Overthinking, Ciri Orang Yang Sulit Mengambil Keputusan

53

Medan, KoverMagz – Seseorang yang terlalu banyak berpikir biasanya diselimuti oleh rasa cemas yang tiada henti. Pada akhirnya orang dengan ciri tersebut akan sulit dalam mengambil sebuah keputusan dalam hal apapun itu. Overthinking sudah pasti berdampak buruk bagi tubuh karena dapat menimbulkan efek negatif pada jantung yang akan sering berdebar akibat hal-hal yang dikhawatirkan. Adapun cara dalam mencegah berpikir berlebihan, salah satunya ialah Meditasi. Berikut cara meditasi yang dapat anda pratekkan di rumah untuk membantu menenangkan pikiran anda dari kebiasaan berpikir berlebihan :

  1. Ciptakan Ruangan Yang Nyaman

Bermeditasi di ruangan yang dipenuhi dengan tumpukan baju kotor atau lembar kerja yang berceceran di mana-mana tentunya membuat meditasi tidak optimal.

Pertimbangkan mengatur ruangan di rumah untuk bermeditasi. Ciptakan ruangan yang nyaman dan membuat Anda merasa rileks.

2. Cari Posisi Ternyaman

Pilih posisi dan tempat paling nyaman untuk melakukan meditasi. Pastikan kita bisa berkonsentrasi dengan baik. Jika berada di ruangan untuk membuat tubuh lebih rileks, kita bisa menyalakan lilin dengan aroma terapi, dan mematikan lampu agar lebih bisa berkonsentrasi.

Gunakan juga bantal untuk duduk di lantai. Dengan menggunakan bantal, akan menjaga tubuh kita tetap tegak dan tidak membungkuk.

3. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pakailah pakaian yang nyaman, jangan gunakan pakaian dengan bahan jeans dan ketat. Pasanglah alarm untuk menentukan waktu meditasi, untuk pemula lakukan sesi pendek dahulu selama lima menit. Apabila sudah terbiasa, kita bisa melakukannya dengan durasi hingga satu jam.

Baca Juga:  BCP Adakan Bukber, Hadirkan Pemateri Workshop Photography dan Model Berkelas

4. Buat Tubuh Rileks

Tutup kedua mata dan ambil napas lewat hidung, lalu embuskan berlahan. Lakukan hal ini selama beberapa menit sampai tubuh benar-benar rileks. Rasakan energi positif masuk ke tubuh dan saat menghela napas, bayangkan semua stres atau pikiran yang mengganggu, ikut terbuang.

Dekatkan dagu dengan dada seperti ingin melihat ke bawah. Dengan sedikit menunduk, madada akan membusung sehingga lebih mudah bernapas.

5. Meditasi dengan musik

Jika biasanya orang yang bermeditasi melepaskan diri dari teknologi dan perangkat listrik, cara meditasi satu ini justru membutuhkan teknologi. Anda bisa menggunakan headset atau tayangan virtual untuk membantu Anda fokus pada sesi meditasi. Bantuan teknologi bisa membantu menciptakan suasana damai yang diinginkan, seperti suara air hujan, suara ombak di laut, atau suara damai di hutan

6. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Sebaik apapun meditasi yang dilakukan, jika Anda tetap menyalahkan diri sendiri, maka mediatasi akan jadi sia-sia. Sejatinya, pikiran yang ‘mengembara’ adalah hal yang normal, asalkan Anda tidak menyalahkan diri sendiri atas pilihan atau tindakan yang telah dibuat.

Anda juga sebaiknya tidak bersikap keras pada diri sendiri karena satu kesalahan yang dibuat di masa lalu.

Dengan melakukan meditasi pikiran anda akan terasa lebih tenang dan segar kembali. Pada akhirnya cara berpikir Anda akan lebih terkoordinir dalam menanggapi dan menilai sesuatu sehingga Anda tidak lagi gegabah dalam mengambil keputusan dalam hal apapun.

Selamat Mencoba ya….

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber : Berbagai Sumber