Rekomendasi 5 Ponsel dengan Kualitas Kamera Terbaik 2024

86

Kualitas kamera menjadi salah satu pertimbangan bagi seseorang saat memilih ponsel. Hal ini tidak lepas kebutuhan fotografi dan videografi praktis, termasuk untuk unggahan sempurna di media sosial.

Sejumlah raksasa teknologi seperti Apple, Samsung, hingga Google pun terus bersaing untuk menghadirkan kamera terbaik untuk produk ponsel cerdasnya. Bahkan beberapa di antaranya menawarkan fitur artificial intelligence (AI) sebagai penunjang.

Di 2024 sendiri ada beberapa handphone (HP) dengan kamera terbaik yang sudah teruji DXOMARK. Dikutip dari laman Bhinneka, situs DXOMARK menilai smartphone, kamera, lensa secara objektif dan independen. Simak ulasan berikut untuk mengetahui daftar HP dengan kamera terbaik.

 

1. Samsung Galaxy S24 Ultra

Dirilis pada awal tahun ini, Samsung Galaxy S24 Ultra, membawa 4 kamera pada bagian belakang. Meskipun kamera utama memiliki sensor 200MP dan menggunakan teknologi pixel-binning seperti pendahulunya, tetapi kamera telefotonya telah ditingkatkan.

Samsung S24 ultra menyematkan telefoto 50MP yang bisa menghasilkan gambar zoom hingga 5x. Kamera telefoto 10MP dengan zoom 3x tetap disematkan, ditambah kamera ultrawide 12MP untuk jangkauan gambar yang lebih luas.

Pada bagian depan, Samsung menyematkan kamera selfie 12MP. Menggunakan kamera ini, tone wajah terlihat begitu nyata, tajam, dan jernih. Namun, kamu bisa memanfaatkan teknologi AI generasi baru untuk mempercantik tampilan hingga mengedit langsung hasil foto yang diambil tanpa aplikasi pihak ketiga. Fitur ini juga mendukung fotografi malam, performa noise, kualitas zoom, dan pencitraan HDR.

 

2. iPhone 15 Pro

Jika kamu ingin mencoba iOS, iPhone 15 Pro memiliki pengaturan kamera tercanggih dari Apple hingga saat ini. Ponsel ini memiliki kamera utama 48MP dengan penstabilan gambar optik dan zoom 5x. iPhone 15 Pro juga memiliki kamera ultrawide 12MP, dan telefoto 12MP. Untuk kamera selfie memiliki resolusi 12MP.

Mengutip Amateur Photographer, iPhone 15 Pro menghadirkan beberapa peningkatan untuk hasil gambar sekelas fotografer dan videografer. Sebagai contoh, mode potret kini dapat aktif secara otomatis ketika sistem pengenalan wajah cerdas mendeteksi subjek manusia atau subjek hewan peliharaan.

Gambar juga dapat diubah menjadi potret setelah pengambilan. Perekam video mendapatkan profil Log baru yang memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal penilaian warna rekaman.

 

3. Google Pixel 8 Pro

Ponsel keluaran Google ini membawa pengaturan tiga kamera. Kamera utama memiliki resolusi 50MP, dilengkapi ultrawide 48Mp dan telefoto 48MP.

Dari hasil penilaian DXOMark, Google Pixel 8 Pro meraih posisi terbaik pada peringkat kamera ponsel berkat kinerja tinggi di semua kategori pengujian. Ponsel ini meraih poin sempurna terutama saat digunakan untuk foto di dalam setiap kondisi pencahayaan.

Ponsel ini menghasilkan warna kulit yang nyata dan akurat dalam segala kondisi cahaya. Kemudian juga mampu melakukan fokus otomatis yang cepat dan akurat pada foto dan video. Gambar yang dihasilkan sangat detail dan stabil walau diambil dalam kondisi bergerak.

 

4. Honor Magic 5 Pro

Harganya memang bersaing, tetapi spesifikasi Honor Magic 5 Pro membuatnya setara dengan ponsel andalan seperti iPhone 14 Pro dan Samsung S23 Ultra. Ponsel ini memiliki tiga rangkaian kamera dengan resolusi 50MP baik untuk kamera utama, ultrawide, dan telefoto.

Honor Magic 5 Pro juga menawarkan mode zoom digital 100x seperti pada Galaxy S24 Ultra. Ponsel ini menawarkan kualitas foto yang konsisten baik dalam berbagai kondisi pencahayaan. Meskipun zoom digital 100x tidak terlalu banyak, opsi 10x dan 30x memberikan hasil yang kredibel untuk fleksibilitas pengambilan gambar jarak jauh.

 

5. Xiaomi 13 Pro

Xiaomi 13 Pro dikemas dengan berbagai fitur, termasuk sensor utama satu inci yang membuatnya unggul dari sebagian besar pesaingnya. Sama seperti Honor Magic 5 Pro, pengguna bisa memotret menggunakan tiga lensa dari Leica yang memiliki resolusi 50MP, baik pada kamera utama, ultrawide, maupun telefoto. Sementara kamera selfie memiliki resolusi 16 MP, standar kamera kelas mid-range.