8 Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia, Berani Berkunjung?

267

Berbicara mengenai jembatan kaca, tahukah sobat kover bahwa ternyata ada jembatan kaca yang memiliki ukuran cukup panjang loh. Sangking panjangnya, jembatan itupun dinobatkan sebagai jembatan kaca terpanjang yang ada di dunia. 

Sesuai dengan namanya, jembatan ini tentunya terbuat dari kaca. Jembatan ini juga menjadi destinasi wisata yang menakjubkan. Banyak wisatawan yang penasaran akan jembatan kaca tersebut hingga akhirnya menyempatkan waktu mengunjunginya. 

Nah, lantas apa sajakah jembatan kaca terpanjang di dunia tersebut? Dalam artikel kali ini, tim kovermagz akan mengulasnya untuk anda. Simak selengkapnya disini! 

Bach Long Bridge – Vietnam

Jembatan kaca Bach Long di Vietnam resmi menjadi jembatan kaca terpanjang di dunia ketika dibuka pertama kali pada 2022 lalu. Jembatan yang berlokasi di Moc Chau ini memiliki panjang 632 meter dengan lebar 2,4 meter, dan dapat menopang hingga 450 pengunjung secara bersamaan.

Jembatan ini terbuat dari tiga lapis kaca berkekuatan tinggi yang tebalnya 40 milimeter. Kacanya juga diberi lapisan khusus, agar lebih tahan terhadap goresan dan kerusakan.

Lianjiang – China

Yang kedua ada jembatan kaca lianjiang. Jembatan itu terbentang tepat di atas Sungai Lianjiang di Qingyuan, Provinsi Guangdong, mengalahkan jembatan Zhangjiajie sebagai jembatan kaca terpanjang di dunia.

Melansir Dezeen, jembatan kaca yang membentang sepanjang 526 meter itu menghubungkan dua sisi Huangchuan Three Gorges. Jembatan kaca setinggi 201 meter di atas sungai ini bahkan telah diakui secara resmi oleh Guinness World Records.

Jembatan ini juga diklaim mampu menampung 500 wisatawan sekaligus di empat dek observasi. Sehingga setiap wisatawan dapat melakukan bungee jump, zip line, atau menggunakan jembatan sebagai landasan peragaan busana.

Zhangjiajie Glass Bridge – China

Selain Lianjiang, terdapat pula satu jembatan kaca lainnya yang ada di China, yakni di Zhangjiajie. Jembatan itu diketahui memiliki panjang sekitar 430 meter yang mana terhubung dengan dua gunung di Taman Zhangjiajie, Provinsi Yunan, China.

Jembatan Zhangjiajie menawarkan sensasi menegangkan dan juga memacu adrenalin, tetapi sekaligus menyenangkan. Bagaimana tidak? Dengan memiliki panjang tersebut, wisatawan dapat melihat pemandangan indah di bawah jembatan. 

Hongyadong Glass Bridge – China

Jembatan kaca Hongyadong menjadi jembatan kaca terpanjang yang ada di dunia, dengan panjang 418 meter dan lebar 6,6 meter. Jembatan ini terbuat dari tiga lapisan kaca berkekuatan tinggi, masing-masing setebal 12 milimeter yang dapat menopang hingga 1000 pengunjung secara bersamaan. Berlokasi di Chongqing, jembatan ini dibangun oleh arsitek Zhang Qi, dan dibangun hanya dalam waktu 18 bulan.

Glacier Skywalk – Kanada

Dibuka pada 2014 lalu, Glacier Skywalk termasuk jembatan kaca yang tak kalah  panjangnya dari jembatan lainnya. Jembatan ini berada di Taman Nasional Jasper (Jasper National Park), Pegunungan Rocky, Kanada.

Jembatan ini menawarkan sensasi yang berbeda dalam menikmati keindahan alam Pegunungan Rocky. Glacier Skywalk adalah sebuah jembatan yang terbuat dari kaca di ketinggian 280 meter. Jembatan kaca berbentuk ‘U’ ini pun menjorok keluar 35 meter dari tebing, panjangnya sendiri sekitar 400 meter.

Langkawi Sky Bridge – Malaysia

Langkawi Sky Bridge berlokasi di Pulau Langkawi, dengan panjang 400 meter dan lebar 1,8 meter. Jembatan ini terbuat dari kaca berkekuatan tinggi dan dapat menampung hingga 200 orang sekaligus.

Jembatan ini dirancang oleh Peter Wyss, dengan jalur melengkung untuk memaksimalkan pandangan pengunjung melihat keindahan Pulau Langkawi.

Caoping Glass Bridge – China

Ada lagi satu jembatan kaca di China yang memiliki panjang luar biasa, yakni jembatan caoping glass Bridge. Jembatan ini terletak di Kawasan Pemandangan Gunung Yandang dengan memiliki panjang 390 meter dan lebar 1,6 meter. 

Jembatan yang terbuat dari kaca berkekuatan tinggi ini dirancang oleh arsitek Tiongkok Zhang Qi, dan dibangun hanya dalam waktu 16 bulan. Dibuka untuk umum pada 18 Juli 2020, jembatan tersebut diklaim dapat menampung hingga 400 orang. 

Tower Bridge – London

Tower Bridge merupakan salah satu jembatan sekaligus destinasi wisata ikonik yang ada di London. Pasalnya, tidak hanya menghadirkan jembatan saja, melainkan Tower Bridge juga mempunyai jembatan kaca transparan di dalamnya loh. 

Dengan begitu, anda bisa menyaksikan Sungai Thames yang indah di bawahnya. Anda juga dapat menyaksikan hiruk pikuk kota London dari atas ketinggian. Adapun panjang dari jembatan itu ialah sekitar 244 meter.

Baca Juga:  Drama Korea yang Diperankan Roh Jeong Eui