16 Tempat Ini Cocok untuk Destinasi Wisata di Hari Libur Anda…

176

Bagi Anda yang ingin menikmati rasanya menjadi Tarzan rimba, jangan lewatkan flying fox, yang juga tersedia di tempat ini.

Hulu sungai di Pegunungan Bukit Barisan memahat banyak air terjun indah yang akan memukau seluruh indera Anda. Dan masing-masing air terjun ini memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing. Walaupun hanya tercatat 3 air terjun di sini, tapi sebenarnya daftar air terjun unik di sekitar Medan jauh lebih panjang lagi.

Tapi ada yang perlu diwaspadai pengunjung, yaitu aliran air yang bisa menjadi deras dengan tiba-tiba jika terjadi hujan di atas gunung. Jadi, pengunjung harus selalu waspada agar tidak hanyut terbawa aliran sungai.

  1. Air terjun Simangande

Air terjun dengan dua tingkatan besar ini menjulang setinggi 500 meter. Mungkin air terjun ini belum dimasukkan dalam arsip air terjun tertinggi di Indonesia, karena jika benar maka niscaya air terjun ini akan menjadi jawara baru.

Tidak sampai di situ, dinding bebatuannya berbentuk hati, sehingga oleh para pengunjung sering dijuluki air terjun cinta, menambah keromantisan di tengah hutan belantara. Sayangnya, kini air terjun ini dapat mengering di musim kemarau. Jadi, cobalah peruntungan Anda di musim penghujan. Sebagai bonus, Anda juga dapat menikmati pemandangan Danau Toba dari sini sambil menunggu terbitnya matahari di ufuk timur. Sempurna!

  1. Air terjun Dua Warna

Kaki Gunung Sibayak memiliki air terjun yang cukup unik. Air terjun dengan dua gradasi warna, di mana di bawahnya berwarna putih abu-abu, sedangkan air terjun yang jatuh tampak berwarna biru muda. Bukan hanya warna, suhu airnya pun berbeda di mana air yang berwarna putih akan terasa lebih hangat.

Air terjun ini memiliki ketinggian 100 meter dan terletak di ketinggian sekitar 1.400m di atas permukaan laut. Ditambah dengan kerimbunan hutan di sekelilingnya, membuat air terjun ini layak untuk dikunjungi.

Konon air di sini mengandung belerang yang baik untuk kesehatan kulit. Tapi, tidak disarankan untuk meminumnya, karena akan berbahaya.

Akses ke air terjun ini cukup sulit lho. Oleh karenanya, disarankan untuk memakai sepatu dan pakaian yang nyaman untuk trekking. Jangan khawatir, semua rasa lelah dijamin terlunasi setelah sampai di sini.

  1. Sampuren Putih: Air Terjun Tujuh Tingkat

Sesuai dengan namanya, air terjun ini bertingkat tujuh dengan total ketinggian sekitar 150m. Air yang jatuh membentuk buih-buih berwarna putih, sehingga diberi nama ‘Sampuren Putih’. Tapi, air terjun ini hanya membiarkan tingkat terakhirnya yang dapat dilihat dengan jelas. Enam tingkat sisanya tertutupi bebatuan tebing dan diperlukan usaha ekstra untuk mendaki hutan dengan medan yang cukup menantang

Dasar air terjun ini cukup dangkal dan dipenuhi batuan kecil. Selain itu, konon airnya juga memiliki kandungan belerang sehingga banyak pelancong yang memilih untuk berendam di sini

11. Taman Labirin, Taman Simalem Resort

Taman labirin merupakan salah satu atraksi andalan Taman Simalem Resort yang memiliki keunikan tersendiri. Anda ditantang untuk mencari jalan keluar dari labirin raksasa sejauh setengah kilometer! Cukup lumayan untuk berolah raga Kunjungilah taman labirin ini di pagi hari untuk menikmati udara pagi yang benar-benar menyegarkan dan menghindari teriknya matahari di siang hari.

Setelah puas bermain di dalam labirin raksasa, tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi Pearl of Lake Toba. Dari sinilah Anda dapat melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian 500 meter, ibarat menikmati pemandangan Danau Toba dari Menara Petronas di Kuala Lumpur! Tempat ideal untuk melengkapi koleksi foto Anda.

  1. Bukit Lawang

Perjalanan Bukit Lawang sebagai objek wisata bermula dari penangkaran orangutan yang didirikan oleh sebuah organisasi dari Swiss. Sejak itulah para pelancong mulai berdatangan ke sana untuk melihat habitat asli orangutan.

Inilah tempat yang sempurna untuk melihat perilaku orangutan di habitat asli mereka. Anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti mengunjungi gua kelelawar yang mengagumkan, Sungai Bohorok yang pasti tidak akan dilewatkan oleh para penggemar tubing. Selain itu, untuk memannjakan lidah, Anda bisa sambil bersantai di Restoran Kapal Bambu, yang dirancang agar menyatu dengan alam sekitarnya.

  1. Pulau Mursala, Sibolga

Pulau Mursala terletak di lepas pantai Sibolga yang dikelilingi oleh Samudera Hindia. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pulau ini menjadi terkenal lantaran menjadi tempat lokasi syuting film King Kong besutan Hollywood. Terlepas kebenaran klaim itu, pulau ini memang memiliki potensi wisata nomor wahid. Karena alamnya masih asli dan keragaman hayati bawah lautnya luar biasa.

Kunjungilah keunikan paling popular di pulau ini: air terjun yang langsung bermuara ke laut. laut melewati tebing batu granit kemerahan di pinggir pulau. Ketinggian tebingnya sekitar 35 meter. Sungguh memesona. Kami menyarankan untuk berangkat di pagi hari dan kembali ke Sibolga di sore harinya, karena kurang memungkinkan untuk bermalam di pulau ini.

14. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling merupakan tempat paling menakjubkan untuk menikmati segarnya udara pegunungan Berastagi. Tak terlalu jauh dari Medan, Puncaknya warga sekitar Medan memang memiliki hawa pegunungan yang asri dan menyegarkan. Dari puncaknya, Anda dapat menikmati keindahan Gunung Sibayak dan Sinabung, dua gunung berapi indah yang dijamin menyajikan pemandangan spektakuler.

Selain itu, Anda juga bisa menunggang kuda, atau sekadar penasaran ingin mencoba menaiki delman? Anda juga dapat menikmatinya di sini.