Wajib Baca! Rumah Ramah Lingkungan hingga Eksterior Ala Urban Farming

205

Penulis & Fotografer: Ade Syaputra

Keterbatasan ruang hijau di areal rumah bukan lagi menjadi masalah bagi pencinta rumah ramah lingkungan saat ini, Urban Farming merupakan salah satu jawaban jitu untuk Anda yang menginginkan eksterior rumah ala “berkebun” di halaman sekitar rumah.

Tidak butuh lahan yang lebar untuk bertani di tengah-tengah kota, Anda bisa memanfaatkan halaman depan, belakang atau samping rumah. Dilihat dari segi estetika eksterior rumah, hidpronik juga sangat apik dijadikan penghias rumah layaknya kebun apalagi pengolahan tanaman hidroponik yang sangat mudah dan bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Hal ini dibuktikan oleh Erwin Halim, salah seorang penggiat tanaman hidpronik di kota Medan. Jika dilihat dari luas lahan rumahnya yang beralamat di Jalan Ternak No. 32/98 Medan Polonia, sulit dipercaya bahwa ada kebun yang hadir di tengah-tengah kota. Erwin memanfaatkan pipa-pipa dan botol bekas yang disulap menjadi alat dan bahan dasar kebunnya.

Baca Juga:  PESAWAT CN-235 BUATAN RI YANG LAKU BERAT DIBELI NEGARA-NEGARA LAIN

Lantaran sakit yang diderita dan harus mengonsumsi makanan sehat, Erwin mulai mencoba mengolah tanaman hidroponik. Dengan ilmu yang didapat saat duduk di bangku SMP ditambah referensi di internet, akhirnya ia jatuh cinta pada kebun hidroponik.

“Kesenangan dalam mengolah kebun hidroponik ini saya rasakan semakin kuat ketika ada peluang bisnis yang menjanjikan jika konsisten dalam berkebun hidroponik, dan kebutuhan pangan sendiri bisa lebih hemat karena berasal dari kebun sendiri,” katanya.