BUAH PALA, SI KECIL DENGAN BANYAK MANFAAT

88

Medan, KoverMagz – Anda tentu sudah tahu ini buah apa kan? Ya, buah ini sangat banyak kita temui di dapur sebagai bahan – bahan rempah masakan. Khususnya makanan tradisional. Wanginya yang khas membagkitkan nafsu makan. Berbagai macam hasil olahan dari buah pala juga mudah ditemukan.

Jika di Indonesia buah pala mungkin hanya digunakan untuk tambahan masakan saja, berbeda di luar negeri yang sudah mengolahnya menjadi berbagai olahan seperti minuman kesehatan, produk kesehatan, obat tradisional dan lain sebagainya.

Hal ini disebabkan oleh kandungan buah pala yang begitu banyak. Di antaranya, protein, lemak, karbohidrat, minyak atsiri, sodium, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, asam oleanolat, dan masih banyak lagi kandungan yang baik di dalam manfaat pala.

Oleh karena kandungan tersebut buah pala juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, yaitu :

1. Melancarkan pencernaan

Minyak biji pala memiliki efek karminatif yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Cocok dikonsumsi saat diare, sembelit, dan kembung.

2. Mengatasi insomnia

Biji pala memiliki efek menenangkan dan membuat kantuk jika dikonsumsi dalam dosisi kecil. Tambahkan sejumput bubuk biji pala ke segelas susu hangat dan minum sebelum tidur.

3. Menghilangkan Masuk Angin

Kandungan minyak atsiri di dalam buah pala bisa menghilangkan masuk angin dan menghangatkan badan. Caranya buah pala direbus dengan air kemudian air rebusan itu diminum. Cara ini hampir sama dengan minum rebusan jahe.

Baca Juga:  PESAWAT CN-235 BUATAN RI YANG LAKU BERAT DIBELI NEGARA-NEGARA LAIN

4. Mengatasi Asam Lambung

Asam lambung adalah kondisi dimana asam pada lambung terlau banyak diproduksi dan membuat berbagai penyakit. Asam lambung biasanya ditandai dengan rasa perih dan juga mual yang ada di dalam perut. Kandungan zat saponin pada buah pala diyakini bisa meredakan dan menurunkan asam lambung di dalam tubuh.

5. Menyehatkan Otak

Biji pala efektif mengobati depresi dan kecemasan karena minyak esensial yang dikandungnya cenderung meredakan kelelahan serta stres.

6. Mengatur sirkulasi dan tekanan darah

Kandungan mineral biji pala seperti kalsium, zat besi, kalium, dan mangan dapat membantu mengatur sirkulasi dan tekanan darah yang penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh.

7. Detoks

Detoks merupakan proses pengeluaran racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Banyak tanaman yang bisa digunakan untuk mendetoks tubuh salah satunya adalah buah pala. Kandungan senyawa kimia pada buah pala dipercaya dapat mendetoks racun dan juga toksin yang ada di dalam tubuh, terutama racun yang terdapat pada ginjal dan hati.

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber : Berbagai Sumber