Cara Daftar Mudik Gratis 2023 dari Kementerian Perhubungan

231

Sobat KoverMagz, tidak terasa bahwa bulan ini akan memasuki bulan puasa. Tinggal hitungan hari tentunya umat muslim pastinya akan berpuasa. Tak hanya itu memasuki bulan ramadhan juga  identik dengan mudik. Anda berencana untuk pulang kampung? jika ya, maka ada kabar baik untukmu.

Kabar pendaftaran program mudik gratis 2023 dengan moda transportasi darat, bus kembali dibuka untuk tahun ini. Untuk Anda yang berminat dapat mendaftarkan diri mulai Senin (13/03/2023).

Menjelang bulan suci Ramadan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan sebanyak 585 unit bus pada program Mudik Gratis 2023. Hal ini sebagai upaya untuk menekankan angka pengguna kendaraan pribadi khususnya motor oleh para pemudik.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugianto, sepeda motor dapat meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas.Kemenhub juga memprediksi 5 pilihan moda terbanyak yang akan digunakan masyarakat pada masa mudik Lebaran tahun ini.

Rinciannya, mobil pribadi 22,07 persen (27,32 juta orang), sepeda motor 20,3 persen (25,13 juta orang), bus 18,39 persen (22,77 juta orang). Lalu, kereta api antarkota 11,69 persen (14,47 juta orang) dan mobil sewa 7,7 persen (9,53 juta orang).

Mudik Gratis 2023 

Mudik gratis pun akan mulai beroperasi dalam dua hari, yakni 18 April 2023 dan 10 April 2023 pukul 10.00. Pada hari pertama, bus berangkat dari Terminal Jatijajar (Kota Depok), Terminal Pondok Cabe (Kota Tangerang Selatan), dan Terminal Pulo Gebang (Jakarta). Sementara pada 19 April 2023, berangkat dari Terminal Kampung Rambutan (Jakarta) dan Terminal Poris Plawad (Tangerang).

Lebih lanjut, berikut syarat pendaftaran program mudik gratis tersebut!

  1. Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP/SIM/KK).
  2. Peserta hanya bisa memilih 1 kota tujuan mudik.
  3. Bila peserta akan mengikuti mudik-balik/PP, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan pada saat mendaftar arus mudik (dengan catatan, kota tujuan mudik yang dipilih ada pilihan kota arus balik dan peserta hanya bisa ikut arus balik sesuai dengan kota tujuan arus mudik).
  4. Peserta hanya berlaku waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan.
  5. Apabila lewat H+7 peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/hangus (kuota akan otomatis bertambah), dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK diblok oleh sistem) agar memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar/belum mendapatkan kuota mudik/balik.
  6. Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa kelengkapan surat kendaraan. Dan menyerahkan motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 sebelum tanggal seremonial bus.
  7. Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik.
  8. Peserta wajib datang minimal 1 jam sebelum jam keberangkatan.
Baca Juga:  DAY6 Umumkan Tanggal Comeback dan Perilisan Mini Album Fourever

Cara Daftar Mudik Gratis  Melalui Aplikasi 

Sementara itu, untuk Anda yang sudah memahami syarat tersebut, maka dapat melakukan pendaftaran diri program mudik gratis dengan cara berikut!

  1. Download aplikasi “MitraDarat” di PlayStore atau AppStore
  2. Lakukan pendaftaran atau masuk akun dengan klik tombol “Login”
  3. Klik Icon “Mudik Gratis” di aplikasi MitraDarat
  4. Pilih titik keberangkatan dan tujuan mudik
  5. Pilih armada mudik sesuai yang Anda inginkan
  6. Isi identitas data penumpang dengan benar
  7. Klik tombol “Selesaikan Pemesanan”.
  8. Cek bukti tiket mudik gratis dapat Anda buka pada ikon “Mudik Gratis” dan “Tiketku”. Untuk melihat kode QR bukti pemesanan, dapat mengeklik “Lihat Kode QR”.

Daftar kota untuk mudik gratis 2023

Berikut daftar lengkap kota untuk mudik gratis tahun ini:

Jawa Barat: Garut, Tasikmalaya, Cirebon (arus mudik dan arus balik)

Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) : Tegal, Pekalongan, Semarang (arus mudik, pengangkutan sepeda motor, dan arus balik), Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo (arus mudik, pengangkutan sepeda motor, dan arus balik), Klaten, Wonogiri (arus mudik, pengangkutan sepeda motor, dan arus balik). Selanjutnya dari Purwokerto (arus mudik, pengangkutan sepeda motor, dan arus balik), Cilacap, Wonosobo, Kebumen,  Magelang, Wonosari, Yogyakarta (arus mudik, pengangkutan sepeda motor, dan arus balik)

Jawa Timur : Tuban, Madiun (arus mudik dan arus balik), Surabaya (arus mudik dan arus balik), Malang, Tulungagung

Sumatra : Lampung , Palembang


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353