Deretan Jenis Bahan Baju Yang Nyaman di Tubuh, Adakah Favoritmu?

139

Saat ingin membeli baju kesayangan, di samping memiliki warna dan model yang unik nan trendy, jenis bahan baju yang dipakai tentunya juga menjadi pertimbangan utama bukan? Pasalnya, bahan baju yang tidak sesuai akan membuat penampilan tidak sempurna atau malah membuat seseorang menjadi tidak nyaman ketika memakainya. 

Seperti membuat badan menjadi cepat gerah, terlihat gemuk, tidak dapat menyerap keringat dan sebagainya. Oleh karena itu, agar hal ini tak terjadi, sudah sepatutnya anda mengetahui jenis-jenis bahan baju yang nyaman di tubuh. 

Nah lantas apa saja jenis bahan baju tersebut? Pada kali ini, tim kovermagz akan mengulasnya untuk anda. Simak selengkapnya di sini!

Wol Merino

Kain wol merino ini terbuat dari rambut domba Merino asli yang memiliki serat paling lembut. Bahan ini terasa sangat nyaman di tengah udara panas atau pun dingin. Selain itu, permukaanya pun terasa lembut di kulit, lalu ringan, dan mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet seperti bamboo.

Bahan Cashmere

Bahan cashmere atau kasmir adalah jenis bahan baju yang banyak digunakan oleh desainer brand high-end lantaran memiliki kesan yang mewah dan berkelas. Permukaan kain kasmir juga sangat halus seperti sutera dan berkualitas tinggi sehingga sangat nyaman saat dikenakan. 

Sutera

Merupakan salah satu jenis kain berkualitas tinggi yang terbuat dari serat alami yang dihasilkan oleh ulat sutera. Jenis bahan ini terkenal karena kelembutannya dan sensasi kesejukannya saat digunakan. Ia juga dikenal karena kilauannya yang khas dan tekstur yang lembut.

Namun, harganya memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Sutera memiliki kemampuan mengatur suhu dan sangat nyaman di kulit, membuatnya ideal untuk busana formal, seperti gaun malam atau pakaian pernikahan. Bahan sutera juga tidak disukai oleh jamur, sehingga dapat membantu menghindari risiko alergi bagi penggunanya.

Katun silk atau cotton silk 

Merupakan bahan yang menggabungkan antara kelembutan katun dengan kilau dan tekstur yang mirip dengan sutera. Memberikan tampilan yang formal dan mewah bagi pemakainya. Bahan kain satu ini sebenarnya merupakan campuran serat katun dan serat sutera. Akan tetapi saat mencucinya perlu kehati-hatian. Sebab, kain katun silk lebih rentan rusak dan memerlukan perawatan khusus. 

Katun

Merupakan salah satu bahan yang paling nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Bahan ini terbuat dari serat alami yang memungkinkan udara bersirkulasi dengan baik, sekaligus mampu menyerap keringat.

Selain itu, baju yang terbuat dari katun ini biasanya memiliki sifat versatile, yang mana membuatnya cocok digunakan untuk segala aktivitas, baik kasual maupun formal. Sangat cocok bagi negara beriklim tropis dan merupakan pilihan yang sempurna untuk busana sehari-hari. 

Katun Jepang

Kain katun Jepang termasuk jenis kain yang adem dan memiliki kemampuan daya serap cukup baik, sehingga sangat cocok untuk mengenakan pakaian dari bahan ini saat musim kemarau. Selain itu, kain katun Jepang juga memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan katun biasa, yang mana warnanya tidak mudah luntur meski dicuci berulang kali.

Sifon 

Meskipun termasuk tipis dan transparan, namun sifat cukup ringan dan halus. Bahan ini terbuat dari serat sintetis seperti polyester,nylon, polyester atau serat alami seperti sutra atau katun. Bahan ini memiliki permukaan yang lembut dan memiliki kilau yang halus. Sifon sering digunakan dalam pembuatan pakaian, terutama gaun, blus, rok, dan selendang, serta dekorasi seperti hiasan meja atau kain drapery.

Rayon atau viscose

Rayon atau viscose adalah bahan baju yang terbuat dari serat alami seperti kayu atau bambu yang melalui proses pengolahan kimia. Bahan viscose memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik dan memberikan tampilan yang mirip dengan sutera. 

Viscose sangat lembut di kulit dan nyaman digunakan dalam berbagai jenis pakaian, baik yang santai maupun formal. Namun, teksturnya cenderung lebih licin, ringan dan tidak mudah kusut. Dibandingkan dengan katun, bahan ini juga lebih mudah diwarnai sehingga memiliki pilihan warna yang lebih beragam serta dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. 

Linen 

Terbuat dari serat alami yang ditenun longgar sehingga terasa adem saat digunakan. Bahan ini juga dinilai efektif dalam menyerap keringat serta memiliki perawatan yang cukup mudah. Bahkan, bahan ini akan semakin terasa lembut dan nyaman jika semakin sering dicuci loh. Namun pastikan kamu mencucinya dengan cara yang tepat ya. Linen umumnya digunakan untuk  membuat baju kemeja, dress santai atau blouse untuk kesan yang casual namun tetap modis. 

Bamboo 

Sesuai dengan namanya, ini adalah jenis bahan baju yang terbuat dari serat bambu. Selain lebih ramah lingkungan dan mudah terurai, jenis bamboo pun memiliki kelembutan yang maksimal, menjadikan kulit mudah untuk bernafas, hypoallergenic, dan bisa mengatur suhu serta memiliki sifat antibakteri alami dan menjadikan pakaian tetap segar dan bebas bau.

Satu lagi kelebihan dari kain bamboo adalah daya serap keringatnya lebih bagus dibandingkan kain katun dan mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Bahan bamboo juga sangat direkomendasikan kepada orang-orang dengan jenis kulit sensitif.

Jersey 

Bahan rajutan yang sering digunakan untuk pakaian yang nyaman dan elastis. Bahan ini biasanya terbuat dari katun atau campuran serat sintetis. Jersey memiliki kelembutan yang menawan dan memberikan kenyamanan ekstra, serta memiliki kemampuan untuk meregang sesuai dengan gerakan tubuh. Bahan kain ini cenderung tipis dan sedikit transparan. Juga memiliki tekstur licin dan terlihat mengkilap. 

Microfiber

Microfiber adalah jenis bahan baju dengan keunggulan sangat ringan dan halus. Begitu halus dan lembut, tingkat kenyamanan microfiber tak kalah dengan sutera. Bahan utama dari kain microfiber adalah polyester dengan komposisi 80% dan polyamide 20%. Dengan perpaduan dua bahan tersebut, microfiber tidak mampu ditembus air, namun masih tetap breathable sehingga keringat tetap menguap cepat.

Baca Juga:  Daftar Bahan Alami Terbaik untuk Toner Wajah, Apa Sajakah Itu?

Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353