Memasuki Awal Bulan, Ini Cara Agar Tetap Bisa Selesaikan Deadline Pekerjaan Tepat Waktu

91

Medan, Kovermagz – Setelah sempat menikmati weekend, kini saatnya kembali bekerja. Tugas-tugas kantor pun kembali harus dikerjakan.

List tugas harian, deadline yang belum selesai, menjadi makanan sehari-hari pekerjaan kita. Mendengar “deadline” rasanya adalah hal yang menakutkan, ya.. Bagaimana tidak, tugas yang diberikan pada kita diberi rentang waktu dan harus selesai pada waktu tertentu dengan hasil yang harus baik pula.

Agar deadline bisa diselesaikan dengan baik, ternyata ada cara-caranya, lho.. semua bisa diatasi asal kamu tahu bagaimana cara cerdas menyelesaikan deadline tersebut, berikut tips yang dapat kamu ikuti agar dapat menyelesaikannya dengan baik:

1. Tahu cara prioritaskan tugas

Agar terselesaikan dengan baik, kamu harus tau cara prioritaskan tugas dengan benar. Kelompokkan berdasarakan urgent atau tidaknya sebuah tugas.

Mana yang sangat mendesak, mana yang boleh dikerjakan nanti, dan mana tugas tambahan yang tidak terlalu penting, semuanya harus bisa dikategorikan dengan baik, ya..

Ini ditujukan agar ketika menjalankan tugas, kamu tahu mana yang lebih diprioritaskan dan mana yang tidak. Jika kesulitan, kamu bisa coba beberapa platform pembantu seperti To-do-list, atau Done yang bisa diupload di App Store atau Play Store. Aplikasi ini akan membantu kita mengingatkan tugas-tugas mana dulu yang harus dikerjakan dengan segera.

2. Hindari multitasking

Punya kebiasaan mengerjakan tugas bersamaan? Sebaiknya mulai hindari deh pekerjaan yang satu ini. Bukan tidak baik, multitasking hanya akan membuat fokus kita terpecah dan ditakutkan hasil pekerjaan akan tidak maksimal.

Baca Juga:  Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Pelaksanaan Vaksin Drive Thru di Medan

Coba fokuskan pikiran pada satu pekerjaan hingga selesai, setelahnya barulah mengerjakan pekerjaan yang lain. Bukankah hasil yang maksimal akan lebih baik dibandingkan dengan hasil terkesan cepat namun tidak maksimal?

3. Sugestikan diri bahwa pekerjaan ini dapat diselesaikan dengan baik

Terlampau takut akan kejaran deadline hanya akan membuat kalut dan tidak fokus. Berikan sugesti pada diri bahwa tugas ini akan selesai dengan baik. Jangan terlalu panik, ya..

4. Konsumsi asupan yang baik untuk tubuh

Deadline yang mengurus otak dan tenaga harus diimbangi dengan makanan yang baik juga.

Usahakan untuk selalu cukupi asupan gizi tubuh dengan konsumsi makanan sehat. Jika asupan dalam tubuh baik, tubuh pun akan semakin semangat menjalankan aktifitas sehari-hari.

5. Beri jeda

Tak harus dilakukan seharian full, melakukan tugas-tugas deadline juga sebaiknya diberi jeda.

Istirahatkan badan dan fikiran jika sudah terlalu lelah atau buntu. 15-20 menit adalah waktu yang paling pas untuk beristirahat sejenak. Siapa tahu jeda yang dilakukan akan menambah ide-ide segar untuk pekerjaanmu..

6. Jika perlu, mintalah bantuan

Jika merasa terlalu berat untuk dikerjakan sendiri, cobalah meminta keringanan untuk bekerja sama dengan orang lain.

Namun perlu diingat, mintalah bantuan jika atasan dan rekanmu memperbolehkan, ya..

Penulis: Jehan Erwita
Sumber: kumparan, cermati, berbagai sumber