10 Pola Hidup Yang Dapat Memicu Kista Ovarium

91
Illustration of the uterus is on the woman's body, On a gray background, The female anatomy concept

Tahukah Anda, melakukan pola hidup di bawah ini ternyata dapat memicu kista ovarium loh. Kista ovarium adalah pertumbuhan abnormal dalam ovarium atau indung telur. Kondisi ini lebih banyak dialami wanita remaja maupun yang sudah menginjak usia produktif. Kista ovarium umumnya tidak bersifat ganas atau kanker.

Meskipun begitu, penting untuk mengetahui pola hidup yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Nah lantas apa saja pola hidup tersebut? Dalam artikel ini, kamu akan membahasnya untuk anda. Simak selengkapnya disini! 

Bekerja Tanpa Lelah 

Siapa sangka jika bekerja tanpa lelah ternyata dapat memicu adanya kista ovarium loh. Mungkin hal ini tidak dirasakan oleh para penderitanya lantaran kista ovarium memang diketahui tak memberikan pengaruh atau gejala yang signifikan. Hal ini baru akan diketahui ketika melakukan pemeriksaan ke dokter terlebih lagi bila sedang mengandung. 

Untuk mencegah hal ini, ada baiknya anda mengurangi aktivitas bekerja yang berlebihan. Luangkanlah waktu untuk beristirahat sejenak dan makanlah makanan yang tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi, makanan cepat saji, junk food dan sebagainya.

Sering Begadang

Punya kebiasaan begadang hingga pagi? Jika iya, anda patut waspada. Pasalnya, sering begadang dapat memicu timbulnya kista ovarium. Tubuh yang lelah karena kurangnya beristirahat serta kurangnya asupan makanan bergizi ataupun memakan asupan yang tidak sehat rentan mengalami kista ovarium. Mungkin efeknya belum terasa, namun cepat atau lambat nantinya dapat membuat kista ovarium. Untuk itu, mulailah hidup dengan pola yang benar. Jangan keseringan begadang. Pastikan tubuh menerima waktu tidur yang cukup maximal 8 jam per hari. 

Kurang Minum Air Putih

Pola hidup berikutnya Adalah kurangnya minum air putih. Ingat air mineral alias air putih  berkhasiat baik bagi tubuh bukan hanya organ tubuh tapi juga organ kewanitaan. Karena itulah sangat dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih dari pada minuman perasa seperti soda, boba, teh atau kopi. 

Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan bisa merusak organ tubuh seperti hati. Selain itu, mengonsumsi alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan kista ovarium. Tidak hanya minuman beralkohol, ternyata mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan pun dapat meningkatkan risiko terkena kista ovarium. Agar lebih sehat, sebaiknya ganti minuman beralkohol dan bersoda dengan air putih, susu, atau jus buah dan sayur.

Sering konsumsi makanan cepat saji atau Junk Food

Selain alkohol, makanan juga dapat memicu timbulnya kista ovarium. Salah satu jenis makanan itu adalah makanan cepat saji. Hal ini disebabkan oleh kandungan tinggi gula dan lemak dalam makanan cepat saji yang dapat mengganggu fungsi ovarium dan meningkatkan risiko terbentuknya kista ovarium. 

Tak sampai disitu, konsumsi makanan tinggi gula, seperti minuman bersoda, kue manis, dan permen juga dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh dan mengganggu keseimbangan hormon, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perkembangan kista ovarium. Makanan tinggi lemak jenuh, seperti daging merah berlemak, dan produk susu tinggi lemak, dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya kista ovarium.

Kemudian, makanan olahan, seperti sosis, nugget, dan makanan kalengan, mengandung bahan kimia dan pengawet yang dapat mengganggu keseimbangan hormon dan berkontribusi terhadap pembentukan kista ovarium. Dengan mengetahui aneka jenis makanan ini, sebaiknya mulailah membatasi konsumsi makanan-makanan tersebut agar dapat menjaga kesehatan ovarium dan mencegah terjadinya kista. 

Tidak Pernah Berolahraga 

Olahraga sangat penting bagi tubuh termasuk organ kewanitaan. Bukan hanya menyehatkan namun juga melancarkan peredaran darah dan sebagainya.  Karena manfaatnya yang luar biasa untuk tubuh itulah, para dokter umumnya akan menyarankan untuk selalu berolahraga. 

Sebaliknya, bila anda tak pernah berolahraga maka akan membuat timbulnya penimbunan lemak hingga kista ovarium. Selanjutnya, jika anda terlanjur telah memiliki kista ovarium, maka kurangilah aktivitas olahraga. 

Pasalnya, ada beberapa gerakan yang akan membuat penderitanya merasa kesakitan, termasuk beberapa gerakan olahraga. Berbagai jenis olahraga yang memusatkan tekanan pada daerah perut atau membuat penderita menggerakkan pinggulnya dapat membuat penderita mengalami kesakitan. Olahraga yang dimaksud itu adalah sit up atau beberapa posisi yoga.

Obat Subur

Memiliki keturunan merupakan impian bagi kebanyakan pasangan. Bahkan, sebagian pasangan rela melakukan apa pun demi mewujudkan impian tersebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat penyubur kandungan. Namun ternyata, mengonsumsi obat penyubur kandungan secara berlebihan mempunyai berbabagi efek samping. Salah satu efek sampingnya adalah kista ovarium. Oleh karena itu, untuk menghindari efek ini sebaiknya konsumsilah penyubur kandungan dari bahan alami seperti kacang hijau dan taoge.

Tidak Dapat Menjaga Organ Kewanitaan

Pola hidup selanjutnya yang dapat memicu kista ovarium adalah tidak dapat menjaga organ kewanitaan. Penjagaan organ an ini dapat berupa membersihkan organ kewanitaan setiap hari, menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan lembut dan sebagainya. Bila tidak, hal ini dapat mendatangkan infeksi parasit, kuman, dan bakteri pada organ intim  Untuk itu, ada baiknya anda menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan.

Rokok

Selama ini, kita mengetahui bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan, terutama kesehatan paru-paru. Selain itu, ternyata zat adiktif di dalam rokok bisa mengganggu rahim dan menjadi pemicu kista pada indung telur. Berhenti merokok dan mengurangi interaksi dengan lingkungan penuh asap rokok dapat mengurangi risiko terkena kista ovarium.

Stres

Tidak hanya menyerang pikiran, stres berlebihan juga dapat menghasilkan hormon tertentu yang memicu penyakit. Ketidakmampuan mengelola stres bisa menjadi pemicu kista ovarium. Oleh karena itu, sebaiknya hindari stres dengan gaya hidup sehat dan berolahraga, supaya bisa terhindar dari berbagai penyakit termasuk kista ovarium.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353