Ini Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

66
INI KHASIAT BUAH SIRSAK BAGI KESEHATAN
INI KHASIAT BUAH SIRSAK BAGI KESEHATAN

Sejak dahulu, banyak orang yang percaya bahwa buah sirsak cukup berkhasiat bagi kesehatan. Ya, Hal ini karena kandungan nutrisinya yang kaya akan Fosfor, Zinc, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin C, Folat, Kalsium, potasium  dan sebagainya.

Dan meskipun buah satu ini memiliki rasa yang sedikit manis dan asam, buah sirsak tetap tetap diminati. Ada yang menjadikannya sebagai makanan hidangan penutup, jus buah maupun yang lainnya. Nah, lantas apa saja khasiat buah sirsak? Kali ini, Tim Kover Magz akan membahasnya untuk anda.

1. Menghilangkan Penyakit Kanker

Khasiat buah sirsak yang pertama ialah menghilangkan penyakit kanker. Menurut beberapa peneliti, buah sirsak cukup ampuh dalam menghilangkan penyakit kanker. Hal ini sebagaimana telah ditemukan bahwa adanya reaksi sel kanker terhadap ekstrak buah sirsak. Ekstrak buah sirsak inilah yang membuat sel kanker perlahan-lahan hilang, lalu mengurangi ukuran tumor hingga menjadikan tubuh kebal terhadap penyakit. Selain itu, ekstrak buah sirsak juga dapat menghambat dan menghentikan pembentukan sel leukimia.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Selain dimakan secara langsung ataupun dijadikan sebagai makanan dan minuman, buah sirsak ternyata juga dapat menjadi obat tradisional khususnya dalam menurunkan tekanan darah. Mengutip dari hallosehat, sebuah studi dari Universitas Gadjah Mada, menunjukkan bahwa suplemen  yang terbuat dari ekstrak, daun dan biji sirsak berkhasiat baik untuk mengurangi penurunan kadar LDL. LDL atau yang disebut kolesterol jahat dapat menyebabkan penyakit jantung. Maka dari itu, mengonsumsi sirsak menjadi alternatif yang baik dalam mencegahnya.

3. Sebagai Antioksidan

Adapun khasiat yang dimiliki buah sirsak selanjutnya yaitu sebagai antioksidan. Buah sirsak kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan Antioksidan ini nantinya dapat menangkal segala radikal bebas. Di sisi lain, Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak memiliki sifat antioksidan yang berpotensi dalam mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung  dan diabetes.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Bila sobat kover memiliki riwayat kadar gula darah yang tinggi, cobalah untuk mengonsumsi buah sirsak. Buah sirsak berkhasiat baik dalam mengontrol kadar gula darah. Hal ini dikarenakan rasanya yang cenderung sedikit manis dan asam sehingga dianggap sebagai salah satu buah yang cukup aman untuk kesehatan.

Baca Juga:  Ini 9 Manfaat Asuransi Syariah Yang harus Diketahu!

5. Mengatasi Asam Urat

Tak hanya daging sirsak yang berkhasiat bagi tubuh, melainkan daun sirsak juga baik untuk kesehatan. Ya, dengan meminum air rebusan daun sirsak, anda akan terbebas dari penyakit asam urat. Daun sirsak dikenal dapat mengatasi penyakit asam urat. Oleh karena itu, jika anda ingin mengurangi resiko penyakit asam urat, anda dapat menjadikan daun sirsak sebagai alternatif pengobatan alami.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal dan Hati

Mengutip dari beberapa sumber, buah sirsak cukup bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal dan hati. Seorang peneliti mengatakan ekstrak buah sirsak mengandung asetogenin yang mana dapat membunuh sel ganas, seperti salah satunya kanker hati. Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa Asetogenin ini dapat membuat fungsi kerja hati dan ginjal bekerja secara optimal.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa sangka jika buah yang memiliki rasa asam ini juga baik untuk kesehatan kulit loh. Pasalnya, dengan mengonsumsi buah sirsak, kulit anda akan terjaga dengan baik. Khususnya dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dan kerutan di wajah. Selain itu, kandungannya yang kaya akan antioksidan,  juga berfungsi dalam meremajakan kulit sekaligus melindungi kulit dari gangguan bakteri.  Gimana? Berkhasiat banget kan?

8. Menyehatkan Pencernaan

Sobat kover punya penyakit sembelit atau sulit BAB? Jika iya, sirsak juga dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi penyakit pencernaan. Buah sirsak mempunyai kandungan serat dan air yang cukup tinggi, sehingga mampu menyehatkan pencernaan dan menjadi solusi  penyakit pencernaan.

 

Inilah 8 khasiat buah sirsak yang harus anda ketahui. Meskipun berkhasiat untuk tubuh, namun tidak semua orang yang dapat mengonsumsi buah sirsak, khususnya bagi para ibu hamil. Untuk itu, ibu hamil harus tetap waspda dan hati-hati yah.