WHATSAPP LUNCURKAN FITUR ‘VIEW ONCE’ DI IOS DAN ANDROID

14

WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim foto dan video yang menghilang. 

Setelah penerima membuka foto atau video yang dikirim dalam mode “view once”, media yang ia terima tersebut akan menghilang selamanya, mirip dengan aplikasi messaging lainnya seperti metode Snapchat. Mark Zuckerberg, CEO dari Facebook yang merupakan perusahaan induk dari WhatsApp mengatakan bahwa mekanisme itu akan memberi pengguna lebih banyak kontrol akan privasi mereka.

Foto dan video yang dikirim dalam tampilan setelah mode muncul seperti pesan biasa dalam obrolan, ditandai dengan ikon ‘once’ dan dapat dilihat hanya dangan satu ketukan atau sentuhan yang sederhana. Seperti media lain yang dikirim dalam aplikasi WhatsApp, foto dan video yang akan dikirim dengan fitur ‘view once’ masih dapat diedit, dicoret atau diberi teks oleh si pengguna.

Berbeda dari foto atau video yang biasa dikirim, penerima pesan tidak akan mendapatkan preview gambar view once di kolom chat dan tidak bisa mengunduh file tersebut ke perangkat. Meskipun fitur ini menawarkan privasi untuk konten sensitif, pesan view once masih bisa diabadikan dengan cara screenshot atau difoto dengan perangkat lain. 

Pengirim pesan di WhatsApp akan menerima notifikasi apabila foto atau video tersebut sudah dilihat oleh penerima. Notifikasi juga akan tetap diberikan pada pengirim, meski fitur read receipts dimatikan dan tidak ada informasi waktu gambar itu dibuka penerima.

Sebagai catatan, WhatsApp tidak akan memberitahu si pengirim pesan jika pesannya di-screenshot oleh si penerima.

Bagi kamu yang ingin menggunakan fitur view once, berikut ini langkah mudahnya:

  1. Buka obrolan individu atau grup WhatsApp anda.
  2. Ketuk kamera untuk mengambil foto atau video, atau pilih salah satu baik video ataupun foto yang anda galeri. Atau bisa juga dalam bentuk docs.
  3. Selanjutnya klik ikon ‘1’ yang ada di bawah kanan layar anda, di samping tombol ‘kirim’
  4. Ketuk tombol kirim
  5. Pesan foto/video ‘view once’ akan dihapus otomatis oleh WhatsApp setelah dilihat oleh sang penerima pesan.

 

Baca Juga:  iPhone: Ponsel Mahal Juga Punya Masalah, Ini Solusi-Solusinya.

 

SOURCE : ANTARA, Yahoo! News, The Verge