Ikuti 7 Tips Ini Agar Liburan Lebih Hemat

56

Sobat KoverMagz, tak terasa liburan akhir tahun sudah semakin dekat. Ada banyak orang yang masih berpikir kalau liburan itu perlu menghabiskan banyak uang. Hal ini membuat orang berpikir ulang untuk berlibur. Sehingga banyak yang membuang waktu liburannya begitu saja.

Apakah kamu memiliki rencana untuk berlibur namun dengan budget terbatas? Jika kamu yang memiliki bujet minim untuk liburanmu, jangan khawatir karena kamu masih bisa mendapatkan liburan hemat tapi menyenangkan juga. Tidak perlu khawatir, hal tersebut tidak berlaku jika Anda tahu tips liburan hemat sesuai budget

Liburan itu tidak perlu dibuat pusing, tapi harus dibuat menyenangkan. Liburan itu gak harus ke luar negeri, pergi ke tempat yang dekat pun gak jadi masalah. Yang penting waktu liburan mu diisi dengan kegiatan yang menyenangkan.  Kali ini KoverMagz akan memberikan 7 tips yang bisa kamu coba agar liburan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar namun akan tetap berkesan! Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tentukan budget untuk traveling

Agar dapat mengontrol pengeluaran Anda pada saat liburan, hal yang paling penting untuk kamu lakukan adalah tentukan berapa budget kamu selama traveling. Dengan begitu, anggaran untuk kebutuhan kamu yang lainnya tidak akan terganggu karena kamu sudah menentukan berapa maksimal uang yang akan kamu keluarkan untuk liburan tersebut.

2. Hindari Saat Musim Liburan

Hampir semua tempat wisata, ketika musim liburan atau high season tiba harganya lebih mahal dibandingkan pada saat low season. Agar Anda bisa liburan dengan hemat sesuai budget, sebaiknya pergi pada saat sebelum atau setelah musim liburan. Keuntungan lainnya, kamu bisa lebih leluasa menikmati wisatanya karena tidak banyak orang. Bayangkan saja kalau kamu berlibur saat musim liburan, pasti ramai sekali karena banyak orang memilih liburan di waktu ini.

3. Pesan tiket transportasi dan penginapan dari jauh hari

Perlu Anda ketahui bahwa memesan tiket tranportasi dan penginapan yang waktunya dekat dengan hari kamu berlibur kemungkinan besar akan ditawarkan lebih mahal daripada ketika kamu pesan dari jauh hari.

Selain itu, dengan mencari tiket dari jauh hari juga membuat Anda memiliki waktu lebih lama untuk memilih paket liburan dari berbagai travel agent dengan harga terbaik. manfaatkan lah waktu Anda untuk mencari promo dengan penawaran terbaik!

Baca Juga:  Keren! UMKM Gitar dari Indonesia Tembus Pasar Internasional

4. Berlibur dengan beberapa teman

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan berlibur bersama teman, sebab solo traveling memang terdengar sangat menyenangkan. Namun, dengan berlibur bersama teman-teman dapat membuat liburan menjadi lebih hemat karena kamu dapat membagi secara rata untuk pengeluaran seperti penginapan, jasa tur, transportasi, dan lain sebagainya. Selain itu, biasanya tempat wisata memiliki harga paket yang lebih murah ketika semakin banyak jumlah orang yang ikut berlibur.

5. Survei Destinasi Liburan

Tips pertama untuk mendapatkan liburan yang hemat tapi tetap menyenangkan adalah dengan melakukan survei destinasi liburanmu. Survei yang kamu lakukan sebisa mungkin terperinci mulai dari biaya yang harus kamu keluarkan, kegiatan apa yang akan kamu lakukan, dan di mana kamu akan menginap selama berlibur nantinya.

Kelebihan yang kamu bisa rasakan adalah kamu bisa memangkas biaya ataupun kegiatan yang kamu rasa tidak perlu sehingga liburan akan lebih worth it karena hanya mementingkan hal yang harus didahulukan dan tidak ada hal percuma yang menghabiskan waktu berhargamu di liburan kali ini.

6.Membawa Uang Tunai

Dengan teknologi yang semakin maju, semakin memudahkanmu dalam bertransaksi saat membeli atau menjual sesuatu. Nah, hal tersebut justru terkadang bisa menjadi bumerang bagi Anda yang menginginkan liburan yang tidak menghabiskan uangmu terlalu banyak.

Segala kemudahan yang kamu dapat dengan transaksi cashless malah rawan untuk lebih boros dibandingkan saat bertransaksi dengan uang tunai karena saat bertransaksi dengan uang tunai, kamu dengan sadar memberikannya pada pedagang berbeda halnya dengan transaksi cashless. Jadi sangat disarankan lho untuk membawa uang tunai saat Anda berlibur.

7. Beli oleh-oleh seperlunya

Setiap daerah atau destinasi wisata pasti memiliki barang khas daerah yang unik. Godaan terbesar (terutama untuk para Cosmo Babes) pastinya adalah shopping. Sehingga perlu untuk berikan batasan kepada diri kamu agar tidak membeli oleh-oleh secara berlebihan. Cukup beli barang yang memiliki manfaat sehingga dapat terus menerus kamu gunakan untuk jangka waktu yang lama.