Mengulik Kisah Mistis Di Balik Keindahan Air Terjun Dua Warna Eksotis

1209
Mengulik Kisah Mistis Di Balik Keindahan Air Terjun Dua Warna Eksotis
Mengulik Kisah Mistis Di Balik Keindahan Air Terjun Dua Warna Eksotis

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang kaya akan berbagai tempat menarik dan memukau mata. Tak hanya berupa pegunungan, pantai maupun danau saja yang dapat anda temukan di sana melainkan terdapat pula beragam air terjun yang eksotis. Salah satunya Air Terjun Dua Warna. 

Air terjun ini terletak di Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, sekitar 50 kilometer dari Kota Medan. Di sana, anda akan disuguhkan dengan berbagai panorama yang indah nan mempesona. Namun dibalik keindahannya yang menakjubkan, siapa sangka jika Air Terjun Dua Warna menyimpan kisah mistis di dalamnya. 

Kisah Mistis Air Terjun Dua Warna 

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, Air Terjun Dua Warna memiliki kekuatan gaib yang dapat membuat seseorang mengalami kejadian mistis tak terduga. Bahkan yang paling parahnya, mampu membuat orang-orang merasa ketakutan atau hilang secara misterius.

Kisah mistis lainnya, munculnya sosok hantu yang sering terlihat di sekitar lokasi air terjun tersebut. Sosok hantu itu diyakini sebagai arwah penasaran dari orang-orang yang pernah meninggal di lokasi tersebut. 

Apalagi, pada tahun 2015, tepatnya 15 Mei 2016, kawasan Air Terjun Dua Warna pernah terkena banjir bandang. Seluruh kawasan tersapu bersih hingga menewaskan 17 orang, baik yang berstatus pemandu wisata, mahasiswa maupun wisatawan asing. Sementara beberapa orang lagi dinyatakan hilang dan mengalami luka-luka. Semenjak kejadian itu, banyak orang yang meyakini bahwa air terjun dua warna memiliki energi spritual yang kuat.

Memiliki Nilai Kearifan Lokal 

Alih-alih memiliki kisah mistis yang mampu membuat bulu kudu merinding, Air Terjun Dwi Warna nyatanya juga sarat akan nilai sejarah dan kearifan lokal yang tinggi. 

Konon katanya, air terjun ini dianggap sebagai tempat yang suci oleh beberapa suku Batak yang tinggal di sekitar area air terjun tersebut. Mereka meyakini bahwa air terjun ini merupakan tempat suci yang harus dilindungi oleh roh nenek moyang mereka.

Sisi lain, terdapat pula legenda yang mengatakan jika air terjun dua warna dihuni oleh makhluk halus yang sering meminta pengunjung untuk memberikan sesajen. Makhluk halus tersebut adalah roh dari nenek moyang yang merasa ketidakpuasan dengan perilaku manusia yang sering merusak kelestarian alam. Kendati begitu, Air Terjun Dua Warna tetap menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati banyak orang. 

Mengulik Kisah Mistis Di Balik Keindahan Air Terjun Dua Warna Eksotis
Mengulik Kisah Mistis Di Balik Keindahan Air Terjun Dua Warna Eksotis

Keindahan Air Terjun Dua Warna

Perpaduan hijaunya pepohonan yang rimbun dengan dikelingi pemandangan alam yang indah mampu membuat siapa saja berdecak kagum. Ditambah lagi, udaranya yang sejuk saat menanjaki air terjun mampu membuat suasana hati dan pikiran menjadi lebih rileks.

Butuh usaha ekstra dan adrenalin yang kuat bila ingin memasuki kawasan air terjun. Pasalnya, Anda harus melewati hutan yang memiliki treck yang cukup terjal dan melewati arus sungai. Air Terjun Dua Warna berada di ketinggian 1270 meter diatas permukaan laut. 

Keunikan Air Terjun Dua Warna

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Dua warna memiliki dua warna yang berbeda yakni putih keabu-abuan dan biru kemuda-mudaan. Warna putih keabu-abuan ini terletak pada air terjun dua warna yang mengalir dari atas kebawah. Sementara air yang berada dibawahnya atau yang menampung air terjun dari atas ke bawah memiliki warna biru muda. 

Dua warna itu disebabkan oleh pantulan sinar matahari dan bebatuan hijau yang dapat menimbulkan gradasi warna berbeda. Namun ada juga yang menyebutkan, bahwa kandungan fosfor dan beleranglah yang membuat terjadinya dua warna. Para pengunjung tidak boleh meminum air terjun dua warna. Sebab, kandungan fosfor dan belerang tidak baik bagi kesehatan.

Selain warna, air terjun dua warna memiliki dua suhu atau temperatur yang berbeda, yakni dingin dan hangat. Suhu air hangat terdapat pada air terjun yang berwarna putih keabu-abuan, dan suhu air dingin terdapat pada air berwarna biru muda. Dengan perbedaan suhu air tersebut, anda bebas menentukan pilihan dalam menikmati setiap percikan air terjun. 

Air terjun Dua Warna Sibolangit sangat jernih dan bersih. Disebelah air terjun, terdapat juga tiga air terjun kecil lainnya yang semakin melengkapi keindahan dan keksotismean air tejun itu sendiri. 

Baca Juga:  Jaga Silaturahmi, Henna Artist Medan Sumut Gelar Gathering

Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353