk itu, berikut KoverMagz akan mengulas 5 Aplikasi google penyebab baterai ponsel boros. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Google Now

Aplikasi pertama yang sering menjadikan baterai smartphone Android menjadi boros adalah Google Now. Walaupun aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terbaik buatan Google, namun cara kerjanya yang terus menerus membuat baterai Android akan cepat habis. Aplikasi ini akan merekam berbagai macam aktivitas yang kamu lakukan dan mensinkronisasikannya setiap saat dengan akun kamu yang ada di perangkat lain. Oleh karena itu, aplikasi ini akan terus berjalan setiap waktu dan akan terus menggerogoti baterai Android kamu.

Google Currents

Aplikasi selanjutnya adalah Google Currents yang merupakan pengganti dari Google Reader. Sama seperti Google Now, aplikasi ini akan akan terus aktif di background sehingga baterai smartphone Android kamu akan cepat kehilangan daya. Aplikasi ini juga terus menerus tersambung ke internet untuk mencari konten baru sehingga terkadang bisa membuat kinerja smartphone menjadi lambat.

Baca Juga:  5 Aplikasi Jualan Pulsa Online Termurah dan Terbaik di Android

Google+

Aplikasi milik Google selanjutnya yang sering menjadi penyebab borosnya baterai smartphone Android adalah Google+. Aplikasi soaial media buatan Google ini selalu berjalan di background untuk mengirimkan notifikasi secara langsung. Maka dari itu, jika kamu tidak terlalu aktif menggunakan media sosial yang satu ini, maka lebih baik Anda untuk melakukan log out agar aplikasi ini tidak selalu berjalan di background.

Instant Upload

Walaupun bukan sebuah aplikasi yang berdiri sendiri, namun instant upload juga sering menjadi biang keladi pemborosan baterai smartphone Android. Instant Upload sendiri adalah fitur di dalam Google+ yang akan secara otomatis mengunggah foto kamu ke akun Google+. Parahnya lagi, selain menghabiskan baterai, fitur ini juga akan banyak menyedot kuota internet kamu. Oleh karena itu, lebih baik kamu mematikan saja fitur ini.

Google Maps

Sama seperti yang lainnya, aplikasi ini juga menggunakan modus berjalan di background untuk menghabiskan baterai smartphone Android kamu. Selain itu jika kamu lupa mematikan GPS setelah menggunakannya, maka aplikasi ini akan terus menggunakan GPS tersebut setiap kamu berpindah tempat. Hal ini tentu saja menjadi pemborosan baterai jika tidak digunakan.

Nah, itulah kelima aplikasi pada ponsel yang terlalu banyak menghabiskan baterai ponsel. Akibatnya kita cepat kehabisan baterai dan terlalu sering mengisi daya. Bagimana sobat KoverMagz, apakah aplikasi di atas Anda aktifkan di smartphone kesayangan?

Semuanya kembali kepada kebutuhan Anda. Jika tidak membutuhkan aplikasi-aplikasi tersebut, maka lebih baik Anda menghapusnya. Tapi jika sering menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, maka lebih baik untuk mempertahankannya daripada produktivitas Anda menjadi terganggu.

Untuk mensiasatinya,Anda bisa membaca tips menghemat baterai Android ini untuk menjadikan baterai smartphone Android menjadi lebih awet. Semoga bermanfaat sobat KoverMagz !