Pengumuman CPNS 2024, Pahami Cara Daftar dan Tahapannya : Freshgraduate dan PPPK Merapat!

148

Apakah diantara sobat kover ada yang fresh graduate dan sedang membutuhkan pekerjaan? Jika iya maka inilah saatnya peluang baik datang untuk anda. Ya, baru-baru ini tepatnya pada Jumat, 5 Januari 2024, pemerintah Indonesia memberikan pengumuman tentang adanya penerimaan CPNS 2024 yang akan dibuka sebesar-besarnya yakni 2,3 juta. 

Pengumuman CPNS 2024 ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. Anas mengatakan bahwa tenaga guru dan kesehatan menjadi prioritas dalam seleksi CPNS 2024. Kemudian dalam CPNS 2024, para fresh graduate akan diberikan ruang yang lebih besar untuk berpartisipasi. Yang mana, 690 ribu dikhususkan untuk lulusan baru atau fresh graduate.

“Pemerintah juga berencana membuka rekrutmen CASN 2024 untuk memenuhi kebutuhan SDM di instansi pemerintah. Anas mengungkapkan, pemenuhan ASN Tahun 2024 diprioritaskan pada kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan,” kata Anas dilansir dari situs resmi PANRB, Jumat, (5/1/2023).

“Selanjutnya berfokus pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai mandat UU No. 20/2023 tentang ASN. Tahun ini, pemerintah membuka ruang lebih luas untuk fresh graduate. Pemerintah membuka kesempatan lebih luas untuk talenta digital,” sambungnya.

Rincian Formasi CPNS dan PPPK 2024

Adapun rincian lengkapnya yaitu untuk instansi pusat sebanyak 492.183 formasi. Kemudian, untuk instansi daerah 1.867.333 formasi. Nantinya untuk instansi pusat terbagi atas lowongan bagi CPNS fresh graduate atau CPNS umum sebanyak 207.247 formasi. 

Lalu lowongan dosen 15.460 formasi, sedangkan untuk guru, tenaga kesehatan, teknis sebanyak 191.787. Untuk lowongan PPPK instansi pusat sebanyak 281.936 formasi ditujukan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Sementara, lowongan untuk instansi daerah sebanyak 1.867.333 formasi terdiri dari lowongan untuk CPNS fresh graduate atau CPNS umum 483.575 formasi untuk tenaga teknis. Lalu lowongan PPPK bagi Pemerintah daerah tersedia 1.383.758 formasi, yang terdiri dari tenaga guru 419.146, tenaga kesehatan 417.196, dan tenaga teknis 547.416 formasi.

Cara Daftar Seleksi CPNS

Menimbang tahun sebelumnya, registrasi CPNS dilaksanakan secara daring. detikers yang ingin ikut seleksi CPNS harus terlebih dahulu melakukan registrasi akun. Adapun cara registrasi akun CPNS sebagai berikut:

  • Buka laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  • Pilih opsi Daftar
  • Isi informasi data pribadi yang diminta
  • Tekan “Lanjutkan”
  • Klik “Proses Pendaftaran Aku

Kemudian bagi sobat kover telah memiliki akun, bisa langsung mengisi seluruh data pribadinya guna kelancaran administrasi. Dengan begitu, tinggal langsung mendaftar CPNS nantinya. Langkah-langkah terkait daftar dan input biodata itu bisa anda lakukan seperti berikut.

  • Login ke akun SSCASN
  • Isi data diri yang diminta
  • Unggah swafoto
  • Tekan “Selanjutnya”
  • Pilih Jenis Seleksi dan Formasi CPNS
  • Unggah Dokumen
  • Cetak Kartu

Tahapan Seleksi CPNS 2024

Usai mendaftar, anda akan diminta mengikuti sejumlah tahapan seleksi yang cukup panjang. Mengutip detikSumut, berikut sejumlah tahapan yang harus detikers lewati sebelum dinyatakan lulus.

Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi ini merupakan tahap awal yang wajib detikers lakukan. Adapun caranya lengkapnya telah dijelaskan sebelumnya. Seluruh seleksi administrasi ini nantinya akan dilaksanakan melalui daring pada laman SSCASN.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Dalam seleksi ini, ada tiga jenis tes yang harus detikers kerjakan. Pertama adalah Tes Wawasan Kebangsaan yang meliput 30 soal. Kedua merupakan Tes Intelegensia Umum (TIU) yang terdiri dari 35 soal tentang kemampuan lisan, figural, dan numerik. Terakhir ada Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Seleksi ini merupakan seputar bidang yang detikers pilih. Di dalam seleksi ini akan ada tes potensi akademik, tes bahasa asing, tes fisik, psikotes, dan tes praktik kerja.

Pengumuman Kelulusan dan Pemberkasan

Setelah melakukan SKD dan SKB, seluruh nilai detikers akan dikalkulasi sesuai aturan yang berlaku. Adapun kalkulasi perhitungan nilai diambil dari 40 persen nilai SKD dan 60 persen nilai SKB. Kemudian seluruh nilai itu bisa di pantau melalui situs web resmi SSCASN. Jika mendapatkan nilai tertinggi maka akan dinyatakan lulus. Usai dinyatakan lulus langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengisi pemberkasan sesuai format instansi yang detikers pilih.

 

Baca Juga:  Kabar Baik! Westlife Akan Gelar Konser di Candi Prambanan Yogyakarta, Segini Harga Tiketnya!

Demikian informasi seputar pengumuman CPNS 2024 beserta cara daftar dan teknis tahapan yang akan dilewati. Bagaimana? Semakin tertarik untuk mencobanya? Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353