Kenali 6 Perbedaan Utama Garlic Salt dan Garlic Powder

113

Sobat kover, tahukah Anda bagaimana cara membedakan antara garlic salt dan garlic powder? Jika belum maka artikel berikut ini bisa menjadi sarana pengetahuan anda. Bawang putih adalah salah satu bumbu yang paling vital dan selalu hampir digunakan di setiap masakan. Namun kadang kala ketika sedang terburu-buru, mengupas dan mencincang bawang putih bisa menjadi  hal tersulit yang dilakukan.

Untuk itu, tak heran bila sekarang telah hadir aneka bumbu bawang putih dengan berbagai bentuk. Mulai dari garlic powder hingga garlic salt. Hal ini bertujuan demi mempersingkat waktu ketika anda sedang memasak. Kendati begitu, kedua jenis bumbu ini juga memiliki kegunaan yang sama seperti bawang putih pada umumnya.

Lantas apa saja perbedaan utama garlic salt dan garlic powder? Melansir dari beberapa sumber, berikut ini kami akan paparkan perbedaan utama antara garlic salt dan garlic powder. Simak selengkapnya disini! 

Asal bahan

Garlic powder (bubuk bawang putih) merupakan bumbu yang terbuat dari bawang putih segar yang dikeringkan dan digiling hingga menjadi bubuk. Sementara garlic salt (garam bawang putih) secara sederhana terbuat dari bubuk bawang putih (garlic powder) & garam meja. Namun, pastikan garam Anda mengandung zat anti-caking yang disebut kalsium silikat. Singkatnya, garlic powder adalah bawang putih yang dikeringkan dan dihaluskan, sedangkan garlic salt adalah campuran dari garlic powder dan garam.

Nutrisi

Berdasarkan nutrisi, garlic powder mengandung kalori, karbohidrat, serat, gula, protein, dan potassium yang lebih tinggi. Bumbu yang satu ini juga lebih sehat daripada garlic salt karena dapat mencegah penyakit jantung, flu, dan bahkan menurunkan risiko kanker.

Sementara garlic salt mengandung natrium tinggi yang berasal dari garam. Garlic salt juga dinilai kurang menyehatkan lantaran mengandung kadar garam yang dapat menyebabkan masalah batu ginjal, kardiovaskular, hingga masalah tekanan darah.

Rasa

Karena garlic powder murni terbuat dari bawang putih yang digiling hingga bubuk, maka rasa bawang putihnya tetap kuat dan pekat seperti rasa bawang putih asli. Teksturnya juga sangat halus. Sementara untuk garlic salt, karena garlic salt merupakan campuran dari garlic powder dan garam meja, maka rasa bawangnya jadi lebih lembut dengan tekstur yang lebih kasar. Anda akan merasa seperti sedang memakan garam dengan rasa dan bau yang mirip dengan bawang putih.

Jika ingin rasa bawang yang lembut pada masakan, anda bisa menggunakan garlic salt. Tapi pastikan untuk tidak melewatkan garam tambahan agar rasa masakan tetap sedap dan tak hambar.

Penggunaan

Baik garlic powder maupun garlic salt bisa dijadikan sebagai bumbu pada masakan apapun. Namun yang perlu diperhatikan adalah penggunaannya. Menggunakan garlic powder sebagai salah satu bumbu membuat hasil akhir masakan jadi lebih mudah dikontrol dari segi rasa. Sementara garlic salt penggunaannya harus lebih berhati-hati karena jika tidak, khawatir akan membuat masakan jadi terlalu asin.

Selain itu, garlic powder adalah pilihan yang baik untuk hidangan dengan rasa bawang putih yang kuat dan pekat. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk hidangan yang membutuhkan bawang putih yang didistribusikan secara merata, seperti untuk olesan daging atau saus.

Sedangkan garlic salt adalah pilihan yang baik untuk hidangan yang menginginkan rasa bawang putih yang lebih lembut dan sedikit rasa asin ekstra. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk hidangan yang Anda ingin bawang putih menambah tekstur, seperti pada sayuran panggang atau daging panggang.

Cara pembuatan

Garlic powder adalah siung bawang putih yang dikeringkan dan dihaluskan hingga menjadi bubuk. Ini adalah bumbu populer yang digunakan dalam berbagai masakan, termasuk bumbu perendam, olesan, sup, semur, saus, sayuran, daging, dan makanan laut.

Garlic powder nantinya dibuat dengan cara mengeringkan siung bawang putih terlebih dahulu. Ini dapat dilakukan dalam dehidrator atau dalam oven dengan suhu rendah. Setelah siung bawang putih dikeringkan, digiling menjadi bubuk menggunakan food processor, penggiling bumbu, atau penggiling kopi. Ini memiliki rasa bawang putih yang kuat dan mudah digunakan dalam resep.

Sedangkan Garlic salt merupakan campuran bubuk bawang putih dan garam. Ini kurang terkonsentrasi dibandingkan garlic powder, tetapi memiliki rasa yang lebih kompleks. Ini adalah cara mudah untuk menambahkan rasa bawang putih ke dalam makanan Anda tanpa harus mencincang atau memeras siung bawang putih segar, dan umur simpannya lebih lama dibandingkan bawang putih segar.

Kemudian garlic salt biasanya merupakan bumbu yang baik untuk masakan yang membutuhkan sedikit rasa asin ekstra, seperti sayuran panggang, daging panggang, dan popcorn.

Efek Kesehatan

Salah satu perbedaan utama lainnya antara kedua varian zat bawang putih ini adalah kenyataan bahwa Garlic Salt mengandung garam sedangkan Garlic Powder tidak. Ingat, garam sering kali diketahui menjadi akar penyebab sejumlah masalah kesehatan pada manusia.

Peningkatan konsumsi garam dapat menyebabkan peningkatan tekanan aliran darah dalam tubuh. Hal ini, pada gilirannya, meningkatkan kemungkinan terkena stroke atau penyakit terkait jantung lainnya. Ada sejumlah risiko kesehatan lain yang terkait dengan garam. Sementara Garlic Powder, tidak mengandung garam, ini dianggap sebagai pilihan yang lebih sehat di antara kedua varian ini.

 

Itulah enam perbedaan antara garlic powder dan garlic salt. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda ya. Happy Cooking!