Pasca Idul Adha, Anda Takut Kolestrol Tinggi? Ini Solusinya…

104

Penulis & Fotografer: Vicky Siregar

Hari Raya Idul Adha adalah momen dimana setiap umat muslim menyambutnya dengan suka cita. Di Indonesia, Idul Adha kali ini jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019 atau 10 Dzulhijjah 1440 H. Di momen sukacita ini, biasanya ada namanya tradisi menyembelih hewan kurban seperti lembu, unta, kambing dan domba setelah selesai menunaikan Shalat Idul Adha.

Kumpul bersama  sahabat dan sanak saudara keluarga sudah pasti menjadi bagian intim di hari yang berbahagia ini. Sehingga hidangan-hidangan yang lezat pun menghiasi meja dapur, apalagi ditambah dengan adanya bagi-bagi daging kurban sudah pasti menjadikan menu di meja dapur menjadi ramai.

Namun perlu di ingat, mengkonsumsi hidangan yang berkolestrol tinggi dengan usia dan berat badan yang rentan menjadi pertimbangan. Sebab, mengkonsumsi daging yang lezat pasca Idul Adha secara berlebihan bisa menjadi boomerang bagi kesehatan mereka yang memiliki riwayat tekanan darah dan tinggi. Maka perlu diingat ada beberapa buah-buahan yang dinilai bisa menetralkan bahaya  kolestrol tinggi pasca menyantap olahan hewan kurban seperti daging lembu ataupun kambing.

1.Jeruk Nipis

Jeruk Nipis memang memiliki banyak khasiat untuk pengobatan, misalnya saja untuk mengecilkan perut buncit, menurunkan resiko sakit jantung, menurunkan kolestrol dan lainnya. Ini dikarenakan jeruk nipis sendiri mengandung flavonoid yang bernama hesperiden.

Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis ternyata paling besar dibandingkan dengan buah lainnya, sehingga buah ini juga mampu menurunkan trigliserida anda. Pastinya senyawa ini mampu menghambat kolestrol jahat (LDL) yang berlebihan pada anda. Anda juga bisa mengkonsumsi jeruk nipis dalam bentuk jus pastinya

2. Timun

Timun hampir sering sekali kita liat menjadi lalapan lauk di setiap menu-menu makanan nusantara. Selain mentimun dikenal selalu memberi kesegaran dalam menyantap setiap kuliner. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa senyawa sterol dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolestrol. Sedangkan kalium, magnesium dan serat mampu mengatur tekanan darah.

Mentimun juga tidak hanya nikmat disantap dalam bentuk lalapan, namu diolah menjadi minuman seperti es mentimun juga lebih fresh pastinya. Caranya mudah kok, tinggal keruk timun bagian dalamnya, campurkan air dan madu, dijamin lebih nikmat dan sehat pastinya.

3. Apel

Buah Apel memang dikenal sangat efektif sekali untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dengan cepat dan aman. Ini karena pada kulit Apel mengandung pektin yang mana serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Pas sekali buah ini dikonsumsi pasca makan besar daging kurban seperti daging lembu dan kambing yang memiliki nilai kolestrol yang tinggi. Biasanya bila ingin menyantap lebih apel lebih fresh dan lezat, alangkah baiknya buah ini anda olah menjadi juice Apel.

Gimana sobat, itu dia 3 buah yang paling ampuh dikonsumsi pasca Idul Adha yang identik dengan makan-makan daging kurban yang memiliki nilai kolestrol tinggi.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!