Yok Bikin Cantik Medan Lewat Lomba Desain Taman Beringin

316

Komite Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KOPAREKRAF) Medan didukung oleh Pemerintah Kota Medan, telah menyelenggarakan Lomba Desain Taman Kota dengan tema “Yok Bikin Cantik Medan” sejak Desember 2019 kemarin. Lomba ini mengusung konsep Art Space dan akan diterapkan pada Taman Beringin (Taman Hutan Kota PT PLN Medan) yang berlokasi di Jalan Sudirman, Medan.

Sebanyak 11 kelompok yang terpilih, mempresentasikan hasil karyanya pada Selasa (11/02) di Taman Cadika, Jalan Karya Wisata, Medan. Kegiatan presentasi ini dibuka langsung oleh Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono dan Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan, M. Husni.

Akhyar percaya kreativitas anak Medan layak diapresiasi dan ia berharap seluruh elemen masyarakat dapat mendukung program #YokBikinCantikMedan.

“Hari ini kita coba membangun satu kolaborasi bersama akademisi dan anak-anak muda untuk mengubah wajah kota,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, CEO Kover Magazine sekaligus dewan juri Lomba Desain Taman Beringin Medan, Boydo Panjaitan, mengungkapkan kesan positif yang diperoleh dari kegiatan ini.

“Acara ini diperlukan agar taman kota di Medan makin baik penataannya dengan ide-ide kreatif dari anak muda yang berkompeten sehingga taman ini secara filosofis dari bentuk dan desain bisa menjadi manfaat yang baik bagi seluruh masyarakat di Kota Medan. Yok bikin cantik Medan!” tuturnya.

Dewan juri lainnya yakni Andreas dari Medan Creative Project dan Aditya, creativepreneur mengutarakan bahwa penilaian Lomba Desain Taman Beringin ini terdiri atas enam aspek yakni filosofi konsep desain, bentuk dan fungsi taman, tampilan secara estetika, vegetasi terkait area hijau, manfaat taman bagi pengguna dan lingkungan serta presentasi animasi.

Nantinya akan dipilih tiga kelompok pemenang yang karya desainnya akan digunakan untuk mempercantik taman kota Medan. Hadiah yang telah disiapkan untuk para pemenang adalah piala, piagam, souvenir, serta uang tunai senilai Rp3.000.000,00- untuk Juara 1, Rp1.500.000,00- untuk Juara 2 dan Rp1.000.000,00- untuk Juara 3. 

Penulis: Indriyana Octavia

Fotografer: Vicky Siregar & Dok. Medan Creative Project

Baca Juga:  BALADA LAPTOP MERAH PUTIH "GAWEAN" PEMERINTAH INDONESIA